Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Wakaf + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Wakaf

1. Bagaimana wakaf seseorang bisa dikatakan sah jelaskan?

Jawaban:
Menurut hukum Islam, wakaf dikatakan sah apabila memenuhi dua persyaratan. Pertama, tindakan atau perbuatan yang menunjukkan pada wakaf. Kedua, mengungkapkan niatan untuk wakaf baik lisan maupun tulisan. 


2. Berapa minimal wakaf?

Jawaban:
Siapapun Bisa. Kini, orang yang ingin wakaf tidak harus menunggu menjadi kaya. Minimal Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah), anda sudah bisa menjadi wakif (orang yang berwakaf), dan mendapat Sertifikat Wakaf Uang.


3. Bagaimana pengelolaan wakaf uang? 

Jawaban:
Berikut ini skema atau pengelolaan dari uang atau dana wakaf, yaitu: Wakif atau pemberi wakaf akan memberikan sejumlah uang sebagai wakaf kepada LKS-PWU sebagai penerima/ penyalur/ penampung/ pengelola atau disebut juga dengan nazhir


4. Wakaf termasuk ibadah apa?

Jawaban:
Wakaf termasuk infaq fi sabilillah, maka dasar yang digunakan para ulama dalam menerangkan konsep wakaf ini didasarkan pada keumuman ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan tentang infaq fi sabilillah.


5. Bagaimana pemanfaatan wakaf?

Jawaban:
Pemanfaatan Wakaf bukan hanya untuk sebagai sarana tempat ibadah dan tempat penguburan, dengan dikelola secara produktif dan professional. Harta wakaf berupa tanah maupun uang bisa membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan bahkan mewujudkan kesejahteraan umum, bukan hanya umat Islam.


6. Mengapa Imam Syafi i tidak memperbolehkan wakaf uang?

Jawaban:
Menurut Madzhab Syafi'i wakaf tidak boleh menggunakan uang karena sifatnya yang lenyap jika dibelanjakan dan tidak kekal zatnya. Madzhab Syafi'i beranggapan bahwa uang tidak bisa diwakafkan karena ketika uang sudah digunakan sebagai alat pembayaran maka nilai uang akan habis.


7. Apakah setiap harta bisa diwakafkan?

Jawaban:
Harta wakaf harus sesuatu yang memiliki nilai. Jika harta benda tersebut tidak berharga atau bernilai, maka tidak termasuk benda yang layak diwakafkan; Harta wakaf harus sepenuhnya milik pewakaf, bukan atas nama orang lain, apalagi harta yang merupakan milik bersama. Jadi, harus jelas dimiliki oleh seorang pewakaf.


8. Bagaimana cara mengelola wakaf produktif?

Jawaban:
Wakaf produktif adalah sebuah skema pengelolaan donasi wakaf dari umat, yaitu dengan memproduktifkan donasi tersebut, hingga mampu menghasilkan surplus yang berkelanjutan


9. Apakah wakaf dapat mengurangi kemiskinan?

Jawaban:
Wakaf tunai juga dapat membantu menyelesaikan masalah kemiskinan yang ada di Indonesia dengan cara pengelolaan dana wakaf yang baik dan benar.


10. Strategi seperti apa yang paling jitu untuk meningkatkan wakaf uang di Indonesia?

Jawaban:
Sedangkan solusi untuk meningkatkan inklusi wakaf uang antara lain dengan meningkatkan kemudahan berwakaf, membuat gerakan tentang wakaf uang, kunjungan langsung calon wakif ke aset wakaf uang, insentif untuk fundraiser dan LKS-PWU, membuat instrumen wakaf uang yang inovatif, dan melalui penguatan ekosistem perwakafan.


11. Mengapa wakaf dianggap lebih utama dibanding dengan sedekah dan bentuk derma lainnya jelaskan alasannya?

Jawaban:
Hal ini karena pahala wakaf akan terus mengalir, meskipun sang wakif telah tiada, selama pemanfaatan harta wakaf masih berlangsung. Lain hal dengan zakat, penerima manfaat harta wakaf tidak terbatas golongan tertentu. Terlebih, harta tersebut terus abadi lintas generasi.


12. Bagaimana peran wakaf dalam pengembangan ekonomi umat?

Jawaban:
Harta wakaf dapat membantu aktivitas ekonomi sebuah Negara, baik digunakan sebagai sumber modal pembangunan atau yang lain. Sifat abadi harta wakaf sangat mendukung penyediaan modal tersebut. Harta wakaf dapat digabungkan dengan harta individu dan dijadikan modal bagi sebuah perusahaan.


13. Mengapa wakaf melalui uang tidak sah secara hukum?

Jawaban:
Wakaf dengan uang menimbulkan pro dan kontra disebabkan karena wujud/fisik uang itu sendiri akan hilang ketika dimanfaatkan atau digunakan. Hal ini akan bertentangan dengan arti wakaf itu sendiri yaitu menahan pokoknya dan menyalurkan hasilnya


14. Apa manfaat wakaf bagi kehidupan sosial?

Jawaban:
Hikmah wakaf dalam kehidupan juga menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi. Anda dapat membantu meringankan beban kesulitan yang sedang menimpa orang lain. Misalnya, Anda mewakafkan tanah untuk orang yang tidak mempunyai tempat tinggal.


15. Bagaimana Hikmah dan Keutamaan Pelaksanaan wakaf?

Jawaban:
Dengan berwakaf, kita belajar bahwa harta yang kita miliki harus dibagi dengan orang lain. Ada sebagian hak orang lain dalam harta kita. Kehidupan akhirat yang kekal bisa diselamatkan lewat kehidupan di dunia. Wakaf membantu kita untuk mendapatkan kehidupan akhirat yang lebih baik.


16. Faktor apa saja yang menjadi penghambat pemberdayaan wakaf?

Jawaban:
Faktor penghambat dari pemberdayaan wakaf produktif adalah minimnya pemahaman masyarakat khususnya masyarakat pedalaman tentang hukum wakaf dan wakaf produktif, pengelolaan dan manajemen wakaf yang kurang efektif .