Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Berwudhu + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Berwudhu

1. Bolehkah wudhu dari siku ke tangan?

Jawaban: 
Membasuh tangan merupakan salah satu kewajiban wudhu. Dalam membasuh tangan, seluruh kulit dan rambut mulai ujung jari hingga keseluruhan siku harus terbasuh.


2. Apakah tidur terlentang dapat membatalkan wudhu?

Jawaban: 
Tidur bisa membatalkan kecuali jika tidur yang dilakukan dengan posisi duduk tenang. Ini merupakan pendapat Syafiiyah. Sementara Daud Ad-Dzahiri mengatakan bahwa tidur yang membatalkan wudhu adalah tidur terlentang


3. Sahkah wudhu tanpa bismillah?

Jawaban: 
Dilansir dari Elbalad, Direktur Departemen Dar Ifta Mesir, Syekh Muhammad Wissam, mengatakan menyebut nama Allah SWT atau bismillah sebelum wudhu adalah sunnah. Karena itu, jika seseorang berwudhu dan tidak mengerjakannya, wudhunya tetap sah.


4. Apakah boleh membaca doa wudhu di kamar mandi?

Jawaban: 
dalam QnA Persoalan Islam. Ibnu 'Abidin menambahkan, ulama Mazhab Maliki juga tetap memakruhkan membaca zikir di dalam kamar mandi. Namun, hal itu tidak berlaku demikian bila dilakukan dalam hati. Pendapat lain juga mengungkapkan, niat dan ucapan doa selama wudhu bisa diucapkan dalam hati.


5. Menyentuh kemaluan seperti apa yang membatalkan wudhu?

Jawaban: 
Sebaliknya Hadis Busrah bin Shafwan dimaknai bahwa menyentuh kemaluan dapat membatalkan wudu. Adapun jika menggunakan penghalang (atau tidak bertemu langsung antara tangan dengan kemaluan secara langsung) seperti Hadis Talq bin Ali, maka hukumnya tidak membatalkan wudu.


6. Apa rukun wudhu yang terakhir?

Jawaban: 
Tertib Yang dimaksud dengan tertib di sini adalah melakukan kegiatan wudhu tersebut secara berurutan sebagaimana disebut di atas, yakni dimulai dengan membasuh muka, membasuh kedua tangan beserta kedua siku, mengusap sebagian kecil kepala, dan diakhiri dengan membasuh kedua kaki beserta kedua mata kaki.


7. Apakah sah wudhu memakai jam tangan?

Jawaban: 
Baiknya jam tangan atau cincin dilepas saat berwudhu kala sempit, sehingga sulit membuat air masuk. Kalau memang jam tangan atau cincin tadi dalam keadaan longgar, maka tidak masalah dipakai saat berwudhu karena masih berpeluang air untuk masuk.


8. Apakah boleh wudhu hanya menggunakan handuk?

Jawaban:
"Tidak ada rukun syarat wajib musti pakai pakaian, kalau ustadz sendiri saya pakai handuk untuk menutup aurat," terang Ustadz Abdul Somad. Walau sah hukum wudhunya, tapi hal itu tidak mencerminkan adab seseorang ketika ingin mengambil air wudhu


9. Apakah sah wudhu dengan air hujan?

Jawaban:
Dikutip dari buku Studi Fiqh Ibadah Lapangan, wudhu yang dilakukan menggunakan air hujan hukumnya sah demikian juga dengan ibadah sholatnya


10. Apakah boleh wudhu dekat WC?

Jawaban:
Buya Yahya menegaskan, wudlu di dalam kamar mandi yang terdapat toiletnya hukumnya sah. "Hukum mengambil air wudhu di kamar mandi adalah sah, Sah jika yang dimaksud kamar mandi yang ada klosetnya yang biasa dibuat, dipakai buang air kecil dan air besar namanya tetap wudhunya adalah sah,"


11. Bagaimana bunyi niat tayamum?

Jawaban:
"Nawaitut Tayammuma Lisstibaahatish Shalaati Fardlol Lillaahi Ta'aalaa." Artinya: Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah ta'ala. 


12. Apa saja yang harus dibasuh saat wudhu?

Jawaban:
Rukun Wudhu
1. Membasuh wajah.
2. Membasuh dua tangan sampai siku-siku.
3. Mengusap kepala atau rambut (minimal seperempat kepala)
4. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki.


13. Menginjak kotoran kering apakah membatalkan wudhu?

Jawaban:
Ustadz Adi Hidayat pun menjelaskan mengenai hal tersebut. Ia mengatakan bahwa hal tersebut tidak membatalkan wudhu.


14. Apakah ngupil itu membatalkan wudhu?

Jawaban:
Yakni, qubul dan dubur, jadi hukumnya najis dan membatalkan wudu. Sementara itu, hal-hal yang keluar dari lubang lainnya tidak dapat membatalkan wudu.


15. Kapan membaca niat tayamum?

Jawaban:
Artinya : Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah. Bacaan niat tayamum diatas boleh dibaca teks arab boleh juga bahasa indonesia atau bahkan boleh langsung makna atau artinya. Pada umumnya niat tayamum dibaca diwaktu melaksanakannya yakni saat mengusap bagian muka atau wajah.


16. Samakah doa wudhu dan doa tayamum?

Jawaban:
Setelah tayamum, membaca doa setelah tayamum. Doanya sama seperti setelah wudhu: Asyhadu Allaa Ilaaha Illalloohu Wandahuu Laa. Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan 'Abduhuuwa Rosuuluhuu.