Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Materi Minyak Bumi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Minyak Bumi

1. Mengapa minyak bumi dianggap sebagai energi yang kurang ramah lingkungan?

Jawaban:
Eksploitasi minyak bumi mengakibatkan banyak hutan di tebang, aliran air dihentikan, dan aliran sungai dialihkan. Pasir yang diambil untuk diproses juga mengakibatkan kontur tanah menjadi lebih labil. Pada saat proses pengolahan minyak juga menyebabkan pencemaran udara.


2. Apa dampak tumpahan minyak di laut?

Jawaban:
Dampak terhadap tumpahan minyak dapat berdampak langsung terhadap organisma yang meliputi dampak lethal (kematian), sublethal, plankton dan ikan migrasi. Sedangkan dampak langsung dari kegiatan perikanan diantaranya adalah tainting (bau lantung), budidaya dan ekosistem.


3. Apakah minyak bumi merupakan hasil tambang?

Jawaban:
Bahan Tambang adalah jenis sumber daya alam yang berupa mineral radioaktif, mineral logam, mineral bukan logam, batuan, batubara termasuk bitumen padat dan batuan aspal, minyak dan gas bumi, dan panas bumi.


4. Bagaimana cara pengambilan minyak bumi dari sumbernya?

Jawaban:
Pengambilan minyak bumi dilakukan dengan cara eksplorasi, yaitu proses yang bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi geologi untuk menemukan dan memperkirakan cadangan minyak dan gas bumi pada wilayah yang ditentukan. Sehingga menghasilkan minyak mentah yang disebut crude oil.


5. Dari mana asal minyak tanah?

Jawaban:
Minyak tanah (minyak gas; bahasa Inggris: kerosene atau paraffin) adalah cairan hidrokarbon yang tak berwarna dan mudah terbakar. Diperoleh dengan cara distilasi fraksional dari petroleum pada 150 °C dan 275 °C (rantai karbon dari C12 sampai C15).


6. Apa pengganti minyak tanah?

Jawaban:
Penggunaan bioetanol gel 250 gram setara dengan penggunaan 1 liter minyak tanah.


7. Minyak tanah apakah beracun?

Jawaban:
Minyak tanah dapat menimbulkan keracunan sistemik/seluruh tubuh yang berbahaya jika dikonsumsi > 1-2 ml/kg berat badan. Pada dosis tersebut keluhan yang dapat timbul seperti batuk, napas mengi/bunyi, sesak napas, gangguan irama jantung, pembengkakan paru-paru yang dapat timbul 4-6 jam setelah paparan, hingga kejang


8. Mengapa minyak bumi tidak bisa terbarukan?

Jawaban:
Pembentukan minyak bumi berasal dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang tertimbun selama jutaan tahun. Hal inilah yang membuat minyak bumi tidak dapat diperbarui, sulit didapatkan, dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dihasilkan.


9. Bagaimana cara penanggulangan minyak di laut?

Jawaban:
Berbagai cara penanggulangan dilakukan seperti in-situ burning, penyisihan secara mekanis, teknik bioremediasi, penggunaan sorbent, dan penggunaan bahan kimia dispersan, serta metode lainnya tergantung kasus yang terjadi.


10. Mengapa limbah minyak dapat merusak ekosistem perairan?

Jawaban:
Senyawa minyak yang tidak larut di dalam air akan mengapung dan menyebabkan air laut menjadi berwarna hitam. Minyak yang mengapung ini akan menghalangi pertukaran gas dari atmosfer dan mengurangi kadar oksigen di dalam air.


11. Berapa kadar minyak yang dapat dibuang ke air laut?

Jawaban:
PPM minyak dalam limbah yang diolah tanpa pengenceran tidak boleh melebihi 15 ppm.


12. Mengapa minyak dikategorikan sebagai penyebab pencemaran terberat dan berbahaya?

Jawaban:
Limbah minyak merupakan bahan berbahaya dan beracun (B3), karena sifatnya, konsentrasi maupun jumlahnya dapat mencemarkan dan membahayakan lingkungan hidup, serta kelangsungan hidup manusia dan mahluk hidup lainnya.