Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)

1. USG terakhir usia berapa?

Jawaban:
USG terakhir dilakukan pada usia kehamilan 36-37 minggu.


2. Bagaimana cara menghitung IMT ibu hamil?

Jawaban:
Berdasarkan panduan yang dikeluarkan oleh Academi Press di Wasington DC tahun 2009, rekomendasi peningkatan berat badan selama hamil ditentukan dari indeks massa tubuh (IMT) sebelum hamil. Cara menghitung IMT yaitu dengan rumus BB/TB 2 (BB dalam kg dan TB dalam meter).


3. Kenapa Lila diukur?

Jawaban:
Intinya, LiLA yang normal bisa menjadi tolok ukur status gizi ibu hamil. LiLA juga bisa menjadi salah satu acuan penting untuk mengetahui apakah janin mendapatkan asupan gizi yang cukup atau tidak. Dengan memiliki lingkar lengan atas normal, Bunda bisa menjalani kehamilan yang sehat dan nyaman


4. Apa yang menyebabkan Hb rendah pada ibu hamil?

Jawaban:
Salah satu penyebab ibu alami Hb rendah adalah kekurangan gizi. Ketika hamil, ibu membutuhkan asupan asam folat, zat besi, dan vitamin B12 dalam jumlah yang terbilang tinggi, sehingga kurangnya tiga asupan ini bisa mengakibatkan ibu mengalami Hb rendah


5. Apa dampak jika ibu hamil tidak melakukan ANC?

Jawaban:
Kurangnya kunjungan ANC ini bisa menyebabkan bahaya bagi ibu maupun janin seperti terjadinya perdarahan saat masa kehamilan karena tidak terdeteksinya tanda bahaya. Berbagai penelitian terkait ANC menyatakan bahwa keberhasilan ANC lebih berarti dapat menyelamatkan nyawa atau menurunkan AKI.


6. Apa itu P4K dalam kebidanan?

Jawaban:
Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan program pemasangan stiker, yang merupakan upaya terobosan percepatan penurunan angka kematian ibu. Melalui P4K dengan stiker yang ditempel dirumah ibu hamil, maka setiap ibu


7. Apa yang dimaksud dengan kohort ibu?

Jawaban:
Kohort ibu adalah sumber data pelayanan ibu hamil yang bertujuan untuk mempermudah bidan dalam mengidentifikasi masalah kesehatan ibu.


8. Apa yang dimaksud obstetri?

Jawaban:
Obstetri adalah cabang kedokteran yang berhubungan dengan kehamilan dan persalinan, termasuk proses sebelum, selama, dan setelah seorang wanita melahirkan.


9. TFU 3 jari dibawah pusat usia kehamilan berapa?

Jawaban:
Pada usia kehamilan 16 minggu, TFU berada pada pertengahan antara symphysis dan pusat. Pada usia kehamilan 20 minggu, TFU berada pada 3 jari di bawah pusat.


10. TFU 29 cm berapakah taksiran berat badan janin?

Jawaban:
Penentuan perkiraan berat janin dari tinggi fundus bukanlah pengukuran yang akurat. Namun dari tinggi fundus anda (29cm), perkiraan berat janin anda adalah sekitar 1600 gram.


11. Kapan waktu yang tepat air ketuban pecah?

Jawaban:
Pecah air ketuban umumnya terjadi menjelang persalinan. Hal ini bisa dirasakan bersamaan dengan tanda-tanda persalinan lain, seperti kontraksi yang makin lama makin kencang dan keluarnya lendir disertai darah dari v4gina.


12. Letak janin DJJ itu apa?

Jawaban:
DJJ adalah singkatan dari denyut jantung janin. Umumnya DJJ mulai dapat didengarkan dengan alat pada usia kehamilan 10-12 minggu. DJJ normal adalah antara 120-160x per menit. Tanda (+) artinya, DJJ janin Anda ditemukan dan dapat didengarkan denyutannya.


13. Apa itu reduksi urine pada ibu hamil?

Jawaban:
Urine reduksi adalah pemeriksaan uji laboratorium untuk mengetahui kadar gula pada pasien. Protein urine merupakan pemeriksaan uji laboratrium untuk mengetahui adanya protein didalam urine. Tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan pada ibu hamil.


14. Kapan plasenta mulai berfungsi?

Jawaban:
Plasenta sebenarnya baru terbentuk di awal kehamilan, yaitu saat usia kandungan memasuki 8-12 minggu. Plasenta memegang peranan penting karena menjadi penghubung antara ibu dengan janinnya.


15. Usia kehamilan dihitung dari apa?

Jawaban:
Usia kehamilan dihitung dari periode pembuahan sampai bayi lahir. Untuk menghitung usia kehamilan yang sederhana adalah dengan dasar hari pertama haid terakhir atau HPHT. Hitungan dengan cara ini mengasumsikan pembuahan terjadi pada hari ke-14 dalam siklus haid. Tingkat kesalahannya sekitar 2 minggu.