Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Sistem Periodik Unsur + kunci Jawaban

Soal (Uraian) Sistem Periodik Unsur

1. Mengapa periode 1 hanya 2 unsur?

Jawaban:
Periode 1 hanya berisi 2 unsur karena kulit pertama hanya berisi 1 subkulit (subkulit s) yang maksimal elektronnya 2. Periode 2 berisi 8 unsur karena kulit kedua terdiri dari 2 subkulit yaitu s dan p .


2. Berapa unsur periode 4?

Jawaban:
Periode 4 mengandung 18 unsur, dimulai dari kalium dan diakhiri oleh kripton. Sesuai kaidah, unsur-unsur periode 4 mengisi terlebih dahulu kulit 4s, disusul kulit 3d dan 4p, urutannya seperti itu.


3. Kenapa disebut golongan 8a?

Jawaban:
Golongan VIII A disebut golongan gas mulia karena unsur-unsur pada golongan tersebut sangat stabil dan sukar bereaksi. Hal itu disebabkan oleh elektron valensi unsur unsur tersebut yang sudah memenuhi kaidah oktet dan kaidah duplet untuk helium.


4. Bagaimana cara membedakan golongan A dan golongan B?

Jawaban:
Jadi, perbedaan untuk menentukan golongan A dan B terletak pada kulit terluarn dari konfigurasi elektronnya, untuk golongan A berakhir pada kulit ns x atau ns 2 np y , sedangkan golongan B berakhir pada ns x ( n − 1 ) d y.


5. N periode berapa?

Jawaban:
Atom N memiliki elektron valensi = 5, dan kulit terluarnya adalah 2, maka atom N terletak pada golongan VA, periode 2.


6. Apa nama unsur N?

Jawaban:
Nitrogen adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Unsur yang juga disebut sebagai zat lemas ini pertama kali ditemukan dan diisolasi oleh dokter berkebangsaan Skotlandia Daniel Rutherford pada tahun 1772.


7. Apa nama unsur dari H?

Jawaban:
Hidrogen (bahasa Latin: hydrogenium, dari bahasa Yunani: hydro: air, genes: membentuk), atau kadang disebut zat air, adalah unsur kimia pada tabel periodik yang memiliki simbol H dan nomor atom 1.


8. Apakah besi termasuk unsur?

Jawaban:
Besi adalah unsur kimia dengan simbol Fe (dari bahasa Latin: ferrum) dan nomor atom 26. Merupakan logam dalam deret transisi pertama. Ini adalah unsur paling umum di bumi berdasarkan massa, membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi.


9. Dimana letak nomor atom dan nomor massa?

Jawaban:
Pada umumnya, nomor massa dilambangkan dengan huruf yang biasanya terletak di kiri atas dari lambang atom. Berbeda dengan nomor massa, nomor atom adalah jumlah proton di dalam inti atom.


10. Bagaimana tata cara penulisan lambang unsur?

Jawaban:
Lambang unsur dinyatakan oleh satu huruf depan. Unsur dilambangkan dengan satu huruf pertamanya. Misalnya, unsur hidrogen yang memiliki nomor atom 1, berasal dari bahasa latin “hidrogenium”. Sehingga lambang unsurnya adalah huruf pertama nama latinnya, yaitu “H


11. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Sistem Periodik Unsur.

Jawaban:
Sistem Periodik Unsur adalah pengaturan unsur-unsur kimia berdasarkan pola periodik dari sifat-sifat kimianya. Unsur-unsur ditempatkan dalam tabel yang mengelompokkan mereka berdasarkan jumlah proton (nomor atom) dan tata letak elektron dalam kulit terluar.


12. Bagaimana Dmitri Mendeleev berkontribusi dalam pengembangan Sistem Periodik Unsur?

Jawaban:
Dmitri Mendeleev adalah ilmuwan Rusia yang mengembangkan versi awal Sistem Periodik Unsur. Dia mengatur unsur-unsur berdasarkan massa atom dan sifat-sifat kimianya. Ia juga memprediksi adanya unsur-unsur yang belum ditemukan pada waktu itu.


13. Apa yang dimaksud dengan periode dalam Sistem Periodik Unsur?

Jawaban:
Periode dalam Sistem Periodik Unsur adalah baris horizontal pada tabel periodik yang menunjukkan tingkat energi kulit terluar dari unsur-unsur. Setiap periode memiliki jumlah kulit elektron yang sama.


14. Jelaskan konsep "sifat periodik" dalam konteks Sistem Periodik Unsur.

Jawaban:
Sifat periodik merujuk pada pola yang berulang dalam sifat-sifat kimia dan fisika unsur-unsur dalam tabel periodik. Ini terjadi karena tata letak periodik elektron dalam unsur-unsur, yang mempengaruhi sifat-sifat seperti ukuran atom, afinitas elektron, dan kemampuan ionisasi.


15. Apa yang dimaksud dengan golongan dalam Sistem Periodik Unsur?

Jawaban:
Golongan dalam Sistem Periodik Unsur adalah kolom vertikal pada tabel periodik yang mengelompokkan unsur-unsur dengan sifat-sifat kimia serupa. Unsur-unsur dalam golongan yang sama memiliki konfigurasi elektron terluar yang serupa.