Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal Materi Komunikasi Politik + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Komunikasi Politik

1. Jelaskan tentang Distorsi sebagai bentuk representasi !

Jawaban:
Distorsi dalam komunikasi politik juga dapat terjadi sebagai bentuk dari representasi yaitu untuk memberikan gambaran terhadap suatu hal yang tidak sama dengan kenyataan atau aslinya.


2. Jelaskan tentang Distorsi sebagai proyek lupa !

Jawaban:
Komunikasi politik dapat mengalami distorsi lupa, artinya sebagai sesuatu hal yang mampu dimanipulasi, lupa tersebut diciptakan tidak hanya untuk beberapa orang saja, akan tetapi juga untuk khalayak umum dan masyarakat luas.


3. Apa yang kamu ketahui mengenai Model Komunikasi Politik Harold Lasswell !

Jawaban:
Dalam model komunikasi politik ini, Lasswell memiliki ungkapan bahwa komunikasi berupa ungkapan-ungkapan verbal yang terdiri dari lima ungkapan yaitu, siapa, mengatakan apa, melalui saluran apa, kepada siapa dan akibat apa yang akan muncul.


4. Tuliskan pengertian komunikasi politik menurut Fagen (1966) !

Jawaban:
Fagen mengemukakan bahwa komunikasi politik ialah suatu aktivitas komunikasi yang dianggap politis berdasarkan konsekuensinya, keaktualannya, serta potensi yang dimiliki untuk dapat berfungsi dalam sistem politik.


5. Apa yang kamu ketahui mengenai Model Aristoteles !

Jawaban:
Komunikasi politik dengan model aristoteles merupakan model komunikasi yang paling klasik dalam ilmu komunikasi. Model klasik ini lebih berorientasi kepada pidato terutama pidato yang dapat memberikan pengaruh kepada orang lain.


6. Tuliskan pengertian komunikasi politik menurut Meadow (1980) !

Jawaban:
Komunikasi politik menurut Meadow adalah aktivitas dari setiap pertukaran simbol maupun pesan dan sebagian besar telah dibentuk oleh para aktor yang memiliki peran dalam komunikasi tersebut, komunikasi politik juga memiliki konsekuensi untuk sistem politik.


7. Apa yang kamu ketahui mengenai Model Komunikasi Politik Gudykunst dan Kim !

Jawaban:
Model komunikasi politik ini merupakan model komunikasi antar budaya, yaitu komunikasi terjadi di antara orang-orang yang berasal dari budaya yang berbeda atau komunikasi yang terjadi pada orang asing.


8. Tuliskan pengertian komunikasi politik menurut  Roelofs !

Jawaban:
Roelofs menyampaikan definisi dari komunikasi politik dengan lebih sederhana. Komunikasi politik menurut Roelofs ialah pembicaraan mengenai politik atau kegiatan politik yang dilakukan dengan berbicara.


9. Apa yang kamu ketahui mengenai Model Komunikasi Politik Interaksional !

Jawaban:
Dalam model komunikasi politik interaksional memiliki karakter yang non sistemik, non linier beserta kualitatif. Melalui model interaksional, komunikasi politik digambarkan sebagai pembentukan dari makna atau tafsir atas pesan maupun perilaku orang lain oleh peserta dari komunikasi.