Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal Materi Animasi 3D + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Animasi 3D

1. Aplikasi animasi 3D apa yang cocok untuk membuat karakter manusia?

Jawaban:
Salah satu software animasi 3D yang paling sering digunakan oleh para animator profesional adalah Blender. Software yang satu ini memiliki cukup banyak fitur keren yang pastinya sangat memudahkan untuk membuat animasi.


2. Apa itu animasi stop motion?

Jawaban:
Animasi stop motion adalah animasi yang menangkap satu frame pada satu waktu, dengan objek fisik yang berpindah antar frame.


3. Apa itu animasi siluet?

Jawaban:
Animasi silhouette/siluet merupakan animasi yang dibuat dengan memfokuskan pada benda-benda atau karakter yang menggunakan warna hitam, tanpa mengurangi sisi detil dan estetika dari sebuah film.


4. Bagaimana cara kerja animasi tweening?

Jawaban:
Cara kerja tweening adalah dengan cara menentukan dua poin keadaan pada objek awal dan akhir, sedangkan macromedia flash membuat rangkaian gerakan diantaranya. Animasi yang dihasilkan menggunakan metode ini adalah gerakan yang halus, perubahan letak, ukuran, rotasi, bentuk maupun warna.


5. Fitur apa saja yang dimiliki blender 3D?

Jawaban:
Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi fluida dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan perenderan.


6. Apa saja kekurangan animasi stop motion?

Jawaban:
1. Proses pengerjaan lama.
2. Konsep harus matang.
3. perlu ketelitian yang tinggi.
4. gerak objek terbatas.


7. Langkah ke 3 dalam membuat animasi menggunakan Android adalah?

Jawaban:
Langkah 3 - Pilih Latar Belakang Animasi
Lalu kamu bisa memilih latar belakang alias background dari animasi yang hendak kamu buat. Ketuk bagian Choose Background dan pilih sesuai dengan preferensi kamu


8. Apa itu Arcs Dalam animasi?

Jawaban:
Arc adalah prinsip dasar animasi yang dipakai saat kamu menggerakkan objek secara horizontal sekaligus vertikal. Dalam gerakan tersebut, melansir Pushed, objek di dunia nyata membentuk busur. Secara umum, ikutilah gerakan busur tersebut.


9. Apa yang dimaksud dengan key frame?

Jawaban:
Keyframe adalah bingkai utama yang biasa digunakan untuk proses pembuatan animasi. Keyframe ini akan dibuat secara manual dan mengandung semua informasi dari awal hingga akhir sebuah adegan. Keyframe terbagi menjadi dua, yaitu: Keyframe menggambarkan adegan atau aksi.


10. Apa saja konsep objek 3D?

Jawaban:
Konsep tiga dimensi atau 3D menunjukkan sebuah objek atau ruang memiliki tiga dimensi geometris yang terdiri dari: kedalaman, lebar dan tinggi. Contoh tiga dimensi suatu objek / benda adalah bola, piramida atau benda spasial seperti kotak sepatu.