Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Materi Fotosintesis + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Fotosintesis

1. Apa yang dimaksud dengan fotofosforilasi dalam fotosintesis?

Jawaban: 
Fotofosforilasi adalah proses di mana energi cahaya digunakan untuk menghasilkan ATP dalam fotosintesis.


2. Mengapa fotosintesis sering disebut sebagai proses anabolik?

Jawaban: 
Fotosintesis sering disebut sebagai proses anabolik karena melibatkan pembentukan senyawa organik kompleks, seperti glukosa, dari molekul sederhana, seperti air dan karbon dioksida.


3. Apa perbedaan antara fotosintesis pada tumbuhan dan fotosintesis pada bakteri fotosintetik?

Jawaban: 
Meskipun kedua proses tersebut melibatkan penggunaan energi cahaya untuk mengubah karbon dioksida menjadi glukosa, tumbuhan menggunakan kloroplas sebagai lokasi fotosintesis, sementara bakteri fotosintetik menggunakan membran sel mereka.


4. Bagaimana pencahayaan dan suhu mempengaruhi laju fotosintesis?

Jawaban: 
Pencahayaan dan suhu yang optimal akan meningkatkan laju fotosintesis karena memungkinkan tumbuhan untuk menangkap lebih banyak energi cahaya dan mengoptimalkan aktivitas enzim.


5. Apa yang dimaksud dengan konsep "uang pembangunan" dalam fotosintesis?

Jawaban: 
Konsep "uang pembangunan" dalam fotosintesis mengacu pada fakta bahwa glukosa yang dihasilkan merupakan sumber energi untuk pembentukan lebih banyak molekul organik dalam tumbuhan.


6. Bagaimana fotosintesis terkait dengan proses pembentukan bahan bakar fosil?

Jawaban: 
Bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan purba yang menjalani proses fotosintesis jutaan tahun yang lalu.


7. Mengapa fotosintesis disebut sebagai proses endergonik?

Jawaban: 
Fotosintesis disebut sebagai proses endergonik karena memerlukan energi input dalam bentuk cahaya matahari untuk menghasilkan produknya, yaitu glukosa.


8. Apa yang dimaksud dengan interkoneksi antara fotosintesis dan respirasi?

Jawaban: 
Interkoneksi antara fotosintesis dan respirasi adalah bahwa produk-produk dari fotosintesis, seperti glukosa, digunakan dalam proses respirasi sel untuk menghasilkan energi.


9. Mengapa fotosintesis disebut sebagai proses oksidasi-reduksi?

Jawaban: 
Fotosintesis melibatkan reaksi oksidasi-reduksi di mana air dioksidasi menjadi oksigen dan karbon dioksida direduksi menjadi glukosa.


10. Apa peran enzim dalam fotosintesis?

Jawaban: 
Enzim berperan sebagai biokatalisator dalam fotosintesis, mempercepat reaksi-reaksi kimia yang terjadi tanpa mengalami perubahan struktur sendiri.


11. Bagaimana fotosintesis berperan dalam siklus air di alam?

Jawaban: 
Fotosintesis melepaskan oksigen ke atmosfer dan menggunakan air sebagai sumber hidrogen, sehingga berperan dalam siklus air di alam.


12. Apa dampak dari polusi udara terhadap fotosintesis?

Jawaban: 
Polusi udara dapat mengurangi ketersediaan karbon dioksida yang diperlukan untuk fotosintesis, sehingga mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.