Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal Materi Pengantar Ilmu Hukum + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Pengantar Ilmu Hukum

1. Bagaimana hukum berdasarkan sifatnya?

Jawaban:
Pembagian hukum menurut sifatnya, yaitu: Hukum yang imperatif, artinya hukum itu bersifat apriori harus ditaati, bersifat mengikat dan memaksa. Hukum yang fakultatif, artinya hukum itu tidak secara apriori mengikat dan bersifat sebagai pelengkap.


2. Hukum tidak tertulis apa namanya?

Jawaban:
Hukum dasar yang tidak tertulis (konvensi) tidak bertentangan dengan UUD dan berjalan sejajar. Bisa diterima oleh seluruh rakyat. Bersifat sebagai pelengkap sehingga memungkinkan sebagai aturan-aturan dasar yang tidak terdapat dalam UUD.


3. Mengapa ilmu hukum itu penting dipelajari?

Jawaban:
Tujuan utama adanya hukum tentu saja supaya keteraturan dalam masyarakat menjadi tertata. Memahami hukum baik secara umum maupun secara khusus bakal membuat rasa kesadaranmu meningkat. Hal tersebut tentu saja bakal membuat kamu mengerti karena dalam setiap aturan terdapat yang memiliki akibat bila dilanggar.


4. Apa contoh perbuatan hukum?

Jawaban:
Perbuatan hukum adalah perbuatan subyek hukum (orang atau badan hukum) yang secara sengaja dilakukan sehingga menimbulkan hak-hak dan kewajiban-kewajiban. Perbuatan yang dimaksud, misalnya membuat surat wasiat, membuat perjanjian, dan lain-lain.


5. Apa saja ciri-ciri hukum?

Jawaban:
Hukum memiliki ciri khas yang tetap dan tidak berubah-ubah, yaitu menjadi organ dari seragam peraturan-peraturan abstrak. Hukum juga bertindak untuk mengatur serangkaian kepentingan manusia dalam bertindak, sehingga siapapun yang melanggar atau bersalah akan mendapatkan sanksi.


6. Mengapa hukum itu bersifat abstrak?

Jawaban:
Norma hukum bersifat abstrak karena ditujukan kepada semua subjek yang terkait tanpa menunjuk atau mengaitkan dengan subjek konkret, pihak dan individu tertentu.


7. Asas hukum umum apa saja?

Jawaban:
Asas hukum umum ialah asas hukum yang berhubungan dengan seluruh bidang hukum, seperti asas restitution in integrum, asas lex posteriori derogat legi priori, asas bahwa apa yang lahirnya tampak benar, untuk sementara harus dianggap demikian sampai diputus (lain) oleh pengadilan


8. Apa saja syarat syarat hukum?

Jawaban:
1. Memiliki Sanksi dan Hukuman bagi pelanggar. 
2. Memiliki Dasar hukum dan Pasal Pasal. 
3. Tersusun secara sistematis dan mendasar sesuai ketentuan yang ada.


9. Apakah hukum itu bebas nilai atau tidak?

Jawaban:
Hukum diwajibkan bebas nilai, dan harus terbebas dan tidak tercemari oleh unsur-unsur yang bersifat ideologis. Namun pandangan tersebut dipandang scholten sebagai suatu upaya yang bisa membuat ilmu hukum menjadi makhluk tanpa darah.


10. Apa yang dimaksud dengan asas asas hukum?

Jawaban:
Prinsip atau asas hukum adalah pikiran dasar yang terdapat di balik sistem hukum. Dalam mempelajari ilmu hukum, kita tentu akan dihadapi dengan bermacam-macam prinsip atau asas hukum. Selain prinsip atau asas hukum, juga terdapat adagium hukum yang tidak kalah pentingnya.


11. Apa manfaat dari ilmu hukum?

Jawaban:
Manfaat Belajar Ilmu Hukum Di Indonesia:
1. Belajar ilmu hukum akan memberikan pengetahuan tentang peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan dunia ekonomi maupun perdagangan. 
2. Ilmu hukum juga bisa membantu penembakan mahasiswa untuk lulus dan masuk dunia kerja maupun berwirausaha


12. Apa tujuan utama dari norma hukum?

Jawaban:
Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap individu tidak bisa bertingkah laku seenaknya hingga merugikan orang lain. Oleh karena itu, kehadiran norma hukum berfungsi untuk menjadi pedoman (aturan) masyarakat dalam pergaulan sosial


13. Apa saja lapisan ilmu hukum?

Jawaban:
Jan Gijssels dan Mark van Hoecke membagi ilmu hukum dalam tiga lapisan, yakni dogmatik hukum, teori hukum dan filsafat hukum.


14. Apa itu hukum dalam arti sempit?

Jawaban:
Ilmu hukum dalam arti sempit, yaitu ilmu yang mempelajari makna objektif tata hukum positif yang disebut dogmatik hukum (ajaran hukum) (Radbruch).


15. Apa saja metode pendekatan hukum?

Jawaban:
Menelaah 5 Macam Pendekatan dalam Penelitian Hukum
1. Pendekatan Perundang-Undangan (Statute Approach) 
2. Pendekatan Kasus (Case Approach)
3. Pendekatan Historis (Historical Approach)
4. Pendekatan Komparatif (Comparative Approach)
5. Pendekatan Konseptual (Conceptual Approach)


16. Peristiwa hukum apa saja?

Jawaban:
Contoh peristiwa hukum: kelahiran, kematian, jual beli, dan sewa menyewa. 


17. Hukum apa yang tertua di masyarakat?

Jawaban:
Hukum adat adalah hukum yang tertua atau hukum yang pertama kali di kenal dalam kalangan masyarakat pada masa yang dulu, sesudah terbentuknya bumi dan di isi oleh sejumlah/sekelompok manusia, hukum yang pertama kali keluar adalah hukum adat (kebiasaan) yang mana setelah itu dikenal hukum secara agama