Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal Materi Persaudaraan (Ukhuwah) + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Persaudaraan (Ukhuwah)

1. Kepada siapakah kita harus menjalin silaturahmi?

Jawaban: 
semua umat manusia baik tetangga, saudara, teman, dll.


2. Jelaskan apa saja keutamaan dari ukhuwah Islamiyah?

Jawaban: 
Hikmah dari Ukhuwah Islamiyah adalah bertambah eratnya persatuan dan kesatuan umat Islam, menjadikan ketaqwaan seseorang lebih sempurna, terjaminnya rasa aman di negerinya.


3. Mengapa Allah memerintahkan Ukhuwah Islamiyah?

Jawaban: 
Ukhuwah Islamiyah merupakan jalan untuk mendapatkan surga Allah Ta'ala. Ukhuwah juga dapat mendatangkan keberkahan dari-Nya. 


4. Bagaimana cara menjaga ukhuwah agar tetap berjalan di lingkungan kalian?

Jawaban: 
Menjaga silaturahmi dan saling bertukar hadiah. Selalu Mengucapkan salam apabila berjumpa, bukan hanya mengangkat tangan saja. Saling maaf memaafkan dengan saudara kita walaupun hanya menggunakan media sosial. Ziarah kubur.


5. Bagaimana konsep ukhuwah?

Jawaban:
Penjabarannya lebih kurang adalah sebagai berikut, konsep ukhuwah Islamiyah, adalah seseorang merasa saling bersaudara satu sama lain karena sama-sama memeluk agama Islam. Umat Islam di mana saja.


6. Apa dampak akan adanya sikap saling bantu membantu antar sesama?

Jawaban:
Saling tolong menolong antar sesama dapat menumbuhkan rasa persaudaraan, karena kita akan merasa saling membutuhkan satu sama lain. Selain itu, tolong-menolong juga dapat menciptakan persatuan, meskipun beda agama, suku dan ras.


7. Bagaimanakah bunyi hadits tentang persaudaraan?

Jawaban:
Rasulullah SAW bersabda: Artinya: "Dari Abu Musa Al-'Asy'ari berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Antara seorang mukmin dengan mukmin yang lainnya adalah bagaikan satu bangunan yang saling menguatkan satu sama lainnya." (HR. At-Tirmidzi).


8. Hadits 35 menerangkan tentang apa?

Jawaban:
Hadits Arbain (35): Jadilah Hamba Allah yang Bersaudara. Hadits Arbain Imam An-Nawawi. Rasulullah SAW melarang kita untuk saling mendengki, tanajusy, saling benci, dan saling mendiamkan. Karena kita adalah hamba-hamba Allah yang bersaudara, tidak boleh zalim, menelantarkan, berdusta, dan menghina satu sama lain.


9. Surat apa dan ayat berapa yang menjelaskan tentang persaudaraan?

Jawaban:
Di antara ayat yang secara tegas menyatakan bahwa sesama orang mukmin adalah bersaudara seperti dalam Surah al- Hujurat/49: 10. 


10. Hadits Arbain ke 36 tentang apa?

Jawaban:
Hal yang menjadi kandungan hadits ke 36 selanjutnya adalah menutupi aib sesama muslim. Perlu ditekankan sekali lagi bahwasanya semua individu muslim diibaratkan satu tubuh. Menutupi air sesama muslim menjadi sangat wajib bagi kita.