Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Ruang Lingkup Geografi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Ruang Lingkup Geografi

1. Tuliskan apa sajakah prinsip geografi?

Jawaban:
Empat prinsip geografi terbagi menjadi empat, yaitu prinsip persebaran, interelasi, deskripsi, dan korologi atau keruangan.


2. Apa yang dimaksud dengan geografi kota?

Jawaban:
Secara GEOGRAFIS KOTA adalah suatu bentang budaya yang ditimbulkan oleh unsure-unsur alami dan non-alami dengan gajala pemusatan penduduk tinggi, corak kehidupan yang heterogen, sifat penduduknya individualistis dan materialistis.


3. Apa peran geografi dalam pariwisata?

Jawaban:
geografi yang mengkaji berbagai hal yang terkait dengan aktivitas perjalanan wisata, meliputi karakteristik destinasi (objek) wisata, aktivitas dan berbagai fasilitas wisata serta aspek lain yang mendukung kegiatan pariwisata di suatu daerah (wilayah).


4. Bagaimana konsep dasar ilmu geografi?

Jawaban:
Konsep-konsep esensial geografi tersebut meliputi: lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, aglomerasi, morfologi, nilai guna, interaksi dan interdependensi, diferensiasi area, dan keterkaitan keruangan.


5. Apa manfaat prinsip geografi?

Jawaban:
Sama seperti konsep geografi, prinsip geografi bertujuan untuk membantu kita dalam menganalisis dan memahami apa yang sebenarnya terjadi di sekitar. Pada dasarnya, geografi adalah ilmu yang mempelajari persebaran aktivitas di muka Bumi.


6. Apa perbedaan wilayah dan daerah geografi?

Jawaban:
Perbedaan antara wilayah, daerah dan kawasan adalah pada aspek geografis, administratif dan fungsional. Wilayah, meskipun pengertiannya lebih umum, lebih menyangkut aspek geografis, daerah lebih menyangkut aspek administrasi, dan kawasan lebih menyangkut aspek fungsional.


7. Apa yang dimaksud dengan geografi permukiman?

Jawaban:
Geografi Permukiman sebagai ilmu yang mempelajari perkembangan permukiman di suatu wilayah dalam lingkup skala mikro, meso, makro, dan sebarannya di permukaan bumi termasuk aspek adaptasi manusia terhadap lingkungan untuk menyesuaikan kebutuhan hidupnya dengan segala keunikannya.


8. Apa contoh prinsip persebaran?

Jawaban:
Contoh: persebaran penduduk yang tidak merata, persebaran sumber daya alam yang tidak merata, persebaran curah hujan yang berbeda antar wilayah, dan lain sebagainya.


9. Apa saja contoh prinsip deskripsi?

Jawaban:
Contoh prinsip deskripsi adalah grafik penduduk berusia produktif, peta persebaran gunung api di Indonesia, peta intesitas curah hujan


10. Apa saja contoh pendekatan keruangan?

Jawaban:
Contoh Pendekatan Keruangan:
1. Wilayah Indonesia merupakan pertemuan tiga lempeng besar sehingga sering terjadi gempa bumi. 
2. Gempa kuat yang terjadi di dasar Samudera Hindia menyebabkan terjadinya tsunami. 
3. Erupsi Gunung Merapi menyebabkan daerah sekitarnya tertutup abu vulkanik yang tebal.


11. Apa yang dimaksud kewilayahan geografi?

Jawaban:
Pendekatan kewilayahan merupakan kombinasi antara pendekatan keruangan dan kelingkungan,dalam mengkaji wilayah yang memiliki karakteristik wilayah yang khas dan dapat dibedakan satu sama lain.


12. Apa yang dimaksud dengan transportasi dalam geografi?

Jawaban:
Geografi transportasi adalah cabang dari geografi ekonomi yang mempelajari tentang pergerakan-pergerakan baik itu manusia/barang/jasa yang terjadi dalam suatu ruang permukaan bumi.


13. Apa fungsi prinsip deskripsi?

Jawaban:
Fungsi prinsip deskripsi digunakan untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang gejala-gejala yang terjadi di muka bumi yang dapat diamati. Prinsip deskripsi ini pada intinya memberikan penjelasan yang lebih mendalam mengenai karakteristik yang spesifik pada gejala-gejala geografi.


14. Apa pengertian geografi kesehatan?

Jawaban:
Geografi kesehatan merupakan bagian dari geografi manusia yang berhubungan dengan aspek-aspek geografi dari status kesehatan dan sistem pelayanan kesehatan.


15. Mengapa pendekatan keruangan menjadi ciri khas ilmu geografi?

Jawaban:
Karena geografi mengkaji ruang dan Ruang dalam perspektif geografi dapat dilihat dari struktur (spatial structure), pola (spatial pattern), dan proses (spatial process).


16. Apa saja contoh objek formal geografi?

Jawaban:
Salah satu contoh objek formal geografi adalah pengkajian mengenai fenomena kemiskinan di suatu wilayah. Berdasarkan pandangan objek formal geografi, fenomena kemiskinan tersebut dapat dianalisis dengan beberapa pertanyaan yang terdiri dari unsur 5W + 1 H, yakni what, where, when, why, who, dan how.