Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal Materi Menjauhi Pergaulan Bebas + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Menjauhi Pergaulan Bebas

1. Apa hukumnya chatting dengan lawan jenis menurut Islam?

Jawaban:
Para ulama fikih menyatakan bahwa berbicara dengan lawan jenis non-mahram tak boleh dilakukan jika tak ada keperluan karena ada potensi fitnah di dalamnya. Misalnya, mengucapkan salam. Ulama mazhab Maliki, Syafii, dan Hanbali menghukumi mengucapkan salam kepada lawan jenis hukumnya makruh.


2. Bagaimana cara Islam dalam mengatur pergaulan antara pria dan wanita?

Jawaban:
Baik pria maupun wanita harus merundukkan pandangan mereka dan menjaga kesucian diri mereka. Allah SWT berfirman, Katakanlah kepada kaum pria yang beriman bahwa mereka hendaknya merundukkan pandangan matanya dan memelihara kehormatan dirinya. Itulah yang lebih bersih untuk mereka


3. Bagaimana akhlak pergaulan muda mudi dalam Islam sebelum mereka menikah?

Jawaban:
Tidak diperbolehkan bersentuhan seperti: berjabat-tangan, bergandengan, berdempetan, apalagi berpelukan, dan berciuman selain mahram dan isteri. Tidak dibolehkan ber-khalwat (bersepi-sepi) tanpa ada kontrol.


4. Surat apa dalam Alquran yang menjelaskan etika dalam pergaulan?

Jawaban:
Menurut Ahmad Musthofa al-Maraghi etika pergaulan dalam Q.S.al-Hujurat [49]:10-13 ialah melakukan ta'aruf untuk menghindari pertikaian dan sikap-sikap yang dilarang pada Q.S.al-Hujurat [49]:11-12, hal tersebut dilakukan untuk menjaga persaudaraan (ukwah), baik saudara seiman maupun senasab.


5. Apa nama zina chatting dengan lawan jenis?

Jawaban:
Menurut istilah Khalwat merupakan perbuatan berdua-duaan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang bukan mahram baik secara langsung maupun melalui Chatting dan Video Call.


6. Bagaimana pandangan Al Quran terhadap pergaulan bebas?

Jawaban:
Terdapat pula dalam Al-Qur'an dan hadis yang mengharamkan pergaulan bebas seks bebas (zina) yaitu dalil dari Al-Qur'an dalam surat al-Isra ayat 32 yang artinya “Janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu amat keji dan jalan sangat sesat”.


7. Apa hubungan zina dan pergaulan bebas?

Jawaban:
Hubungan pergaulan bebas dengan berbuat zina ialah bahwasanya pergaulan bebas bisa dikatakan sebagai pintu permulaan seseorang memasuki zina. Dengan bergaul secara bebas, seseorang akan cenderung terpengaruh dengan tidak terbatas oleh teman-temannya.


8. Dalam rangka menjaga kesucian pergaulan remaja agar terhindar dari perbuatan zina Islam telah membuat batasan batasan apa saja batasan batasan tersebut?

Jawaban:
Batasan-batasan yang ditetapkan oleh syar'i yaitu : 
- Islam mengharamkan ikhtilath (bercampur laki-laki dan perempuan dalam satu tempat). 
- Islam mengharamkan khalwat (berduaan antara laki-laki dan perempuan). 
- Memerintahkan adanya sutrah (pembatas) yang syar'i dan menundukkan pandangan.


9. Apakah dampak negatif dari pergaulan bebas menurut islam?

Jawaban:
Penerapan pergaulan bebas di masyrakat bisa berefek terhadap rendahnya kesadaran masyarakat, egoisitas diri, sistem pendidikan yang melemah, dan juga ekonomi yang rusak karena beredarnya barang-barang untuk melegalkan seks bebas atau barang-barang haram lainnya.