Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

1. Apakah H2SO4 termasuk larutan elektrolit?

Jawaban:
Asam sulfat, H2SO4 merupakan zat elektrolit kuat.


2. Kenapa air banjir dapat menghantarkan arus listrik?

Jawaban:
Sebab, air murni tersebut kekurangan elektron bebas, partikel subatomik yang memiliki muatan negatif. Namun begitu, kenyataan di alam bebas, kebanyakan air telah bercampur dengan sedimen dan mineral, yang membuat molekul air mengalami ionisasi lalu menjadikan air tersebut dapat menghantarkan arus listrik.


3. Mengapa CH3COOH termasuk elektrolit lemah?

Jawaban:
Asam cuka (CH3COOH) bersifat elektrolit lemah karena asam cuka terurai sebagian menjadi ion-ionnya dan dibuktikan ketika percobaan dengan alat uji elektrolit larutan asam cuka dapat menyalakan lampu tetapi redup dan terdapat sedikit gelembung di sekitar elektroda.


4. Apakah pisang mengandung elektrolit?

Jawaban:
Kadar potassium atau yang sering disebut sebagai elektrolit Kalium cukup banyak terkandung dalam buah pisang.


5. Apa bedanya elektrolit dan cairan?

Jawaban:
Cairan tubuh adalah larutan yang terdiri dari air( pelarut) dan zat tertentu (zat terlarut). Elektrolit adalah zat kimia yang menghasilkanpartikel-partikelbermuatan listrik yang disebut ion jika berada dalam larutan.


6. Apa yang terjadi jika tubuh kelebihan elektrolit?

Jawaban:
Tubuh yang kekurangan atau kelebihan elektrolit dapat menimbulkan gangguan seperti detak jantung yang tidak teratur, diare, kram otot, tubuh lemas, dan kejang.


7. Apa fungsi larutan elektrolit bagi tubuh manusia?

Jawaban:
Elektrolit merupakan mineral dalam tubuh yang memiliki muatan listrik. Elektrolit memiliki fungsi untuk menjaga cairan dalam tubuh, menjaga keasaman darah (pH), dan membantu kerja fungsi otot.


8. Apakah air kelapa mengandung elektrolit?

Jawaban:
Minuman tinggi elektrolit yang pertama adalah air kelapa. Air kelapa kaya akan kandungan kalium dan sodium yang merupakan salah satu senyawa pembentuk elektrolit. Minuman ini juga mengandung elektrolit dalam jumlah yang tepat seperti sodium, potassium, kalsium, dan magnesium


9. Apakah madu mengandung elektrolit?

Jawaban:
Menurut Jenny Friedman, ahli diet asal AS kepada Time, madu juga mengandung banyak sekali vitamin, mineral, elektrolit, enzim, asam amino, dan flavonoid.


10. Apakah susu termasuk elektrolit?

Jawaban:
Larutan susu merupakan larutan non elektrolit karena didapatkan lampu tidak menyala dan tidak terdapat gelembung.


11. Apakah sukrosa merupakan larutan non elektrolit?

Jawaban:
Contoh larutan non-elektrolit antara lain yaitu: larutan urea, larutan sukrosa, larutan glukosa, larutan alkohol.


12. Apa sifat sifat larutan elektrolit dan non elektrolit?

Jawaban:
Larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit adalah sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya. Larutan elektrolit adalah larutan yang zatnya mampu menghantarkan arus listrik ketika dilarutkan dalam air, sedangkan larutan non-elektrolit adalah larutan yang zatnya tidak dapat menghantarkan arus listrik.


13. Apa yang menyebabkan suatu larutan bersifat elektrolit?

Jawaban:
Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Hal tersebut terjadi karena di dalam larutannya, terdapat ion-ion (sebagai partikel pengemban muatan listrik) yang bergerak bebas


14. Kenapa air aki termasuk elektrolit kuat?

Jawaban:
Air aki terbuat dari larutan asam sulfat. Larutan asam sulfat mengandung ion H+ dan SO42- yang dapat menghantarkan listrik dengan kuat. Sehingga, air aki termasuk ke dalam larutan elektrolit kuat.


15. KOH termasuk elektrolit apa?

Jawaban:
KOH termasuk jenis senyawa elektrolit kuat, yang mana ketika dilarutkan dalam air ( O) terurai menjadi ion-ion sehingga memiliki daya hantar listrik yang baik dan ketika proses elektrolisis terjadi larutan KOH cederung lebih panas


16. Apakah amonia termasuk larutan non elektrolit?

Jawaban:
Adapun elektrolit yang tidak memberikan gejala lampu menyala tetapi menimbulkan gelembung gas termasuk elektrolit lemah. Contohnya yaitu larutan amonia, larutan cuka,dan larutan H2S.