Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal Materi Teori Kriminologi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Teori Kriminologi

1. Apa itu teori retributif?

Jawaban:
Teori ini menganggap bahwa hukuman yang diberikan kepada sipelaku tindak pidana menjadi suatu pembalasan yang adil terhadap kerugian yang diakibatkannya, penjatuhan pidana pada dasarnya penderitaan pada penjahat dibenarkan karena penjahat telah membuat penderitaan bagi orang lain.


2. Apa yang dimaksud dengan dolus dan culpa?

Jawaban:
a) Delik dolus : delik yang memuat unsur kesengajaan, misalnya : Pasal 187, 197, 245, 263, 310, 338 KUHP UNIVERSITAS DHARMAWANGSA Page 7 19 
b) Delik culpa : delik yang memuat kealpaan sebagai salah satu unsur misal : Pasal 195, 197, 201, 203, 231 ayat 4 dan Pasal 359, 360 KUHP.


3. Apa hubungan ilmu psikologi dengan kriminologi?

Jawaban:
Hubungan psikologi dengan kriminologi adalah Pada era modern disebutkan bahwa ilmu kriminologi yang mengkaji dan membahas kejahatan dan penyimpangan tingkah laku manusia baik sebagai sebuah gejala sosial maupun Psikologi,


4. Faktor faktor apa saja yang memicu perkembangan kriminologi?

Jawaban:
Dua faktor yang memicu perkembangan kriminologi yaitu: 
1. Ketidak puasan terhadap hukum pidana, hukum acara pidana dan sistem penghukuman. 
2. munculnya penerapan metode statistik.


5. Apa itu teori Differential Opportunity?

Jawaban:
Pada dasarnya, teori Differential Opportunity berorientasi dan membahas penyimpangan di wilayah perkotaan. Penyimpangan tersebut merupakan fungsi perbedaan kesempatan yang dimiliki anak-anak untuk mencapai tujuan legal maupun illegal.


6. Bagaimana isi teori dari control theory?

Jawaban:
Teori ini dibangun atas dasar pandangan bahwa setiap manusia cenderung untuk tidak patuh pada hukum atau memiliki dorongan untuk melakukan pelanggaran hukum. Oleh sebab itu, para ahli teori kontrol menilai perilaku menyimpang adalah konsekuensi logis dari kegagalan seseorang untuk menaati hukum.


7. Apa itu teori anomi dalam kriminologi?

Jawaban:
Teori anomi merupakan salah satu teori dalam ilmu kriminologi, dimana teori ini membahas kondisi perantara yang menghubungkan organisasi sosial dengan kesusahan, individu dan perilaku menyimpang.


8. Faktor faktor apa saja yang menyebabkan meningkatnya kejahatan?

Jawaban:
ada banyak faktor penyebab yang bisa melatar belakangi seseorang melakukan tindakan kriminal, diantaranya yaitu : pertentangan dan persaingan kebudayaan, perbedaan idiologi politik, kepadatan dan komposisi penduduk, perbedaan distribusi kebudayaan, perbedaan kekayaan dan pendapatan, mentalitas yang labil.


9. Bagaimana sejarah perkembangan kriminologi?

Jawaban:
Konsep kriminologi pertama kali dikemukakan pada 427- 347 sebelum masehi, oleh Plato yang mengemukakan bahwa emas dan manusia merupakan sumber kejahatan


10. Sebutkan dan jelaskan aliran aliran dan teori teori apa saja yang berkaitan dengan kriminologi?

Jawaban:
Dalam kriminologi ada empat aliran yaitu:
1. Aliran klasik
2. Aliran Positif
3. Aliran neo klasik
4. Aliran kritis


11. Apa saja Paradigma kriminologi?

Jawaban:
Terdiri dari beberapa paradigma, yaitu :
1. Positivisme
2. biologis atau fisik seseorang.
3. Interaksionisme
4. Konflik
5. Pos Modern Kriminologi
6. Norma budaya


12. Apa itu teori restoratif?

Jawaban:
Prinsip dasar keadilan restoratif (restorative justice) adalah adanya pemulihan kepada korban yang menderita akibat kejahatan dengan memberikan ganti rugi kepada korban, perdamaian, pelaku melakukan kerja sosial maupun kesepakatan-kesepakatan lainnya.


13. Apa itu teori Pembalasan?

Jawaban:
“Teori pembalasan menyatakan bahwa pidana tidaklah bertujuan untuk yang praktis, seperti memperbaiki penjahat. Kejahatan itu sendirilah yang mengandung unsur-unsur untuk dijatuhkan pidana, pidana secara mutlak ada, karena dilakukan suatu kejahatan.


14. Bagaimana upaya mengatasi tindakan kriminal dengan cara preventif dan represif?

Jawaban:
Adapun pengertian dari preventif dan represif yaitu sebagai berikut : Cara preventif adalah cara penanggulangan dengan pola mencegah sebelum tindakan kriminal terjadi. Cara represif adalah cara penanggulangan dengan pola keras setelah terjadi tindakan kriminal.


15. Apa yang dimaksud dengan teori labeling dalam kriminologi?

Jawaban:
Labeling merupakan suatu teori yang muncul akibat reaksi masyarakat terhadap perilaku seseorang yang dianggap menyimpang. Seseorang yang dianggap menyimpang kemudian di cap atau diberi label oleh lingkungan sosialnya.


16. Apa itu teori kontrol sosial dalam kriminologi?

Jawaban:
Teori kontrol sosial berangkat dari anggapan bahwa individu di masyarakat mempunyai kecenderungan yang sama kemungkinannya, menjadi baik atau jahat seseorang anak remaja dalam lingkungan sosial.


17. Apa saja perspektif kriminologi?

Jawaban:
Secara rinci kriminologi dapat dipandang dalam tiga perspektif, yaitu sosiologis, herediter dan psikologis