Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

21 Soal Materi Al Qur'an Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Al-Qur'an

1. Apakah yang dianggap paling utama dalam Alquran?

Jawaban:
Keutamaan Surat Al Fatihah yang Luar Biasa, Ayat Paling Utama dalam Al-Qur'an.


2. Alquran di turunkan untuk siapa?

Jawaban:
Al-Qur'an adalah kitab suci yang diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat dan petunjuk bagi manusia yang beriman dan bertaqwa dalam hidup dan kehidupan.


3. Apa keutamaan mengajar Alquran?

Jawaban:
Rasullulah SAW pernah bersabda: “Sebaik-baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Al-Qur'an serta mengajarkannya pada orang lain.” – HR.Bukhari. 


4. Alquran Terbesar di dunia Ada di Mana?

Jawaban:
Al Quran yang dinobatkan terbesar di dunia ini terletak di Jalan Mohammad Amin, Kecamatan Gandus Palembang. Syarkoni, pemandu wisata Al Quran Al Akbar mengatakan, sebanyak 351 keping kayu tembesu berukuran panjang 177 cm dan lebar 140 cm dipahat menjadi 30 juz Al Quran.


5. Siapakah yang menyusun urutan surah dalam Alquran? 

Jawaban:
KH Iskandar mengatakan, ulama sepakat susunan surah surah dalam al quran bersifat 'tauqifi' dari Allah SWT. "Kata tauqifi artinya berasal dari Allah SWT, disusun langsung oleh Allah tanpa campur tangan makhluk


6. Apa saja bukti dari kebenaran Alquran?

Jawaban:
Berikut beberapa fakta ilmiah Alquran yang dihimpun dari berbagai sumber, di mana berbagai penemuan ilmiah saat ini ternyata sesuai dengan ayat-ayatnya:
1. Kelahiran Manusia.
2. Api di Dasar Laut. 
3. Bagian Otak yang Mengendalikan Gerak Kita.
4. Besi. 
5. Garis Edar Tata Surya.
6. Dasar Lautan Yang Gelap.
7. Relativitas Waktu.
8. Sidik Jari.


7. Apakah Alquran itu ilmiah?

Jawaban:
Prof Quraish mengatakan Alquran bukan lah kitab yang tujuannya menjelaskan hakikat-hakikat ilmiah sebagaimana diungkap dalam aneka disiplin ilmu. Melainkan Alquran adalah memberi petunjuk, kitab hidayah, atau juga kitab dakwah.


8. Bolehkah membaca Alquran tanpa wuduk?

Jawaban:
Hukum diperbolehkannya membaca Alquran tanpa wudhu ini tidak dipahami sebagai perintah. Di mana pada Ulama tetap menganjurkan dan mengutamakan setiap umat muslim untuk bersuci atau wudhu terlebih dahulu sebelum membaca Alquran.


9. Bagaimana jika Alquran sudah rusak?

Jawaban:
Dikubur di dalam tanah. "Mushaf yang tidak lagi bisa terbaca, dikubur, sebagaimana seorang muslim," (ad-Dur al-Mukhtar, 1:191). Lembaran mushaf atau Alquran yang rusak itu harus dibungkus dengan kain yang suci sebelum dikubur di tempat yang bersih dan tidak berada dekat tempat sampah.


10. Apa saja manfaat membaca Alquran?

Jawaban:
Membaca Alquran dapat menenangkan pikiran dan batin serta cara agar hati tenang dan dapat pula menjadikan rasa cinta terhadap Allah SWT, Terhadap semua nabi dan rasul serta para malaikat menjadi lebih kuat .


11. Apa hukum mendengarkan Alquran di hp?

Jawaban:
Faktanya para ulama bersepakat bahwa mubah/boleh hukumnya menggunakan gawai untuk membaca Al-Qur'an.


12. Apa hukumnya membaca Alquran di hp tanpa wudhu?

Jawaban:
Orang yang membaca Alquran lewat gadget tidak perlu berwudu. Kendati demikian, bahwa ketika membaca Alquran harus memiliki adab karena mengagungkan Alquranul Karim, maka lebih baik berwudhu terlebih dahulu sebagai penghormatan terhadap Alquran.


13. Apakah boleh membaca Alquran di hp sambil tiduran?

Jawaban:
Membaca Al-Qur'an sambil tiduran berhukum boleh dilakukan sesuai dengan keterangan yang didasarkan dari salah satu firmanNya yakni surah Ali Imran ayat 191


14. Apakah boleh membaca Alquran tidak memakai jilbab?

Jawaban:
"Untuk membaca Alquran, tidak ada persyaratan bagi wanita untuk menutup kepalanya. Karena tidak disyaratkan untuk menutup aurat ketika membaca Alquran. Berbeda dengan sholat. Sholat seseorang bisa tidak sah kecuali dengan menutup aurat.


15. Apakah boleh membaca Alquran memakai celana pendek?

Jawaban:
Jika Anda membaca Alquran sendirian bebas dari pandangan orang lain yang bukan muhrim maka hukumnya dibolehkan, bebas karena menutup aurat bukan syarat untuk membaca Alquran, tapi akan lebih baik jika tetap menutup aurat selama membaca Alquran.


16. Apakah Boleh Membaca Alquran saat Haid Melalui Handphone (HP)? 

Jawaban:
Menurut ulama Muslim, wanita haid boleh membaca Alquran melalui handphone HP karena tidak menyentuh langsung lembar kitab suci.


17. Apakah membaca Alquran harus menghadap kiblat?

Jawaban:
Karena Alquran adalah bentuk ibadah, cobalah untuk duduk menghadap kiblat. Arah suci atau kiblat umat Islami adalah menuju Mekah, atau lebih tepatnya, menuju Kabah suci di Mekah. Ini merupakan adab membaca Alquran yang berikutnya dalam Islam.


18. Apa dampak dari kesalahan membaca Alquran?

Jawaban:
Akibat jika terjadi kesalahan dalam membaca Al Qur'an yaitu:
Akan membuat seseorang berdosa jika dilakukan dengan sengaja atau karena tidak mau belajar cara membaca Al Qur'an. Menyebabkan kesalahan penafsiran dari ayat Al Qur'an. Menyebabkan orang lain salah memahami ayat Al Qur'an yang dibacakan.


19. Wajibkah Menghafal Alquran?

Jawaban:
Para ulama sepakat bahwa hukum menghafal Al-Quran adalah fardlu kifayah. Artinya jika menghafal Al-Quran telah dilakukan satu orang atau lebih, maka kewajiban itu menggugurkan beban masyarakat lain dalam suatu kaum, seperti pelaksanaan salat jenazah. Tetapi jika tidak ada sama sekali, maka berdosalah semuanya.


20. Mengapa membaca Alquran harus pelan pelan?

Jawaban:
Dari Uqbah bin Amir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda, “Orang yang membaca Al Qur’an dengan suara keras adalah seperti orang yang bersedekah terang-terangan, dan orang yang membaca Al Qur’an dengan suara perlahan adalah seperti orang yang bersedekah dengan sembunyi-bunyi.” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, Nasa’i, dan Hakim).


21. Bagaimana jika membaca Alquran tapi tidak tahu artinya?

Jawaban:
Dijelaskan hukum membaca Alquran tapi tak tahu artinya mubah atau dibolehkan. Bahkan dianjurkan sebagai bentuk ibadah tarbiyah (pembelajaran) mengentaskan buta Alquran.