Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Infeksi Traktus Urinarius + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Infeksi Traktus Urinarius


1. Apa perbedaan infeksi ginjal dan infeksi saluran kemih?

Jawaban:
"Infeksi ginjal biasanya berkembang saat infeksi saluran kemih (ISK) tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Bakteri penyebab ISK bergerak naik ke ginjal dan menyebabkan gejala berbeda. Kedua jenis infeksi ini memiliki perawatan yang tidak jauh beda.


2. Bolehkah ISK minum jahe?

Jawaban:
Jahe merupakan obat yang efektif untuk infeksi saluran kemih. Jahe mengandung bahan aktif yang dikenal sebagai gingerol yang merupakan agen antibakteri yang dapat menghambat penyebaran bakteri dalam ginjal. Untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih, Anda dapat mengkonsumsi wedang jahe secara teratur.


3. Bolehkah minum teh saat infeksi saluran kemih?

Jawaban:
Sesungguhnya, tidak ada makanan atau minuman yang dilarang secara mutlak oleh penderita cystitis. Namun, konsumsi minuman yang bersifat asam, termasuk teh, kopi, alkohol, memang diketahui bisa memperburuk peradangan, termasuk peradangan di kandung kemih.


4. Kenapa infeksi saluran kemih bisa kambuh lagi?

Jawaban:
Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih berulang: Kebersihan organ intim tidak dijaga dengan baik sehingga menjadi tempat bakteri tinggal dan berkembang biak. Akibatnya, ISK bisa terjadi berulang. Sebelum dan sesudah aktivitas s3ksual tidak buang air kecil terlebih dahulu.


5. Berapa lama operasi batu ureter?

Jawaban:
Setelah alat mencapai kandung kemih, dokter akan melakukan sterilisasi melalui ujung ureteroskop dan mencapai area ureter. Proses tersebut biasanya memakan waktu hingga 30 menit. Kemudian untuk mengangkat atau memecahkan batu ginjal diperlukan waktu lebih lama, yaitu sekitar 90 menit.


6. Apa ciri ciri kandung kemih turun?

Jawaban:
Gejala Kandung Kemih Turun:
1. Tonjolan yang terlihat dan dapat dirasakan di v4gina. 
2. Kandung kemih tetap terasa tidak kosong usai buang air kecil. 
3. Inkontinensia urine. 
4. Rasa nyeri atau tertekan di vagin4, panggul, perut bagian bawah, selangkangan, atau punggung bagian bawah.


7. Uretritis menyerang penyakit apa?

Jawaban:
Berdasarkan penelitian, uretritis sering ditemukan pada orang dengan rentang usia 20-35 tahun. Peradangan pada uretra menyebabkan nyeri atau rasa seperti terbakar saat buang air kecil. Uretritis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dapat menular melalui hubungan s3ksual.


8. Kenapa uretra bisa luka?

Jawaban:
Penyebab Striktur Uretra:
Bekas luka tersebut dapat muncul akibat hal-hal berikut ini: Prosedur medis yang dilakukan dengan memasukkan alat ke uretra, seperti endoskopi saluran kemih atau brakiterapi pada pasien kanker prostat. Penggunaan kateter dalam jangka panjang. Operasi pengangkatan kelenjar prostat


9. Apakah Amoxicillin bisa mengobati uretritis?

Jawaban:
Amoksisilin digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih gonore tidak terkomplikasi, uretritis, sistitis, pielonefriti dan infeksi lainnya.


10. Dimana letak infeksi saluran kemih?

Jawaban:
Infeksi saluran kemih adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih mengalami infeksi. Organ tersebut bisa ginjal, ureter, uretra, atau kandung kemih. Namun, infeksi saluran kemih umumnya terjadi di uretra dan kandung kemih.


11. Apakah infeksi saluran kemih harus dioperasi?

Jawaban:
Apabila infeksi pada saluran kemih tidak segera ditangani dikhawatirkan akan menjadi masalah yang serius sehingga biasanya pilihan pengobatannya harus dengan operasi. Infeksi pada saluran kemih yang tidak ditangani dengan benar bisa memicu tumbuhnya tumor atau bahkan menjadi kanker.


12. Berapa kali dalam sehari normalnya buang air kecil?

Jawaban:
Normalnya, frekuensi buang air kecil adalah 4–8 kali sehari. Jika Anda terlalu banyak minum air, minum mendekati jam tidur, hingga mengonsumsi makanan dan minuman mengandung kafein, frekuensi buang air kecil akan meningkat


13. Di manakah letak titik penyempitan dinding ureter?

Jawaban:
Ureter merupakan saluran yang sempit dan memiliki tiga penyempitan, yaitu: pada saat keluar dari pelvis renalis (uteropelvical junction), pada saat ureter masuk ke dalam pelvis inlet, dan pada saat masuk ke dalam urinary bladder.


14. Berapa lama sembuh dari infeksi saluran kencing?

Jawaban:
Biasanya hanya beberapa hari. Gejala penyakit infeksi saluran kemih akan mereda setelah mengonsumsi obat antibiotik setelah beberapa hari. Meski begitu, konsumsi obat harus tetap harus dilanjutkan hingga habis


15. Batu ginjal sakitnya dimana?

Jawaban:
Gejala ringan hingga kuat yang umum muncul adalah sebagai berikut: Rasa nyeri hebat di punggung atau di bawah tulang rusuk. Nyeri di area selangkangan dan perut bagian bawah. Rasa sakit yang datang dan pergi dengan tingkat rasa sakit yang bervariasi


16. Apa itu sindrom uretra akut?

Jawaban:
Sindrom Uretra Akut (SUA) adalah presentasi klinis sistitis tanpa ditemukan mikroorganisme (steril), sering dinamakan sistitis bakterialis. Penelitian terkini SUA disebabkan mikroorganisme anaerob. Pada pria, presentasi klinis ISK bawah mungkin sistitis, prostatitis, epidimidis, dan uretritis.