Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Soal Materi Asmaul Husna + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Asmaul Husna

1. Apa arti dari Asmaul Husna Al Hayyu?

Jawaban:
Pengertian Al-Hayyu hampir sama dengan Al-Muhyi. Hanya saja, Al-Hayyu mengandung makna Yang Maha Hidup. Allah adalah Dzat yang kekal, senantiasa hidup, tanpa rasa lelah, kantuk maupun lemah. Allah adalah sumber kehidupan dari segala yang hidup.


2. Apa maksud dari Asmaul Husna Al Khabir?

Jawaban:
Makna dari Al-Khabir adalah Maha Mengetahui Segala Sesuatu, Maha Teliti, Maha Waspada dan sebagainya.


3. Apa dalil dari Al-Khabir?

Jawaban:
Asmaul Husna al-Khabir artinya dalam Al-Qur'an surat at-Taubah ayat 16: “… dan Allah maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.


4. Apa arti An-Nashir?

Jawaban:
An-Nashir artinya yang memberi kemenangan untuk hamba-Nya, yang menjamin pertolongan dan pembelaan bagi wali-Nya. Kemenangan hanya terwujud atas pertolongan-Nya; dan anugrah-Nya. Pemenang hakiki adalah orang yang ditolong Allah.


5. Mengapa Allah bersifat al Waliyy?

Jawaban:
Sebab, Allah senantiasa melindungi hamba-Nya yang taat, menjaganya dari marabahaya dan kesusahan. Allah juga melindungi siapapun yang meminta perlindungan-Nya dan Dia adalah sebaik-baiknya pelindung.


6. Ya Fattah apa artinya?

Jawaban:
Al Fattah artinya Allah Maha Pembuka. Al Fattah memiliki makna Allah maha membuka segala rahmat untuk manusia. Rahmat bisa berupa kebaikan, berkah dan rezeki berlimpah untuk hamba- hambaNya. Al Fattah tercantum dalam beberapa surat di Alquran seperti Surat Saba' ayat 26, Fathir ayat 2 dan Al A'raf ayat 96.


7. Apa arti dari nama Allah Al Qayyum?

Jawaban:
Allah sebagai al-Qayyum berarti bahwa Allah berdiri sendiri, mandiri dan tidak bergantung kepada yang lain, bahkan Dia-lah yang mengurusi semua yang lain terus-menerus.


8. Apa arti dari nama Allah Al Afuww?

Jawaban:
Makna al-'Afuw secara bahasa:
Ibnul Atsir berkata, “Nama Allah “al-'Afuw” adalah fa'uul dari kata al-'afwu (memaafkan) yang berarti memaafkan perbuatan dosa dan tidak menghukumnya, asal maknanya: menghapus dan menghilangkan[


9. Apa arti dari kata al Hakim?

Jawaban:
Al Hakim artinya maha bijaksana, sangat tepat dalam mengukur dan sangat baik dalam mengatur.


10. Apa arti dari sifat Ar Rahman?

Jawaban:
Arti Ar Rahman perlu dipahami setiap muslim sebagai salah satu Asmaul Husna. Arti Ar Rahman adalah Yang Maha Pengasih. Arti Ar Rahman adalah Allah SWT memberikan kebaikan dan belas kasihan kepada semua makhluk-Nya.


11. Apa Asmaul Husna yang terakhir?

Jawaban:
Salah satu Asmaul Husna adalah Al Akhir yang artinya adalah Yang Maha Akhir. Asmaul Husna ini menunjukkan kekekalan Allah SWT saat makhluk lain yang fana menemui akhir. "Dia Maha Kekal ketika semua makhluk hancur, Maha Kekal dengan kekekalanNya.


12. Apa itu nadhom Asmaul Husna?

Jawaban:
Nadhom Asmaul Husna adalah pelafalan 99 nama Allah dengan menggunakan irama dalam bait-bait syair. Cara ini merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah sebagai Sang pencipta alam. Menurut para ulama, setiap nama Allah yang terangkum dalam Asmaul Husna memiliki manfaat tersendiri.


13. Mengapa disebut Al Malik?

Jawaban:
Al Malik memiliki makna penguasa terhadap sesuatu karena kekuatan pengendalian. Allah SWT memiliki sifat Al Malik yang artinya Allah Maharaja.


14. Apa dalil Al Ghaffar?

Jawaban:
Penyebutan tersebut terletak di surah Nuh ayat 10, Shad ayat 66, Ṭaha ayat 82, Ghafir ayat 42, dan Az-Zumar ayat 5. Berikut penjelasannya. Artinya: “Maka aku berkata kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun


15. Apakah yang arti Asmaul Husna al Wahhab?

Jawaban:
Asmaul Husna: Allah Al-Wahhab Maha Memberi tanpa Berharap Imbalan.


16. Apa contoh Al-Muqtadir?

Jawaban:
Contoh penerapan Al Muqtadir antara lain sebagai berikut. Menjadikan Allah sebagai tempat berlindung. Berusaha mencari amal kebaikan. Sabar terhadap musibah yang terjadi.


17. Apa contoh Al Muqaddim?

Jawaban:
Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” Selain itu, sebelum Allah SWT menciptakan manusia, Allah SWT terlebih dulu menciptakan berbagai sarana kehidupan di bumi dan alam semesta ini.


18. Apa arti Al-Muqtadir dan beri contoh?

Jawaban:
Al-Muqtadir artinya maha berkuasa atau Maha Menentukan. Maksudnya adalah Allah Swt. berkuasa dalam menentukan semua kehendak-Nya. Manusia juga memiliki kekuasaan tetapi tidak sempurna. Manusia berkuasa atas izin Allah Swt. Al-Muqtadir adalah asmaulhusna urutan yang ke-70.


19. Apa yang dimaksud dengan Asmaul Husna?

Jawaban: 
Asmaul Husna adalah nama-nama indah dan sempurna Allah yang terdapat dalam Al-Quran.


20. Berapa jumlah Asmaul Husna secara keseluruhan?

Jawaban: 
Jumlah Asmaul Husna adalah 99 nama.