Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Soal Materi Sifilis + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Sifilis

1. Apakah sifilis sekunder bisa sembuh?

Jawaban:
Tahap sekunder dapat hilang dan sembuh dengan sendirinya. Untuk waktunya, bisa hilang dalam beberapa minggu atau muncul beberapa kali kemudian pergi selama setahun. 


2. Kapan sifilis sekunder muncul?

Jawaban:
Tanda dan gejala infeksi yang dapat ditemukan dalam 2 sampai 10 minggu setelah terinfeksi antara lain demam, ruam merah di telapak tangan dan kaki atau di bagian tubuh lainnya seperti penis, vagina, atau mulut, serta bercak di sekitar genital yang membasah.


3. Berapa lama pengobatan sifilis sekunder?

Jawaban:
Bagi primer dan sekunder, pengobatan dapat dilakukan dengan antibiotik melalui pemberian suntikan dengan biasanya dilakukan selama kurang lebih 14 hari.


4. Apa itu sifilis laten?

Jawaban:
Late latent syphilis adalah syphilis yang terjadi selama lebih dari 12 bulan. Stadium laten dari syphilis bisa terjadi dalam beberapa tahun. Stadium lanjut dari syphilis bisa terjadi pada 15% orang yang tidak mendapatkan pengobatan syphilis yang benar dan biasanya muncul 10 – 20 tahun setelah infeksi pertama terjadi.


5. Apakah sifilis laten bisa menular?

Jawaban:
Di tahapan ini, penderita sifilis tidak mengalami gejala klinis tertentu. Namun, di 12 bulan pertama sifilis laten terjadi, penderita masih dapat menularkan infeksinya. Setelah 2 tahun, infeksi tidak dapat menular lagi, meskipun bakteri penyebab sifilis masih ada di dalam tubuh.


6. Sifilis laten apakah berbahaya?

Jawaban:
Setelah 2-3 tahun, sifilis laten berkembang ke fase akhir yaitu sifilis tersier. Ini adalah tahapan sifilis paling berbahaya dan dapat menginfeksi berbagai organ vital seperti saraf, jantung, mata, telinga dan lain-lain. Gejala pada tahap ini muncul bertahun-tahun setelah tubuh terinfeksi pertama kali


7. Berapa lama sifilis laten sembuh?

Jawaban:
Gejala pada kondisi ini umumnya muncul berupa luka dengan 10 hingga 90 hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Pemulihannya memakan waktu sekitar 3 hingga 6 minggu.


8. Sifilis tersier apakah bisa sembuh?

Jawaban:
Untuk sifilis tersier dan pada wanita hamil, waktu pengobatan akan lebih lama dan menggunakan antibiotik yang diberikan melalui infus. Pengidap sifilis akan menjalani tes darah untuk memastikan agar infeksi telah sembuh dengan total, setelah menjalani pengobatan antibiotik.


9. Sipilis pada tahap tersier ditunjukkan dengan gejala seperti apa?

Jawaban:
Sifilis pada tahap tersier ditunjukkan dengan kerusakan organ permanen sehingga bisa berakibat fatal bagi penderitanya. Pada tahap ini, sifilis bisa berdampak pada mata, otak, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan sendi-sendi.


10. Apa pantangan sipilis?

Jawaban:
Baik sifilis dan gonore tidak berkaitan dengan makanan. Jadi tidak ada pantangan khusus dalam hal makanan.


11. Apa dampak dari penyakit sifilis?

Jawaban:
Selain itu, akibat penyakit sifilis pada tahap ini akan membuat penderitanya juga bisa mengalami demam, kerontokan rambut, nyeri otot, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening


12. Apa ciri ciri wanita kena sipilis?

Jawaban:
Luka keras dan tidak nyeri di dekat v4gina, anus, rektum, atau mulut. Ruam atau bercak kasar, coklat kemerahan, dan tidak gatal di telapak tangan atau kaki. Demam dan pembengkakan kelenjar getah bening. Sakit tenggorokan.


13. Dari mana datangnya sipilis?

Jawaban:
Selain melalui hubungan int1m, bakteri penyebab sifilis juga bisa menyebar melalui pajanan cairan tubuh penderitanya, contohnya melalui darah. Enggak cuma itu, jarum yang digunakan pada pengguna narkoba dengan jarum suntik atau penikmat seni tato tubuh hingga tindik, juga bisa menjadi media penyebaran penyakit ini