Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Materi Riba + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Riba

1. Apakah gratis ongkir itu riba?

Jawaban:
Jika kamu mendapat voucher gratis ongkir karena kamu menyetorkan uang atau top-up saldo di suatu platform pembayaran dan uang tersebut harus mengendap selama beberapa saat, maka bisa dipastikan voucher gratis ongkir tersebut adalah riba karena merupakan hasil manfaat dari pinjaman yang kamu berikan kepada platform.


2. Bagaimana konsep riba dalam Islam?

Jawaban:
Secara terminologis, riba adalah tambahan atas pokok utang yang diperjanjikan atau dipersyaratkan sebagai imbalan atas masa pembayaran utang. Riba secara mutlak, tegas dan jelas hukumnya haram menurut al-Qur-an, As-Sunnah, dan ijma ulama


3. Apakah utang piutang termasuk riba?

Jawaban:
Ribah Qard: Ribah ini adalah Riba dalam utang piutang yaitu dengan mengambil manfaat atau tingkat kelebihan tertentu yang diisyaratkan kepada penerima utang atau muqtaridh.


4. Riba di alquran surat apa?

Jawaban:
Allah SWT mengharamkan secara tegar praktik riba. Allah SWT berfirman: وَاَحَلَّ اللّٰهُ الۡبَيۡعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰوا "Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba." (Al Baqarah: 275).


5. Jelaskan masalah riba dalam gadai itu seperti apa?

Jawaban:
Riba terjadi apabila dalam akad gadai ditemukan bahwa peminjam harus memberi tambahan sejumlah uang atau persentase tertettu dari pokok utang, pada waktu membayar utang atau pda waktu lain yang telah ditenukan penerima gadai.


6. Mengapa riba termasuk dosa besar?

Jawaban:
Perbuatan ini dinilai sangat merugikan orang lain, bahkan bisa menyulitkan orang lain karena besarnya beban tagihan yang harus dibayarkan. Inilah yang menjadi alasan mengapa, riba termasuk dosa besar yang harus dihindari.


7. Mengapa riba diharamkan secara bertahap?

Jawaban:
Di dalam Islam pelarangan riba dilakukan secara bertahap, sama seperti ketika pemberlakukan haram atas khamr. Sebab di zaman jahiliah, praktik riba sudah dilakukan secara terang-terangan. Apabila ketika itu dilarang secara langsung tentu akan menimbulkan penolakan secara frontal.


8. Hukum bersedekah menggunakan uang riba?

Jawaban:
Sedekah dengan harta riba ialah dilarang dalam Islam. 


9. Apakah harta riba bisa dibersihkan?

Jawaban:
Jika seorang muslim menyimpan harta dari hasil riba, maka pemiliknya wajib bertaubat dengan membersihkan harta tersebut dari riba. Cara membersihkannya dengan menggunakannya untuk kepentingan umum.


10. Bolehkah uang riba diberikan ke fakir miskin?

Jawaban:
Uang riba hanya boleh disalurkan untuk fasilitas umum atau diberikan kepada fakir miskin. Pedapat ini dipilih oleh Lajnah Daimah (Komite tetap untuk fatwa dan penelitian) Arab Saudi. Sebagaimana dinyatakan dalam fatwa no. 16576. Pendapat ini juga difatwakan Penasehat Syariah Baitut Tamwil (Lembaga Keuangan) Kuwait.


11. Bolehkah uang riba untuk masjid?

Jawaban:
Harta riba tidak boleh disalurkan untuk pembangunan masjid.