Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Asuhan Kebidanan III (Nifas dan Menyusui) + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Asuhan Kebidanan III (Nifas & Menyusui) 

1. Kenapa ibu nifas tidak boleh keluar selama 40 hari?

Jawaban:
Karena selama 40 hari (pertama bayi), bayi diharapkan mendapatkan ASI yang mengandung antibodi untuk kekebalan tubuh bayi


2. Apakah parasetamol aman untuk ibu menyusui?

Jawaban:
Parasetamol merupakan obat penurun demam (antipiretik) dan anti nyeri (analgesik) yang umum digunakan di Indonesia. Obat ini termasuk dalam golongan asetaminofen dan aman untuk ibu menyusui. Obat ini tidak mengganggu produksi ASI dan efek yang diberikan dari obat ini pun tidak memengaruhi kesehatan bayi.


3. Faktor apa saja yang menentukan keberhasilan menyusui?

Jawaban:
Keberhasilan menyusui dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kecukupan nutrisi ibu menyusui, faktor kesiapan mental-psikologis ibu, dukungan dari keluarga dan suami, dan sebagainya. Bila faktor-faktor tersebut terpenuhi secara optimal maka proses menyusui tidak akan bermasalah.


4. Hormon apa saja yang berpengaruh pada masa nifas?

Jawaban:
Setelah melahirkan hormon estrogen, hormon progesteron dan hCG (human Chorionic somatomammotropin) menurun dan hormon prolaktin mulai meningkat merangsang alveoli mamae memproduksi air susu. Meningkatnnya hormon prolaktin sejalan dengan peningkatan hormon oksitosin.


5. Berapa ml ASI untuk bayi dalam sehari?

Jawaban:
Menurut penelitian, kebutuhan ASI bayi diperlukan sekitar 750 ml per hari (25 oz). Rata-rata bayi membutuhkan asupan ASI 570-900 ml per hari. Frekuensi menyusu ASI pada bulan pertama sekitar 8-12 kali per hari. Setelah berusia 1-2 bulan, frekuensi menyusunya cenderung akan berkurang menjadi 7-9 kali per hari.


6. Apakah makanan yang dikonsumsi ibu menyusui berpengaruh pada ASI?

Jawaban:
Makanan yang Ibu konsumsi akan memengaruhi ASI yang akan dikonsumsi si Kecil, ini memengaruhi rasa ASI, kualitas ASI dan komposisi di dalamnya. Hindari makanan berbumbu tajam atau pedas juga kafein karena bisa menjadi stimulan gangguan sistem pencernaan pada bayi seperti kembung, diare, alergi atau masalah lain


7. Apakah dexamethasone aman untuk ibu menyusui?

Jawaban:
Dexamethasone bisa terkandung dalam ASI, namun dengan dosis dexamethasone rendah jarang berpengaruh pada bayi yang meminum ASI nya. Namun, jika dexamethasone diminum dalam jangka waktu panjang dan dalam dosis besar (misalnya untuk pengobatan autoimun), biasanya dokter akan meminta untuk melakukan pemantauan pada bayi.


8. Apakah obat asam mefenamat aman untuk ibu menyusui?

Jawaban:
Konsumsi asam mefenamat untuk ibu menyusui sebenarnya aman. Namun, ada aturan penggunaan yang harus diperhatikan agar penyakit yang diderita teratasi dan terhindar dari efek samping yang membahayakan tubuh. Sebagaimana saat hamil, ibu menyusui juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan.


9. Apa obat panas dalam untuk ibu menyusui?

Jawaban:
Obat flu dan meriang yang aman untuk Ibu Menyusui
1. Parasetamol atau Acetaminophen
2. Ibuprofen
3. Dekstrometorfan
4. Bromhexine dan Guaifenesin
5. Amoksisilin
6. Seng Glukonat
7. Klorfeniramin dan Hidroksizin.


10. Salah satu gangguan psikologi apa saja yang bisa terjadi pada masa nifas?

Jawaban:
Gangguan psikologis yang dapat dialami oleh ibu pada fase ini adalah: 
(1) Kekecewaan pada bayinya 
(2) Ketidaknyamanan sebagai akibat perubahan fisik yang dialami 
(3) Rasa bersalah karna belum bisa menyusui bayinya 
(4) Kritikan suami atau keluarga tentang perawatan bayinya.


11. Cluster feeding itu apa?

Jawaban:
Pada dasarnya, jam makan dan porsi menyusui bayi dapat diprediksi sesuai dengan kebiasaan yang dilakukan. Namun, ketika nafsu menyusu bayi begitu tinggi dan terlihat terus kelaparan, hal ini disebut dengan cluster feeding.


12. Berapa jam sekali untuk memompa ASI?

Jawaban:
Rencanakan untuk memompa 8-10 kali dalam periode 24 jam. Produksi susu penuh biasanya 25-35 ons. (750-1.035 mL) per 24 jam; Setelah ibu mencapai produksi susu secara penuh, pertahankan jadwal ini.


13. Berapa lama ASI bertahan?

Jawaban:
ASI perah yang berada pada suhu ruang sekitar 25 derajat celcius akan bertahan hingga 6 jam. ASI perah yang disimpan dalam kotak pendingin dan ditambah ice pack akan bertahan 24 jam. ASI perah yang disimpan pada kulkas bagian lemari pendingin dengan suhu minimal 4 derajat celcius akan bertahan hingga 5 hari.


14. Apa yang harus dihindari saat menyusui?

Jawaban:
Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui adalah cokelat, ikan tinggi merkuri, buah-buahan asam, daun parsley, kacang-kacangan, dan daging mentah. Sementara, minuman yang tidak boleh untuk ibu menyusui adalah kopi, susu, dan alkohol.


15. Apa yang menghambat ASI?

Jawaban:
Berbagai Penyebab ASI Berkurang:
Teknik menyusui yang kurang tepat, misalnya kesalahan dalam pelekatan mulut bayi ke put1ng. Terlalu lama menunda untuk mulai menyusui. Efek samping obat-obatan tertentu, misalnya obat pilek atau KB hormonal. Jarang menyusui setelah melahirkan.