Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Soal Materi Sosiologi Hukum + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Sosiologi Hukum

1. Indonesia menganut mazhab sosiologi hukum apa?

Jawaban:
Indonesia juga menjalankan sistem hukum yang sesuai dengan pemikiran para filsuf dengan aliran/ mazhab Positivisme. Aliran/mazhab Sociological Jurisprudence menekankan bahwasanya sistem hukum positif akan berjalan efektif apabilai sesuai kaidah dan norma yang hidup di masyarakat.


2. Siapa pendiri sosiologi hukum?

Jawaban:
Berkat buku Ein Beitrag zur Kritik des b├╝rgerlichen Rechts (1904), Renner dikenal sebagai salah satu pendiri disiplin sosiologi hukum. Dalam bukunya, Renner berpendapat bahwa pemisahan hukum publik dan privat adalah ciptaan kapitalisme.


3. Mengapa hukum perlu dikaji dalam perspektif sosiologi hukum?

Jawaban:
Karena hukum tercipta dan diciptakan oleh masyarakat untuk dijadikan pedoman bertingkahlaku anggota masyarakat dalam hubungannya dengan sesamanya. Selain itu, tentunya untuk menjaga keutuhan masyarakat itu sendiri.


4. Apa peran sosiologi hukum dalam pembentukan undang undang?

Jawaban:
Peranan dari Sosiologi Hukum dalam pembuatan undang-undang tidak hanya untuk menyelesaikan masalah penerimaan suatu pembaharuan, tetapi juga berperan segera setelah undang-undang diumumkan


5. Mengapa sosiologi hukum sangat bermanfaat dalam membantu perkembangan ilmu hukum?

Jawaban:
Proses dalam mengkaji sosiologi hukum mampu membuka dan meluaskan pandangan berpikir dalam memahami, menyelesaikan dan menganalisis berbagai masalah yang terjadi dan mampu meningkatkan perkembangan hukum yang ada di lingkungan masyarakat sosial.


6. Bagaimana terbentuknya sosiologi hukum?

Jawaban:
Sosiologi hukum untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh seseorang berkebangsaan Italia yang bernama Anzilotti pada tahun 1882. Sosiologi hukum pada hakikatnya lahir dari hasil-hasil pemikiran para ahli pemikir baik di bidang filsafat (hukum), ilmu hukum, maupun sosiologi (hukum).


7. Apa perbedaan ilmu hukum dan sosiologi hukum?

Jawaban:
Ilmu hukum adalah studi lapangan normatif, sedangkan sosiologi hukum merupakan studi atau kajian yang bersifat empirik. Sehingga sosiologi hukum yang memberikan sumbangsi terhadap ilmu hukum dapat dkatakan pendekatan empirik terhadap hukum.


8. Sosiologi hukum mencakup apa saja?

Jawaban:
Sosiologi hukum mencakup berbagai pendekatan untuk mempelajari hukum dalam masyarakat yang secara empiris mengkaji dan mengartikulasikan interaksi antara hukum, lembaga hukum, lembaga non-hukum dan faktor sosial.