Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Diabetes Mellitus + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Diabetes Mellitus

1. Diabetes menyerang pada usia berapa?

Jawaban:
Ahli mengingatkan bahwa penyakit diabetes tak hanya diderita orang dewasa atau lansia saja. Namun juga bisa dialami orang muda di bawah usia 30 tahun.


2. Kenapa Penderita diabetes Sering lapar dan haus?

Jawaban:
Diabetes membuat neurotransmitter, senyawa kimia pembawa pesan antar sel saraf, terganggu sehingga pasien menjadi mudah lapar dan seakan sulit untuk merasa kenyang


3. Apakah diabetes Bisa Menurun ke anak?

Jawaban:
Jika seorang ayah mengalami diabetes, maka kemungkinan anak mengalaminya juga adalah 1 dari 17, dikutip dari American Diabetes Association. Sementara jika yang diabetes adalah ibu dan ia melahirkan anak di bawah usia 25 tahun, risikonya yakni 1 dari 25.


4. Apakah penderita diabetes bisa makan mie instan?

Jawaban:
Mie Instan merupakan makanan yang tinggi akan karbohidrat, tinggi kalori, tinggi lemak, tinggi kandungan garam, serta terdapat pengawet makanan. Dokter Cahyo mengatakan bahwa semua kandungan tersebut tidak baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.


5. Apakah penderita diabetes boleh makan tempe goreng?

Jawaban:
Tempe adalah salah satu makanan yang baik bagi penderita diabetes.


6. Apakah madu baik untuk penderita diabetes?

Jawaban:
Pada pasien diabetes, madu asli dapat menurunkan kolesterol total, LDL dan CRP. Madu dapat dijadikan alternatif pemanis karena selain lebih baik metabolismenya, juga dapat meningkatkan kadar insulin dibandingkan sukrosa.


7. Rebusan daun apa untuk mengobati diabetes?

Jawaban:
Rebusan daun salam dapat diterapkan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus.


8. Kapan waktu yang tepat untuk cek gula darah?

Jawaban:
Tepatnya sebelum makan, sebelum berolahraga, sesudah berolahraga, sebelum tidur dan terkadang di malam hari. Selain itu, pengidap diabetes tipe 1 juga perlu melakukan cek kadar gula darah saat mengalami perubahan rutinitas, memulai jenis pengobatan baru, atau ketika sering mengalami gejala.


9. Berapa kali penderita diabetes makan dalam sehari?

Jawaban:
Selain jumlah, jadwal makan yang sudah ditentukan oleh dokter gizi juga harus dipatuhi, untuk menjaga kadar gula darah dalam keadaan stabil dan tidak fluktuatif maka penderita diabetes dianjurkan untuk makan besar tiga kali sehari, dan makan kecil atau selingan 2-3 kali sehari


10. Apakah penderita diabetes bisa makan bakso?

Jawaban:
Bakso sejatinya tidak dilarang mutlak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hanya saja, hal ini bisa jadi berbeda tergantung dari bahan penyusun dan cara pengolahan baksonya. Jika bakso dibuat menggunakan daging dan/ atau tepung yang mengandung lemak jahat dan karbohidrat sederhana, tentu sebaiknya ibu Anda membatasinya.


11. Apakah penderita diabetes boleh makan mie ayam?

Jawaban:
Menurut American Diabetes Association pasien diabetes tetap boleh mengonsumsi mi instan asalkan tidak melebihi kebutuhan asupan karbohidrat harian.


12. Apakah tahu boleh dimakan penderita diabetes?

Jawaban:
Tahu merupakan makanan nabati yang mengandung protein dari kedelai. Protein nabati sangat baik untuk penderita diabetes karena mengandung lemak sehat serta serat. Jadi, tentunya penderita diabetes boleh makan tahu!


13. Apakah ikan lele bagus untuk penderita diabetes?

Jawaban:
Kandungan magnesium dalam ikan lele dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis. Mineral ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda, salah satunya menurunkan risiko diabetes tipe 2.


14. Susu apa yang boleh diminum oleh penderita diabetes?

Jawaban:
Namun, jenis susu yang terbaik untuk pasien diabetes adalah susu almon atau susu flax seed. Baik susu almon maupun flax seed memiliki kandungan karbohidrat yang rendah (sekitar 1-2 gram dalam satu gelas susu).


15. Apakah timun bisa menurunkan kadar gula darah?

Jawaban:
Mentimun merupakan makanan yang tinggi serat dan rendah gula dan pati yang secara alami mampu membantu menurunkan gula darah Anda. Sebagai sayuran yang tinggi kadar air dan seratnya, mentimun memainkan peran penting dalam menurunkan gula darah.


16. Apakah penderita diabetes sering mengantuk?

Jawaban:
Diabetes juga dapat diketahui dari gejala nonklasik, seperti rasa cepat mengantuk, tidak ada gairah, dan kaburnya penglihatan. “Ya, kacamata sering berubah ukurannya, terus kaki sering merasakan kesemutan, tebal, atau mungkin nyeri. Kalau terjadi luka, sulit untuk sembuh