Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Soal Materi Cytomegalo Virus (Cmv) + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Cytomegalo Virus (CMV)

1. Apa itu penyakit CMV pada bayi?

Jawaban:
Virus cytomegalo atau disingkat dengan virus CMV adalah virus yang paling sering ditemukan pada bayi dengan gangguan aliran empedu. Salah satu gejalanya yaitu bayi tampak kuning. Warna kuning ini dapat ditemukan pada kulit bayi, bagian putih dari mata bayi, dan juga dapat ditemukan pada telapak tangan dan kaki bayi.


2. Pemeriksaan CMV untuk apa?

Jawaban:
Mendiagnosis infeksi CMV primer atau reinfeksi (pada wanita hamil dan janinnya), dan sebagai uji saring pada pasien transplantasi.


3. Cytomegalovirus menyerang organ apa?

Jawaban:
CMV disebabkan oleh infeksi Cytomegalovirus yang dapat menyebar dengan mudah melalui cairan tubuh seperti darah, air liur, urin dan air susu ibu yang dapat menyerang otak, paru-paru, usus, lambung, ginjal, hati, jantung, mata dan organ lain.


4. Berapa lama CMV sembuh?

Jawaban:
Umumnya gejala seperti flu yang disebabkan oleh cytomegalovirus akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 3 minggu. Namun, jika gejala tidak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, agar virus dapat terdeteksi dan ditangani sebelum menimbulkan komplikasi.


5. Apakah virus CMV menular?

Jawaban:
Virus CMV bisa menular melalui cairan tubuh. Cairan tersebut bisa seperti air liur, hubungan s3ksual, dan juga bisa melalui paparan kotoran atau tinja.


6. Apa itu pemeriksaan aviditas anti CMV IgG?

Jawaban:
Pemeriksaan Aviditas Anti-CMV IgG mendeteksi kekuatan ikatan antara antibodi IgG dengan CMV. Pemeriksaan ini membutuhkan sampel berupa darah yang diambil dari pembuluh darah vena di lengan.