Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Asuhan Kebidanan II (Persalinan) + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Asuhan Kebidanan II (Persalinan)

1. Berapa jam pembukaan 1 sampai 4?

Jawaban:
Fase laten adalah tanda awal persalinan untuk pembukaan 1 sampai 4. Pada fase ini, jalan lahir mulai terbuka, ditandai dengan serviks menjadi lunak, tipis, dan melebar. Berikut adalah ciri-ciri pembukaan pada fase persalinan atau lahiran awal: Biasanya berlangsung sekitar 8-12 jam atau lebih


2. Berapa lama kala 2 persalinan?

Jawaban:
Kala II merupakan fase dari dilatasi serviks lengkap 10 cm hingga bayi lahir. Pada kala ini pasien dapat mulai mengejan sesuai instruksi penolong persalinan, yaitu mengejan bersamaan dengan kontraksi uterus. Proses fase ini normalnya berlangsung maksimal 2 jam pada primipara, dan maksimal 1 jam pada multipara


3. Bisakah pembukaan tanpa pecah ketuban?

Jawaban:
Mustahil kiranya jika bayi lahir tanpa pecah ketuban. Mungkin yang ada pada Anda adalah telah terjadi kontraksi kuat dan pembukaan jalan lahir lengkap namun ketubannya belum pecah. Hal ini bisa saja terjadi (normal) sehingga biasanya dokter atau bidan akan memecahkan ketubannya secara manual untuk melahirkan bayi.


4. Faktor apa saja yang mempengaruhi nyeri persalinan?

Jawaban:
Faktor yang memiliki hubungan signifikan terhadap nyeri persalinan yaitu umur, paritas, persepsi dan kecemasan. variabel independen yang paling berpengaruh yaitu paritas


5. Bagaimana cara mengejan yang baik dan benar?

Jawaban:
Ambil napas dalam-dalam ketika kontraksi datang, lalu tahan. Kencangkan otot perut dan mulai mengejan sampai hitungan ke-10. Ambil napas cepat dan mengejan kembali sampai hitungan 10, lalu ulangi satu kali lagi. Usahakan untuk mengejan sebanyak tiga kali setiap kali kontraksi.


6. Apa penyebab utama rasa nyeri pada persalinan?

Jawaban:
Rasa nyeri pada persalinan diakibatkan karena didalam tubuh melakukan aktifitas yang besar sebagai upaya untuk mengeluarkan janin. Rasa sakit atau rasa nyeri dari kontraksi dimulai dari bagian bawah punggung, menyebar ke bagian bawah perut bahkan mungkin menyebar hingga ke kaki.


7. Apa perbedaan partus lama dan partus tak maju?

Jawaban:
Partus lama ( partus tak maju )yaitu persalinan yang ditandai tidak adanya pembukaan serviks dalam 2 jam dan tidak adanya penurunan janin dalam 1 jam. Partus lama ( partus tak maju ) berarti meskipun kontraksi uterus kuat, janin tidak dapat turun karena faktor mekanis.


8. Berapa lama proses mengejan saat melahirkan?

Jawaban:
Pusatkan perhatian pada tubuh untuk memberi sinyal seberapa kuat Anda harus mengejan. Bagi ibu yang pertama kali melahirkan normal, tahap mengejan mungkin bisa menghabiskan waktu satu sampai dua jam. Setelah mengejan sebaiknya istirahat sebentar, tarik napas dalam-dalam sekali lagi, dan embuskan perlahan.


9. Apa saja yang dipantau pada kala 4?

Jawaban:
Pemantauan dilakukan pada tekanan darah, suhu dan tanda vital lainnya; tonus uterus dan kontraksi; tinggi fundus uteri; kandung kemih; serta pendarahan perv4ginam


10. Persalinan patologis apa saja?

Jawaban:
Macam-macam persalinan patologis yaitu persalinan preterm, ketuban pecah dini (KPD), gamelli, distosia bahu, disporposi kepal panggul (DKP), persalinan sungsang, dll.


11. Apa yang menyebabkan ibu hamil mengalami komplikasi persalinan?

Jawaban:
Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya komplikasi persalinan yaitu status kesehatan ibu yang buruk, status kesehatan reproduksinya, akses ke pelayanan kesehatan, serta prilaku kesehatan yang kurang baik dari ibu itu sendiri.


12. Apa perbedaan lahir normal dan caesar?

Jawaban:
“Melahirkan normal menurunkan risiko seperti pendarahan dan infeksi akibat pembedahan. Sedangkan metode caesar membuat ibu tidak perlu merasakan kontraksi berkepanjangan.


13. Apa yang dimaksud dengan panggul sempit?

Jawaban:
Cephalopelvic disproportion atau CPD adalah panggul sempit, yang dapat diartikan sebagai suatu kondisi di saat kepala atau tubuh janin terlalu besar dan tidak muat untuk melewati panggul. Ini adalah salah satu jenis komplikasi yang dapat terjadi saat persalinan.


14. Apa yang dimaksud dengan gentle birth?

Jawaban:
Gentle birth adalah sebuah filosofi dalam proses melahirkan, di mana proses melahirkan itu tenang, penuh kelembutan, serta memanfaatkan semua unsur alami dalam tubuh manusia.


15. 7 Langkah mekanisme persalinan normal?

Jawaban:
Tujuh gerakan kradinal presentasi puncak kepala pada mekanisme persalinan ialah engagement, penurunan, fleksi, putar paksi dalam, ekstensi, putaran paksi luar (restitusi) dan akhirnya kelahiran melalui ekspulasi


16. Berapa Lama fase laten?

Jawaban:
Fase laten berlangsung selama 8–12 jam. Fase ini ditandai dengan kontraksi ringan selama 30–45 detik, setiap 5–30 menit. Kontraksi ini kemudian berangsur-angsur menjadi lebih sering dan intensitasnya meningkat. Pada fase laten, serviks akan membuka 3–4 cm secara bertahap.