Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal Materi Penyakit Jantung + Kunci Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Penyakit Jantung

1. Apa penyebab jantung terendam air?

Jawaban:
Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya: Gangguan autoimun, seperti rheumatoid arthritis atau lupus. Kanker perikardium. Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat penurun darah tinggi, obat tuberkulosis, obat antikejang, obat kemoterapi


2. Apa ciri ciri penyempitan jantung?

Jawaban:
Beberapa gejala umum yang muncul akibat penyumbatan jantung meliputi:
1. Angina pektoris
2. Sesak napas
3. Pusing dan kelelahan
4. Serangan jantung


3. Apa yang terjadi jika jantung kita rusak adalah?

Jawaban:
Jika otot jantung mengalami kerusakan, maka jantung akan sulit memompa darah dengan baik. Akibatnya, pasokan darah ke organ-organ tubuh akan terganggu


4. Bagaimana cara minum obat jantung?

Jawaban:
Dua kali sehari. Untuk obat jantung dengan dosis 2 kali sehari, minumlah 1 kali saat sahur dan 1 kali saat berbuka. Bila ada obat yang harus dikonsumsi sebelum makan, minumlah obat 30 menit sebelum makan sahur atau 30 menit sebelum makan malam setelah berbuka.


5. Apakah penderita penyakit jantung harus minum obat seumur hidup?

Jawaban:
Penderita gagal jantung diwajibkan untuk rutin melakukan pemeriksaan dan mengonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter. Diketahui penderita penyakit gagal jantung diharuskan mengonsumsi obat setiap harinya. Bahkan obat-obat tersebut harus diminum seumur hidup.


6. Kenapa orang sakit jantung sering batuk?

Jawaban:
Gagal jantung dapat menyebabkan cairan menumpuk di paru-paru, di dalam, dan di sekitar saluran udara. Semuanya ini dapat menyebabkan penderita mengalami sesak napas, batuk, dan mengi yang mirip dengan tanda dan gejala asma.


7. Apakah pasang ring jantung sakit?

Jawaban:
Rasa sakit yang kemungkinan masih dirasakan setelah pemasangan ring jantung yaitu nyeri dada. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh pembuluh darah lain yang tidak dipasang ring sehingga Anda merasa itu adalah keluhan masalah jantung


8. Apakah penyakit Jantung boleh minum obat sakit gigi?

Jawaban:
Untuk orang dengan sakit diabetes dan jantung, obat parasetamol (dimana obat ini memiliki efek analgesik atau penghilang sakit yang cocok untuk sakit gigi) aman untuk diberikan. Obat ini merupakan obat bebas yang dapat diperoleh di apotek terdekat. Namun, obat tidak boleh dikonsumsi lama.


9. Apakah BPJS menanggung biaya pasang ring jantung?

Jawaban:
Bagi yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan, Anda bisa melakukan operasi pemasangan ring jatung tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Sebab, biaya pasang ring jantung kini sudah ditanggung BPJS.


10. Apakah umur 20 tahun bisa terkena serangan jantung?

Jawaban:
Serangan jantung di bawah usia 40 tahun memang termasuk kasus yang jarang. Namun itu bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Dari laman Cardio Metabolic Institute diketahui, kasus serangan jantung meningkat pada pasien berusia 20an hingga 30 tahun.


11. Berapa lama nyeri dada akibat penyakit jantung?

Jawaban:
Mengenai lama, nyeri dada dapat berbeda-beda tergantung berat-ringannya penyakit jantung yang diderita. Nyeri dada akibat penyempitan derajat ringan biasanya berlangsung kurang dari 20 menit. Sementara itu, nyeri akibat sumbatan total atau pada serangan jantung akut terjadi lebih dari 20 menit.


12. Berapa lama orang terkena serangan jantung?

Jawaban:
Rasa sakitnya bisa berlangsung sekitar 15-20 menit dan terjadi secara terus menerus. Timbul keringat dingin, tubuh lemah, jantung berdebar dan bahkan hingga pingsan.


13. Apakah kelelahan bisa menyebabkan penyakit jantung?

Jawaban:
Saat tubuh mengalami kecapekan maka tubuh akan bernapas lebih cepat dan lebih dalam untuk memasok oksigen lebih banyak. Kondisi ini tentu saja akan berpengaruh terhadap kerja jantung yang semakin berat. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya kram otot dan kram jantung yang membuat seseorang terkena serangan jantung.


14. Bolehkah orang sakit jantung makan tape?

Jawaban:
Penderita jantung koroner sebaiknya tidak mengonsumsi ubi, singkong, tape ketan, dan tape singkong karena mengandung gas dan alkohol.


15. Operasi jantung apa saja?

Jawaban:
Jenis-jenis Operasi Jantung
1. Operasi bypass (CABG)
2. Operasi Katup Jantung
3. Transplantasi Jantung
4. Maze Surgery
5. Angioplasti (PCI)
6. Implan Alat Pacu Jantung (pacemaker) atau Implantable Cardioverter Defibrillator (ICD)


16. Apakah USG jantung di cover BPJS?

Jawaban:
USG dapat ditanggung oleh BPJS kesehatan, namun harus ada indikasi medis dalam artian Anda disarankan langsung oleh dokter untuk melakukan USG dan bukan merupakan keinginan sendiri. Namun, jika USG atas keinginan sendiri dan tidak terdapat indikasi medis, maka tidak dapat ditanggung oleh BPJS.


17. Apa yang dirasakan sebelum serangan jantung?

Jawaban:
Mual ketika perut kosong atau penuh, merasa kembung atau sakit perut adalah gejala yang paling umum. Sakit perut sebulan sebelum serangan jantung mempunyai sifat episodik, sehingga bisa mereda dan kambuh dalam waktu singkat


18. Apa komplikasi penyakit jantung?

Jawaban:
Komplikasi merupakan gangguan yang muncul ketika suatu penyakit tertentu menjadi lebih parah dari kondisi sebelumnya. Hal ini bisa terjadi pada semua jenis penyakit, termasuk penyakit kardiovaskuler. Biasanya, ini ditandai dengan bertambah parahnya gejala penyakit jantung, seperti sesak napas dan nyeri dada.