Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Soal Materi Analisis Pembangunan Ekonomi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Analisis Pembangunan Ekonomi

1. Apa saja permasalahan pembangunan ekonomi di negara berkembang!

Jawaban:
Masalah pembangunan ekonomi yang terjadi di negara berkembang berikut beberapa diantaranya
a. Ketergantungan dengan sektor pertanian primer
Pada umumnya negara berkembang hanya bergantung pada sektor pertanian dan perkembangan saja atau bahkan hanya bergantung pada pertanian saja, sehingga pembangunan ekonomi tidak dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
b. Rendahnya Produktivitas
Hal ini biasanya dapat diidentifikasi dengan rendah nya tingkat Produk Domestik Bruto (PDB)nya atau pendapatan per kapita yang masih relatif kecil, dimana hal ini disebabkan oleh masih rendahnya pendapatan pekerja serta sedikitnya lapangan pekerjaan terutama bagi yang memiliki tingkat pendidikan rendah sehingga tidak mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai kebutuhan.
c. Tingginya Angka Pengangguran
Salah satu penyebab tingginya angka pengangguran pada negara berkembang adalah laju pertumbuhan angkatan kerja yang tidak seimbang dengan daya tampung perekonomian nasional atau melebihi daya tampung. Hal ini berhubungan dengan rendahnya tingkat penanaman modal pada sektor industri dan jasa modern.
d. Tingginya Angka Pertumbuhan Penduduk
Selain akibat dari tingginya angka pertumbuhan penduduk di negara berkembang yang jauh lebih banyak dari pada negara maju, faktor distribusi penduduk yang tidak merata yaitu jumlah penduduk yang hanya berfokus pada wilayah tertentu juga menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya pendapatan yang tidak merata.
e. Rendahnya Angka Tingkat Kehidupan
Hal ini bisa dilihat dari tingginya angka kekurangan gizi, rendahnya angka melek huruf, dan juga kasus kelaparan yang terjadi pada suatu negara, yang menandakan bahwa angka tingkat kehidupan pada suatu daerah atau negara masih tergolong rendah.


2. Apa itu indikator ekonomi?

Jawaban:
Yang termasuk dalam indikator ini berupa pertumbuhan laju ekonomi dimana terjadinya kenaikan output perkapita dan peningkatan produk nasional bruto per kapita dalam jangka waktu yang lama.


3. Apa itu indikator sosial?

Jawaban:
Sementara untuk indikator sosial yang termasuk indikator sosial berupa pembangunan sumber daya manusia atau SDM-nya dari segi harapan hidup, pendidikan dan standar hidup layak, dan juga berupa indeks mutu dari segi angka kematian dan harapan hidup pada usia satu tahun.