Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Soal Materi Organisasi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Organisasi 

1. Apa saja ciri ciri organisasi fungsional?

Jawaban:
Ciri-ciri organisasi fungsional adalah sebagai berikut. 
1. Terdapat pemisahan yang tegas dalam pemberian tugas. 
2. Pelaksanaan tugas tidak banyak memerlukan koordinasi sebab tugas-tugas sudah cukup jelas. 
3. Koordinasi hanya perlu dilaksanakan di pimpinan jenjang atas.


2. Apa tujuan organisasi dalam perusahaan?

Jawaban:
Tujuan struktur organisasi perusahaan yaitu agar setiap individu menjadi lebih bertanggungjawab atas jabatan yang diemban olehnya. Adanya struktur organisasi perusahaan juga bisa membuat alurasi dan koordinasi kerja menjadi lebih jelas.


3. Apa pentingnya berorganisasi bagi siswa?

Jawaban:
Mencimpungi organisasi di sekolah akan bermanfaat untuk mengasah berbagai kemampuan siswa. Misalnya kemampuan berbicara di depan umum, berkomunikasi, bersosialisasi. Selain itu, ikut organisasi sekolah juga akan meningkatkan keterampilan siswa dalam mengatasi persoalan yang dihadapi dan membentuk pola pikir positif.


4. Apa tujuan organisasi kampus?

Jawaban:
Organisasi kemahasiswaan merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas kemahasiswaannya berupa aspirasi, inisiasi, atau gagasan-gagasan positif dan kreatif melalui berbagai kwgiatan yang relafan dengan tujuan pendidikan nasional serta visi dan misi institut perguruan tinggi itu sendiri 


5. Apa sebab keberhasilan organisasi itu?

Jawaban:
Keberhasilan pada suatu organisasi ditentukan dengan adanya kualitas sumber daya manusia (SDM). SDM ini merupakan salah satu faktor penting penentu berhasil dan gagalnya suatu organisasi atau unit kerja dalam pencapaian kinerja.


6. Apa saja yang termasuk organisasi formal?

Jawaban:
Contoh organisasi formal adalah sekolah, perseroan terbatas, atau perusahaan. Organisasi non formal dapat berarti sebagai perkumpulan yang terbentuk secara spontan antara beberapa orang.


7. Apa hubungan antara kepemimpinan dan organisasi?

Jawaban:
Kepemimpinan akan menjadi faktor penentu keberhasilan dalam suatu organisasi. Hal ini dikarenakan kepemimpinan menjadi titik pusat adanya perubahan signifikan dalam organisasi, kepemimpinan menjadi kepribadian yang memiliki dampak dan kepemimpinan merupakan seni dalam menciptakan kesesuaian dan kestabilan organisasi.


8. Sebutkan apa saja asas asas organisasi?

Jawaban:
Asas-asas organisasi meliputi: asas tujuan organisasi, asas kesatuan tujuan, kesatuan printah, rentang kendali, pendelegasian wewenang, Page 8 74 tanggungjawab, pembagian kerja, penempatan personalia, hierarki, efesiensi, kesinambungan, koordinasi.


9. Bagaimana jika perusahaan tidak memiliki organisasi?

Jawaban:
Jika dalam satu bisnis atau perusahaan tidak memiliki komponen penting dalam struktur organisasi tersebut bisa jadi akan mengalami gangguan kedepannya, salah satunya dalam hal alur manajemen dan pengelolaan.


10. Apa manfaat organisasi pengusaha?

Jawaban:
Sama dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Organisasi Pengusaha merupakan sarana hubungan industrial yang mempunyai fungsi untuk menciptakan kemitraan, mengembangkan usaha, memperluas lapangan kerja, dan memberikan kesejahteraan pekerja/buruh secara terbuka, demokratis, dan berkeadilan (pasal 102 ayat (2) UU 13/2003).


11. Apa saja ruang lingkup organisasi?

Jawaban:
Sehingga, pada dasarnya ruang lingkup organisasi adalah suatu integrasi dari tiga konsep ataupun studi perilaku yang terdiri dari perilaku individu, perilaku antar individu, dan juga perilaku kelompok.


12. Apa perbedaan antara kelompok dan organisasi?

Jawaban:
Organisasi merupakan suatu kelompok orang dalam satu wadah untuk tujuan bersama. Kelompok sosial merupakan himpunan atau kesatuan yang hidup bersama karena adanya hubungan diantara mereka.


13. Hal apa saja yang harus diperhatikan dalam organisasi?

Jawaban:
Dalam membuat sebuah organisasi, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yakni.
1. Organisasi harus memiliki pimpinan dan struktur pengurus.
2. Organisasi harus memiliki kerjasama yang baik antar anggota.
3. Organisasi harus memiliki tujuan.
4. Organisasi harus memiliki system pembagian tugas yang baik.