Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Materi Teknik Pengolahan Audio dan Video + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Teknik Pengolahan Audio dan Video

1. Apa fungsi uliran pada kamera DSLR?

Jawaban: 
Selain itu, bodi kamera DSLR ini juga mengusung grip atau lekukan khusus yang jadi tempat buat tanganmu saat menggenggam kamera ini. Pada bagian bawah bodi kamera terdapat ulir dudukan. Fungsi dari ulir dudukan itu tak lain adalah sebagai alas saat kamu memasangkan kamera tersebut pada tripod


2. Komponen apakah yang berfungsi mengeluarkan sinyal audio maupun video?

Jawaban: 
Speaker merupakan komponen output atau mengeluarkan suara berdasarkan sinyal yang ditangkap


3. Apa fungsi dari mixer audio?

Jawaban: 
Mixer audio terbaik juga memiliki fungsi sebagai pencampur suara,atau juga disebut soundboard/mixing desk (papan suara) adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi memadukan (lebih populer dengan “mixing”).


4. Apa fungsi dari timeline Window?

Jawaban:
Timeline merupakan fitur aplikasi pengolah video yang membantu pengguna untuk menampung setiap layer dari video yang sedang dikerjakan dengan muatan obyek tertentu yang digunakan. 


5. Apa kegunaan dan fungsi adobe after effect?

Jawaban:
Dikutip dari Design Shack, After Effects adalah sebuah software animasi yang digunakan untuk membuat dan menambahkan efek visual, animasi, hingga motion ke dalam sebuah video.


6. Apa itu melakukan trim video?

Jawaban:
Trim adalah fasilitas edit video yang digunakan untuk membuang video bagian depan dan belakang sedangkan video bagian tengah disimpan. Cut. Cut adalah fasilitas edit video yang digunakan untuk membuang video bagian tengah, sedangkan video bagian depan dan belakang disimpan.


7. Apakah yang dimaksud dengan efek transisi pada editing video?

Jawaban:
TRANSITION Transisi merupakan suatu efek yang terjadi ketika dua buah video bertemu secara tumpang tindih. Artinya, transisi hanya dapat diciptakan pada daerah tertentu dimana kedua video tersebut saling menimpa. Jika hanya terdapat satu gambar, transisi tidak dapat digunakan.


8. Apa perbedaan antara jenis transisi fade in dan fade out?

Jawaban:
Fade in artinya efek animasi yang semakin lama semakin muncul pada stage atau layar. Sementara fade out adalah efek animasi yang membuat tayangan semakin lama semakin mengecil bahkan hilang.


9. Apa yang dimaksud cross dissolve?

Jawaban:
Cross dissolve adalah langkah akhir setelah proses warping yang berfungsi untuk memadukan warna gambar asal dengan warna gambar yang dituju. Suatu animasi yang dibuat dengan menggunakan teknik fitur morphing menerima masukan dua buah gambar.


10. Bagaimana memisahkan video dengan audio menggunakan Filmora?

Jawaban:
Setelah mengimpor video untuk Wondershare Filmora (awalnya Wondershare Video Editor), tarik video dari perpustakaan media ke video Timeline. Anda kemudian dapat klip video klik kanan dan pilih "Audio Detach" untuk mengekstrak audio dari video.


11. Langkah yang digunakan untuk memisahkan audio dengan video pada Adobe Premiere yaitu?

Jawaban:
Cara Memisahkan Video dan Audio di Adobe Premiere Pro
1. Buka aplikasi Adobe Premiere.
2. Masukkan video dan audio yang masih tergabung ke dalam timeline.
3. klik pada komponen audio.
4. Tekan ALT pada keyboard + klik kiri lalu tarik ke bagian bawah (untuk membuat duplikat)