Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Filsafat Administrasi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Filsafat Administrasi 

1. Jelaskan konsep pembelajaran organisasi dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Pembelajaran organisasi dalam administrasi melibatkan adopsi sikap pembelajaran yang berkelanjutan, peningkatan kapabilitas individu dan kelompok, dan pemanfaatan pengetahuan yang diperoleh untuk meningkatkan kinerja dan inovasi organisasi.


2. Bagaimana hubungan antara filsafat dan administrasi?

Jawaban: 
Filsafat berperan dalam memberikan landasan nilai dan prinsip-prinsip yang mengarahkan praktik administrasi, sehingga hubungan antara keduanya erat terkait.


3. Apa perbedaan antara administrasi publik dan administrasi swasta dari segi filsafat?

Jawaban: 
Administrasi publik lebih berfokus pada pelayanan masyarakat dan kepentingan umum, sementara administrasi swasta lebih berorientasi pada profit dan kepentingan pemilik perusahaan.


4. Apa dampak dari perubahan teknologi terhadap filsafat administrasi?

Jawaban: 
Perubahan teknologi mempengaruhi cara administrasi dilakukan, seperti otomatisasi, digitalisasi, dan penggunaan data. Administrasi harus mengadaptasi nilai-nilai dan prinsip-prinsip baru dalam lingkungan yang semakin digital.


5. Bagaimana filsafat administrasi dapat meningkatkan pelayanan publik?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang berfokus pada integritas, akuntabilitas, dan keadilan dapat meningkatkan profesionalisme dan efektivitas pelayanan publik.


6. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi budaya organisasi?

Jawaban: 
Filsafat administrasi mempengaruhi budaya organisasi melalui nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang diterapkan dalam praktik administrasi sehari-hari. Nilai-nilai tersebut membentuk norma dan perilaku yang diadopsi oleh anggota organisasi.


7. Jelaskan konsep partisipasi dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Partisipasi dalam administrasi melibatkan melibatkan berbagai pihak yang terkait dalam proses pengambilan keputusan, perencanaan, dan pelaksanaan. Hal ini mencerminkan prinsip inklusivitas dan pengakuan akan kontribusi yang beragam.


8. Apa yang dimaksud dengan keberlanjutan dalam administrasi?

Jawaban: 
Keberlanjutan dalam administrasi mengacu pada upaya untuk menjaga keseimbangan antara pertumbuhan dan perlindungan sumber daya alam, sosial, dan ekonomi dalam jangka panjang.


9. Bagaimana filsafat administrasi dapat berkontribusi dalam menciptakan budaya kerja yang inklusif?

Jawaban: 
Filsafat administrasi dapat berkontribusi dalam menciptakan budaya kerja yang inklusif dengan mendorong nilai-nilai seperti keadilan, kesetaraan, dan keberagaman. Hal ini melibatkan pengakuan terhadap perbedaan individu, penghormatan terhadap perspektif yang beragam, dan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan mendukung bagi semua anggota organisasi.


10. Jelaskan konsep kebebasan dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Kebebasan dalam administrasi melibatkan pengakuan akan hak individu untuk mengemukakan pendapat, berpartisipasi, dan mengambil keputusan yang sesuai dengan tanggung jawab mereka. Filsafat administrasi mendorong kebebasan dalam kerangka kerja yang ditentukan oleh aturan dan prinsip administrasi yang relevan.


11. Apa yang dimaksud dengan dampak sosial dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Dampak sosial dalam administrasi mengacu pada konsekuensi sosial dari keputusan dan tindakan administrasi. Filsafat administrasi mempertimbangkan efek yang dihasilkan oleh kegiatan administrasi terhadap masyarakat secara umum, termasuk implikasi terhadap kesejahteraan sosial, keadilan, dan keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan kolektif.


12. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pengelolaan risiko dalam organisasi?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang mencakup kehati-hatian, evaluasi risiko, dan keberlanjutan dapat mempengaruhi pengelolaan risiko dalam organisasi dengan memastikan identifikasi, analisis, dan pengurangan risiko yang efektif dalam pengambilan keputusan dan perencanaan.


13. Jelaskan konsep keberdayaan dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Keberdayaan dalam administrasi melibatkan memberikan otoritas, keterlibatan, dan sumber daya kepada individu atau kelompok untuk mengambil inisiatif, bertindak, dan mempengaruhi proses administrasi. Filsafat administrasi mendorong pemberdayaan sebagai cara untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi anggota organisasi.


14. Apa yang dimaksud dengan etika administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Etika administrasi mengacu pada prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang mengarahkan perilaku dan keputusan dalam administrasi. Filsafat administrasi mempertimbangkan masalah etika dalam konteks administrasi, termasuk integritas, keadilan, tanggung jawab, dan akuntabilitas.


15. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan organisasi?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang mendorong pembelajaran, inovasi, dan adaptasi dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan organisasi dengan menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi, pengembangan kemampuan, dan penyesuaian dengan perubahan lingkungan.