Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Puasa + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Puasa

1. Apakah berbohong itu membatalkan puasa?

Jawaban:
Berbohong tidak termasuk dalam hal-hal yang membatalkan puasa. Sehingga, hukum berbohong saat puasa tidak membatalkan puasa, tetapi merusak pahala puasa.


2. Apa saja jenis jenis puasa?

Jawaban:
Hukum Puasa
Puasa wajib. a) Puasa wajib, sebab datangnya waktu tertentu, yaitu bulan Ramadan. b) Puasa wajib, sebab suatu sebab, yaitu puasa nazar. c) Puasa wajib, sebab diwajibkan oleh seseorang terhadap seseorang yaitu puasa kifarat.
Puasa sunah. a) Puasa Senin - Kamis. b) Puasa Arafah. ...
Puasa yang Diharamkan


3. Mencium bau apakah membatalkan puasa?

Jawaban:
Diperjelas oleh para ulama, menghirup aroma uap itu tidak membatalkan puasa, sebagaimana menghirup aroma kemenyan atau aroma masakan.


4. Muntah karena mencium bau busuk apakah membatalkan puasa?

Jawaban:
Namun perlu diketahui bahwa jika seseorang muntah tanpa disengaja, seperti mencium bau busuk tanpa sengaja, maka puasanya tidak batal, dengan catatan bahwa muntahannya tidak boleh ditelan lagi dan harus berkumur setelah muntah.


5. Apakah boleh puasa Senin kamis tapi tidak sahur?

Jawaban:
Makan sahur adalah sunnah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan. Namun, jika bangun terlambat dan tidak sempat sahur, puasa Senin Kamis Anda tetap sah.


6. Mengganti puasa di hari apa saja?

Jawaban:
Seperti yang disebutkan, Allah memberikan waktu cukup panjang bagi umat-Nya untuk melunaskan utang puasa mereka, yakni antara bulan Syawal sampai datang Ramadhan berikutnya. Pelaksanaannya boleh kapan saja selama bukan di waktu yang diharamkan berpuasa, yakni hari raya dan hari-hari tasyrik.


7. Sampai kapan boleh mengganti puasa Ramadhan?

Jawaban:
Mengganti puasa tidak boleh dilakukan pada hari yang diharamkan untuk berpuasa yakni pada Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal dan Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah. Berpuasa juga haram dilakukan pada hari-hari tasyrik yakni 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.


8. Kenapa tidak boleh puasa pada hari Jumat?

Jawaban:
Menurut sebagian ulama, puasa hari Jumat dimakruhkan karena hari tersebut dianggap sebagai hari raya. Kemakruhan puasa di hari Jumat ini berlaku bila sebelum atau sesudahnya tidak melakukan puasa.


9. Kenapa Allah menyukai puasa Daud?

Jawaban:
Dalam Islam, puasa Daud bukan hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga berpahala dan merupakan amalan yang disukai oleh Rasulullah SAW. Sebab dengan berpuasa Daud, seseorang telah mengikuti sunah nabi yang termasuk salah satu amal saleh.


10. Apa manfaat puasa hari Rabu?

Jawaban:
Dari Ibnu Umar Ra., Rasulullah bersabda : barang siapa puasa pada hari Rabu-Kamis-Jumat dan bersedekah -baik sedikit maupun banyak- niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan ia keluar dari dosa seperti hari ketika ia dilahirkan ibunya. (Sunan Kubra Al Baihaqi, 4:294 / Jawami'ul Karim, 7805).


11. Apa niat puasa 1 Rajab?

Jawaban:
Niat puasa qadha atau ganti puasa ramadhan dulu dan pelaksanaanya dibulan rajab ini bisa dilakukan. Artinya : “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”


12. Apakah minyak kayu putih bisa membatalkan puasa?

Jawaban:
Maka dari itu, jika kita menghirup aroma kayu putih saat berpuasa hukumnya adalah boleh dan tidak membatalkan puasa.


13.  lubang apa saja yang membatalkan puasa?

Jawaban:
Adapun sembilan hal yang membatalkan puasa sebagai berikut: Memasukkan sesuatu ke lima lubang tubuh yaitu mulut, lubang hidung, lubang telinga, dubur, dan lubang kemaluan


14. Apakah boleh puasa Ramadhan tapi masih punya hutang puasa?

Jawaban:
Mayoritas ulama berpendapat bahwa utang puasa juga tidak bisa dilakukan sembari menjalani hari puasa selama Ramadhan. Kalau memaksakan qadha puasa Ramadhan di bulan Ramadhan berikutnya, Imam Hambali berpendapat kedua puasa itu malah tidak sah.


15. Apakah menangis itu membatalkan puasa?

Jawaban:
"Menangis tidak membatalkan puasa karena menangis adalah sesuatu yang khas dalam diri manusia. Jangankan saat duka, bahkan saat bahagia kita pun mengucurkan air mata. Tentunya saat menangis jangan sampai air mata masuk ke dalam mulut.


16. apa saja perilaku yang merusak atau menghilangkan pahala puasa? Melalui sabda Nabi Muhammad SAW, Anissa menyebut, “Ada 5 perkara yang membatalkan pahala orang yang berpuasa, yaitu 

Jawaban:
(1) berdusta; 
(2) gibah; 
(3) mengadu domba; 
(4) bersumpah palsu; 
(5) memandang dengan syahwat,