Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Soal Materi Perencanaan Program Komunikasi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Perencanaan Program Komunikasi 

1. Apa yang dimaksud dengan perencanaan komunikasi strategis?

Jawaban:
Perencanaan komunikasi strategis dimulai dengan memperjelas tujuan Anda, kemudian bergerak untuk mendefinisikan audiens Anda, mengembangkan pesan yang efektif, dan mengidentifikasi metode atau taktik untuk menyampaikan pesan-pesan itu kepada audiens Anda.


2. Bagaimana model perencanaan komunikasi yang dikemukakan oleh John Middleton?

Jawaban:
Menurut John Middleton perencanaan komunikasi adalah proses pengalokasian sumber daya komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi. Perencanaan komunikasi merupakan hal mendasar yang perlu diperlukan dalam suatu kegiatan-kegiatan apapun, utamanya dalam memperkenalkan atau memasarkan produk, ide, dan gagasan.


3. Apa tujuan mengembangkan rencana komunikasi proyek?

Jawaban:
Tujuan dari manajemen komunikasi proyek adalah untuk memastikan generasi, koleksi, sosialisasi, penyimpanan, dan disposisi informasi proyek yang tepat waktu dan sesuai.


4. Apakah tujuan dari perencanaan komunikasi kesehatan?

Jawaban:
Tujuan utama dari sebuah komunikasi kesehatan diantaranya adalah untuk mengubah prilaku kesehatan pada individu sasaran agar mengarah ke kondisi yang kondusif sehingga memungkinkan terjadinya peningkatan status kesehatan sebagai dampak atau efek dari program komunikasi kesehatan.


5. Berapa tahap perencanaan komunikasi kesehatan?

Jawaban:
Perencanaan komunikasi kesehatan untuk penyusunan program kampanye komunikasi PHBS meliputi tahapan yang harus dilaksanakan, yang meliputi: perencanaan dan seleksi strategi, seleksi media dan material, kembangkan materi pesan, implementasi, dan perhitungkan implementasi.