Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Materi Taubat + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Tobat

1. Apa hukumnya melakukan taubat?

Jawaban:
Seluruh umat telah sepakat bahwa bertobat itu hukumnya wajib, serta menyadari bahwa dosa dan maksiat itu hanya membawa kepada kehancuran dan menyebabkan pelakunya jauh dari Allah. Hal ini tentu saja termasuk perkara yang wajib diimani, namun kita sering lalai.


2. Apakah anak durhaka bisa bertaubat?

Jawaban:
Sampaipun dosa durhaka kepada kedua orang tuanya, dia punya kesempatan untuk segera bertaubat dan memohon ampun kepada Allah. Dialah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. As-Syura: 25)


3. Apakah setelah matahari muncul dari arah barat kita bisa bertaubat?

Jawaban:
Allah SWT Maha Menerima Taubat, namun jika taubat dilakukan setelah muncul tanda kiamat maka tak akan lagi diterima taubatnya siapapun. Hal ini dijelaskan dalam beberapa hadits Rasulullah SAW.


4. Apa wujud nyata sikap tobat?

Jawaban:
Melakukan amal shaleh dan meninggalkan larangan adalah wujud nyata dari taubat. Taubat mencakup penyerahan diri seorang hamba kepada Rabbnya, inabah (kembali) kepada Allâh Azza wa Jalla dan konsisten menjalankan ketaatan kepada Allâh.


5. Apa saja keutamaan taubat?

Jawaban:
Beberapa di antara keutamaan taubat ialah: Pertama: Taubat adalah sebab untuk meraih kecintaan Allah 'azza wa jalla. Kedua: Taubat merupakan sebab keberuntungan. Ketiga: Taubat menjadi sebab diterimanya amal-amal hamba dan turunnya ampunan atas kesalahan-kesalahannya.


6. Lalu, apakah orang yang sudah bertaubat masih akan kena azab kubur? 

Jawaban:
Ustaz Khalid Basalamah menegaskan jika manusia sudah berada di alam barzah atau akhirat, maka tak ada lagi azab karena dosa-dosanya telah dibersihkan dengan bertaubat.


7. Surat apa yang dibaca saat sholat taubat?

Jawaban:
Selain membaca surat Al Fatihah, surat Al Kafirun juga bisa dibacakan ketika melakukan salat tobat. Hal tersebut dikarenakan surat Al Kafirun ini bisa mengingatkan sekaligus menjauhi kita dari perbuatan selayaknya orang-orang kafir atau orang-orang yang senantiasa menduakan Allah, atau berbuat syirik.


8. Apa bacaan niat shalat taubat?

Jawaban:
Latin : Ushollii sunnatat taubati rok'ataini lillaahi ta'aalaa. Artinya : Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta'ala.


9. Bagaimana cara bertaubat yang tidak pernah mengerjakan shalat?

Jawaban:
Karena shalat merupakan kewajiban maka tips untuk orang yang pernah meninggalkan shalat wajib hendaknya :
1. Memohon ampun kepada Allah dan benar-benar bertaubat
2. Bertekad kuat untuk tidak meninggalkannya lagi
3. Memperbanyak amal shaleh
4. Mencari komunitas yang baik, yang bisa memotivasi dirinya untuk menjaga shalat
5. Selalu bersyukur kepada Allah swt atas hidayah untuk bertaubat. 


10. Mengapa taubat itu dilakukan dengan ikhlas?

Jawaban:
Taubat dilakukan dengan ikhlas karena Allah bukan karena tujuan duniawi atau ingin dipuji manusia. Ketika bertaubat hendaklah mengingat keburukan yang pernah dilakukan dan kerasnya siksa Allah akibat dosa yang dilakukan, ingat betapa lemahnya manusia yang tidak mungkin sanggup menahan siksa dari Allah.


11. Apa macam tingkatan orang yang bertaubat?

Jawaban:
Taubat terdiri dari tiga macam (tingkatan): Pertama adalah taubat, kedua adalah inabah, ketiga adalah aubah.