Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Materi Varicella + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Varicella

1. Apakah orang yang terkena cacar air boleh makan telur?

Jawaban:
Konsumsi telur pada saat mengalami cacar air bukan merupakan suatu larangan. Terlebih tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi telur dapat memperparah cacar air. Namun berbeda bila mempunyai riwayat alergi telur, maka sebaiknya tidak mengonsumsinya


2. Bolehkah Caladine cair untuk cacar?

Jawaban:
Caladine Lotion merupakan produk yang mengandung calamine. Hadir dalam kemasan 95 ml, produk ini bisa mengatasi rasa gatal yang timbul akibat biang keringat. Cocok juga untuk mengatasi kulit gatal akibat cacar air.


3. Gimana rasanya cacar air?

Jawaban:
Lenting cacar air terasa sangat gatal yang sampai dapat menggangu aktivitas, termasuk saat tidur. Mulanya gejala ini muncul pada bagian wajah dan tubuh bagian depan, biasanya diawali dari area perut.


4. Kenapa cacar air lebih parah pada orang dewasa?

Jawaban:
Selain gejala yang lebih parah, cacar air pada orang dewasa bisa menimbulkan komplikasi, seperti pneumonia yang menyebabkan batuk terus-menerus, kesulitan bernapas, dan nyeri dada. Cacar air ini juga bisa memicu infeksi bakteri pada kulit dan peradangan pada otak atau ensefalitis.


5. Apa bedanya cacar api dan cacar air?

Jawaban:
Perbedaan dari keduanya yaitu pada cacar air lesi timbul di seluruh tubuh sedangkan pada cacar api di satu bagian dari tubuh. Selain lokasi juga terdapat perbedaan dari keluhan yang dirasakan, dimana pada cacar air gatal lebih dominan sedangkan cacar api terasa lebih nyeri.


6. Apakah cacar air bisa sembuh sendiri tanpa obat?

Jawaban:
Pada dasarnya, tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasi cacar air. Sebab biasanya penderita dapat sembuh dengan sendirinya tanpa ada obat cacar air yang spesifik. Kalaupun perlu pengobatan, itu hanya bertujuan untuk meringankan gejalanya saja - bukan mengobatinya.


7. Bagaimana cara mencegah virus varicella?

Jawaban:
Langkah pencegahan yang cukup efektif dalam menghindari terjadinya cacar air adalah dengan menjalani vaksinasi cacar air. Vaksinasi ini dianjurkan untuk anak kecil dan orang dewasa yang belum melakukan vaksinasi


8. Apa yang terjadi jika cacar air pecah?

Jawaban:
Lenting yang pecah juga berisiko meningkatkan penularan infeksi cacar air. Saat itu terjadi, lenting akan lebih banyak menyebar ke seluruh tubuh Anda.


9. Apakah cacar air harus keluar semua?

Jawaban:
Cacar air tidak selalu menyebabkan ruam yang banyak, terkadang ruam atau bercak yang muncul hanya sedikit. hal tersebut dapat dipengaruhi karena pengobatan awal yang anda lakukan, atau daya tahan tubuh yang baik.


10. Apakah semua orang pasti terkena cacar air?

Jawaban:
Tidak setiap orang atau anak dapat terkena penyakit cacar air. Namun, sebagian besar orang akan terkena cacar air. Hal ini disebabkan karena virus varicella zoster ini sangat mudah untuk ditularkan.


11. Apakah cacar air boleh terkena sinar matahari?

Jawaban:
Selama terkena cacar air anak sebaiknya di karantina di dalam rumah dan hindari sinar matahari. Selama masih mengalami infeksi, penting buat orangtua untuk menghindari anak dari sinar matahari karena kulit akan menjadi lebih rentan untuk terbakar.


12. Mengapa lenting cacar air tidak boleh digaruk? 

Jawaban:
Anda tidak dianjurkan untuk menggaruk lenting cacar air. Pasalnya, garukan akan menyebarkan kuman dari kuku tangan ke kulit dan bisa menimbulkan bekas cacar yang sulit hilang. Cobalah untuk menahannya, sebab rasa gatal akan mulai berkurang dalam 3–4 hari.