Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Dinasti Umayyah + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Dinasti Umayyah

1. Siapakah tokoh tokoh filsafat yang terkenal pada masa Bani Umayyah?

Jawaban:
Salah satu ilmuwan filsafat pada masa Daulah Umayyah yang terkenal adalah Al-Farabi, yang berasal dari Farab, Kazakhstan. Sosok yang juga ahli dalam hukum Islam ini disebut orang-orang Barat sebagai Alpharabius, Al Farabi, Farabi, atau Abu Nasir.


2. Apa saja kesulitan umat Islam masa Bani Umayyah sebutkan?

Jawaban:
Berikut penyebabnya:
* Pengangakatan lebih dari satu putra mahkota. Sebagian besar khalifah Bani Umayyah mengangkat lebih dari seorang putra mahkota.
* Timbulnya fanatisme kesukuan
* Kehidupan khalifah yang melampaui batas
* Fanatisme kearaban Bani Umayyah.
* Kebencian golongan Syiah.


3. Siapa yang membangun masjid Damaskus?

Jawaban:
Masjid ini dibangun pada masa Khalifah Al-Walid bin Abdul-Malik dari Bani Umayyah tahun 88-97 Hijriyah atau 706-715 Masehi, di kota Damaskus, Suriah, ibu kota Bani Umayyah pada waktu itu.


4.  Siapa khalifah Bani Umayyah yang berhasil kabur dari serangan Bani Abbasiyah?

Jawaban:
Julukan ini didapatkan dari salah satu musuh terbesarnya dari Bani Abbasiyah, Khalifah Al-Mansur. Khalifah Al-Mansur memberikan julukan ini, karena Abdurrahman berhasil melarikan diri dan mengembara seorang diri melalui gurun Asia dan Afrika, hingga sampai di Spanyol.


5. Bagaimana cara penyebaran agama Islam pada masa Daulah Umayyah?

Jawaban:
Jadi, penyebaran agama Islam pada masa daulah umayyah dilakukan dengan cara dakwah, perdagangan dan melalui pendidikan dengan membangun saran pendidikan seperti sekolah-sekolah.


6. Apa saja kemajuan Bani Umayyah dalam bidang ilmu pengetahuan?

Jawaban:
Para khalifah Bani Umayyah menaruh perhatian khusus pada bidang ilmu ini. Mereka menyewa jasa penerjemahan berbagai karya kedokteran, kimia, farmasi, dan matematika ke dalam bahasa Arab.


7. Mengapa berdiri Daulah Bani Umayyah?

Jawaban:
Berdirinya Dinasti Bani Umayyah dilatarbelakangi oleh sebuah peristiwa penting dalam sejarah umat yaitu Ammul Jamaah. Setelah Ali wafat, kepemimpinan sebenarnya sempat dilanjutkan oleh putranya, Hasan.


8. Apa saja pertumbuhan kebudayaan pada masa Bani Umayyah?

Jawaban:
Pada masanya, dibangun jalan raya, pabrik, gedung, dan panti asuhan untuk orang cacat. Selain itu, salah satu bentuk pertumbuhan kebudayaan pada masa Bani Umayyah adalah perkembangan di bidang arsitektur, ditandai dengan dibangunnya masjid-masjid yang memenuhi kota


9. Bagaimana ciri menonjol yang ditampilkan oleh Dinasti Umayyah?

Jawaban:
Bani Umayyah merupakan fase ketiga yang berlangsung selama kurang lebih satu abad (661-750 M). Ciri yang paling menonjol yang ditampilkan dinasti ini adalah pemindahan ibukota kekuasaan Islam dari Madinah ke Damaskus


10. Apa penyebab runtuhnya Daulah Umayyah di Andalusia?

Jawaban:
Dari Faktor kemunduran dan keruntuhan daulah bani Umawiyah Barat (Andalusia) seperti tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan, kesulitan ekonomi, tidak adanya ideologi pemersatu, terjadinya konflik Islam dengan Kristen maka disarankan perlu adanya masa jabatan seorang pemimpin supaya adanya perubahan pemerintahan.


11. Apa yang menjadi awal mula berdirinya Dinasti Umayyah?

Jawaban: 
Dinasti Umayyah berdiri setelah kematian Khalifah Ali dan terjadi perpecahan dalam umat Islam.


12. Siapakah pemimpin pertama Dinasti Umayyah?

Jawaban: 
Pemimpin pertama Dinasti Umayyah adalah Muawiyah I.


13. Apa yang menjadi ciri utama pemerintahan Dinasti Umayyah?

Jawaban: 
Ciri utama pemerintahan Dinasti Umayyah adalah sentralisasi kekuasaan di tangan keluarga Umayyah.


14. Bagaimana Dinasti Umayyah memperluas wilayah kekuasaannya?

Jawaban: 
Dinasti Umayyah mengadakan serangkaian ekspansi militer yang berhasil memperluas wilayah kekuasaannya hingga mencakup Spanyol dan wilayah-wilayah lainnya.


15. Apa dampak dari penyebaran Islam selama pemerintahan Dinasti Umayyah?

Jawaban: 
Penyebaran Islam semakin meluas ke berbagai wilayah di bawah pemerintahan Dinasti Umayyah, membawa dampak sosial, ekonomi, dan budaya.