Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Materi Zikir + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Zikir

1. Mengapa berdzikir dilarang di kamar mandi?

Jawaban:
Yang dimakruhkan di kamar mandi dan tempat kotor semisalnya adalah berdzikir dengan lisan. Hal ini dilarang dalam rangka mengagungkan Allah Ta'ala. Yang dikecualikan ketika di kamar mandi adalah membaca basmalah saat wudhu. Membaca basmalah di tempat tersebut dibolehkan ketika sulit berwudhu di luar kamar mandi


2. Kenapa dzikir dihitung?

Jawaban:
Adapun tujuan orang menghitung jumlah dzikir adalah supaya dirinya terikat dan termotivasi. UAS mengungkapkan bahwa orang yang sudah terbiasa berdzikir itu tidak akan menghitung jumlahnya.


3. Kenapa menangis saat berdzikir?

Jawaban:
Menangis yang akan memberikan manfaat kelak di akhirat adalah sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya di atas, yakni menangis ketika berdzikir mengingat Allah yang disebabkan karena munculnya rasa takut kepada Allah. Menangis merupakan kebiasaan para Nabi dan Rasul serta para ulama.


4. Apa kasiat dzikir La Ilaha Illallah 1.000 kali?

Jawaban:
Menurut Imam al-Qusyairi, zikir kalimat tauhid pada setiap pagi sebanyak 1.000 kali dalam kondisi bersuci akan mempermudah membuka pintu rezeki. Jika diucapkan dengan jumlah yang sama menjelang tidur, ruh orang tersebut akan bermalam di Arsy dan mengambil asupan sekuatnya dari alam tersebut.


5. Apakah boleh dzikir pakai jari tangan?

Jawaban:
Salah satu dzikir yang bisa dilakukan dengan jemari tangan (tanpa bantuan alat hitung tasbih) adalah dzikir-dzikir pendek. Misalnya dzikir setelah shalat fardhu. Berdasarkan hadis ini, sebagian ulama menganjurkan untuk menghitung dzikir dengan jari-jari tangan kanan saja.


6. Apa bacaan dzikir malam hari?

Jawaban:
Berikut bacaaan dzikir malam setelah salat malam dan artinya: Tasbih: Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah. Tahmid: Alhamdulillah (الحمد لله), artinya Segala Puji Bagi Allah. Takbir: Allahu Akbar (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar.


7. Bacaan tahmid itu apa?

Jawaban:
Makna dari tahmid (alhamdulillah) sendiri adalah, \”segala puji bagi Allah\”.


8. Berapa kali istighfar yang bagus?

Jawaban:
Istighfar astaghfirullah wa atuubu ilaih merupakan salah satu bacaan istighfar yang paling sering Rasulullah baca, yaitu minimal 70 kali dalam sehari semalam.


9. Dzikir setelah sholat tahajud apa?

Jawaban:
Tasbih: Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah. Tahmid: Alhamdulillah (الحمد لله), artinya Segala Puji Bagi Allah. Takbir: Allahu Akbar (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar. Istighfar pendek: Astaghfirullah, artinya Aku mohon ampun kepada Allah.


10. Dimanakah tempat yang tidak diperbolehkan untuk berdzikir?

Jawaban:
Sebab itu umat muslim dilarang untuk berdzikir kepada Allah SWT di tempat seperti itu. "Hamparan bumi itu semuanya masjid, kecuali kuburan dan kamar mandi," (HR Tirmidzi dan Abu Dawud).


11. Apa dzikir Sebelum tidur?

Jawaban:
Astagh-firullahal-ladzii laa 'ilaaha 'illa huwal-hayyul-qayyuumu wa'atuubu ilahi. Artinya: “ Aku memohon ampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan, kecuali Dia yang hidup dan berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya