Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal Materi Komunikasi Massa + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Komunikasi Massa

1. Bagaimana peran masyarakat dalam mencegah penyalahgunaan media massa?

Jawaban:
Peran masyarakat dalam mencegah dampak penyalah gunaan media masa diantaranya masyarakat harus lebih selektif dan tidak mudah percaya terhadap berita yang memuat unsur intimidasi kelompok terhadap kelompok lain.


2. Apa hubungan antara komunikasi massa dengan media massa?

Jawaban:
Komunikasi Massa (Mass Communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (Surat Kabar, Majalah) atau elektronik (radio, televisi) yang dikelola oleh suatu lembaga atau orang yang dilembagakan, yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar dibanyak tempat.


3. Apa manfaat media massa bagi pelajar?

Jawaban:
Berikut ini adalah manfaat media sosial dalam kegiatan belajar:
1. Memudahkan proses pembelajaran.
2. Membuat siswa lebih aktif, kreatif, dan mandiri. 
3. Wadah untuk bersosialisasi. 
4. Memperluas Jaringan Pertemanan.
5. Meningkatkan Motivasi. 
6. Meningkatkan Kepedulian.


4. Mengapa media massa sangat berpengaruh dalam proses sosialisasi?

Jawaban:
Media massa merupakan alat sosialisasi yang penting karena dapat membantu memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang norma-norma dan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Media massa seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, tabloid, film, dan lain-lain dapat memberikan model peranan jati dirinya.


6. Mengapa komunikasi massa disebut juga sebagai suatu institusi sosial?

Jawaban:
Dikatakan sebagai sebuah institusi sosial karena media massa merupakan budaya hasilcipta manusia, dimana ia berfungsi sebagai pengamat masyarakat (social control).


7. Mengapa komunikasi massa mengutamakan isi daripada hubungan?

Jawaban:
Komunikasi massa lebih mengutamakan isi dari pada hubungan karena komunikator dan komunikan hubungannya bersifat non-pribadi sehingga tidak perlu terjalin hubungan yang akrab.


8. Apa saja peran media massa?

Jawaban:
Berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, media massa berfungsi untuk menginformasikan, mendidik, menghibur, dan pengawasan sosial (social control) pengawas perilaku publik dan penguasa.


9. Mengapa media massa berbeda dengan media sosial?

Jawaban:
Media massa dan media sosial memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Perbedaan yang sangat mendasar adalah media sosial tidak memiliki izin/legalitas dalam penyebaran informasi seperti media massa, bahkan penyebar informasi melalui media sosial tidak jelas pelakunya.


10. Apakah komunikasi massa turut berperan dalam membentuk dan memelihara budaya yang berkembang dalam masyarakat?

Jawaban:
Media komunikasi massa mempunyai peranan penting dalam membentuk jati diri bangsa, disamping itu pula, memiliki peran yang dapat mengubah budaya di masyarakat sehingga nilai serta norma - norma terkadang melenceng dari aturan yang telah lama melekat dan akhirnya menjadi pandangan hidup bangsa.