Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal Materi Manajemen Operasi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Manajemen Operasi

1. Apakah strategi operasi menjamin kelangsungan hidup perusahaan?

Jawaban:
Strategi operasi memang belum tentu menjamin kelangsungan hidup suatu jenis unit usaha, karena hal ini lebih banyak bergantung pada risk dan uncertainty yang dihadapi.


2. Bagaimana peran strategi operasi dalam pencapaian tujuan perusahaan?

Jawaban:
Peran dari strategi operasi adalah mengembangkan rencana untuk digunakan sebagai sumber pendukung jenis persaingan seperti contoh, memotong biaya tenaga kerja, bahan baku dan fasilitas.


3. Mengapa Manajemen operasi penting dalam semua jenis organisasi?

Jawaban:
Manajemen operasi membantu keberadaan perusahaan, juga membantu untuk mencapai niat baik ini. Manajemen ini memastikan untuk memberikan produk terbaik demi kebahagiaan pelanggan. Untuk mencapai hal tersebut berarti manajemen operasional harus mampu meningkatkan pemanfaatan sumber daya perusahaan.


4. Apa saja yang termasuk dalam perencanaan manajemen operasi?

Jawaban:
Beberapa perencanaan yang dilakukan oleh manajemen operasional misalnya adalah merencanakan desain produk, menyusun rencana anggaran biaya, melakukan perencanaan sistem produksi yang akan digunakan.. Masih banyak perencanaan lainnya yang berkaitan dengan produksi barang dan jasa yang dilakukan oleh perusahaan.


5. Faktor apakah yang menjadi prioritas utama bagi manajer operasional perusahaan jasa?

Jawaban:
Faktor: kedekatan dengan pelanggan, biaya transportasi dan kedekatan dengan pasar, lokasi pesaing, dan faktor-faktor khusus lokasi.


6. Apa tujuan utama dari manajemen operasi?

Jawaban:
Tujuan dari manajemen operasional yakni mengatur dan mengelola keseluruhan sumber daya perusahaan dan memastikan seluruh proses produksi berjalan efisien dan efektif. Sumber daya tersebut terdiri dari bahan baku, pekerja, alat atau mesin, teknologi seperti software ERP, dan perlengkapan lainnya.


7. Manajemen operasional bekerja di bidang apa?

Jawaban:
Prospek kerja manajemen operasional adalah menjadi operational staff. Profesi ini bertugas mengelola dan memastikan kegiatan di perusahaan berjalan lancar. Tugas staff operasional yakni: membuat laporan terkait prosedur perusahaan pada kepala operator kantor.


8. Apa manfaat mempelajari manajemen operasi?

Jawaban:
Dengan mempelajari Manajemen Operasional, kita dapat memahami dan mengerti dengan benar apa yang seharusnya dilakukan oleh manajer operasional. Karena Manajemen Operasional merupakan bagian yang paling mahal dalam organisasi, sehingga penting sekali untuk dipelajari.


9. Peranan apa yang dimainkan manajer operasional dalam mengatasi aspek utama dari kualitas jasa?

Jawaban:
Manajer operasional; memainkan peranan penting dalam mengatasi beberapa aspek utama kualitas jasa yaitu: 
1. Komponen terukur dari banyak jasa yang penting. 
2. Proses jasa. 
3. Manajer dapat mempengaruhi harapan jasa. 
4. Manajer harus dapat mengharapkan pengecualian.