Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Penginderaan Jauh + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Penginderaan Jauh

1. Sebutkan apa saja manfaat penginderaan jauh bidang oseanografi?

Jawaban:
Manfaat Penginderaan Jauh di Bidang Oseanografi, di antaranya Pengamatan sifat fisis air, seperti suhu, warna, kadar garam, dan arus laut, Pengamatan pasang surut dengan gelombang laut (tinggi, frekuensi, arah) dan Pencarian distribusi suhu permukaan Studi perubahan pasir pantai akibat erosi dan sedimentasi.


2. Bagaimana teknik pengumpulan data dalam penginderaan jarak jauh?

Jawaban:
Umumnya, teknik-teknik pengindraan jauh memanfaatkan radiasi elektromagnetik yang dipancarkan atau dipantulkan oleh objek yang diamati dalam frekuensi tertentu seperti inframerah, cahaya tampak, dan gelombang mikro.


3. Apa perbedaan antara data visual dan data digital?

Jawaban:
Data digital adalah data hasil rekaman berbentuk angka berupa nilai spektral objek yang terekam oleh sensor, sedangkan data visual adalahdata hasil rekaman berupa foto atau gambar. Dengan demikian, perbedaan dari data visual dandigital adalah data visual berupa foto dan data digital berupa angka.


4. Bagaimana cara kerja sensor elektronik dalam penginderaan jarak jauh?

Jawaban:
Sensor Elektronik, bekerja berdasarkan sinyal elektrik yang dipantulkan dan dipancarkan oleh objek. Sinyal elektrik tersebut akan direkam oleh pita magnetik dan hasil perekaman oleh pita magnetik akan diolah menjadi citra dan data digital.


5. Bagaimana interaksi sumber tenaga dengan objek pada proses penginderaan jauh?

Jawaban:
Diantara komponen dari penginderaan jauh yaitu tenaga dan objek. terjadinya interaksi diantara kedua komponen tersebut diawali dari tenaga sebagai sumber cahaya yg menerangi objek kemudian diserap dan dipantulkan kembali keatmosfer dan di tangkap oleh sensor untuk direkam.


6. Dari mana diperoleh data digital?

Jawaban:
Data digital dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) bisa didapatkan salah satunya yaitu dari data satelit. Pencitraan satelit atau Fotografi angkasa adalah citra dari Bumi atau planet lain yang dikumpulkan oleh satelit pengamat Bumi yang dioperasikan oleh pemerintah atau perusahaan di seluruh dunia.


7. Apakah nama alat yang digunakan untuk penginderaan jauh?

Jawaban:
Ada dua alat, yaitu wahana dan sensor. Wahana merupakan tempat untuk meletakkan sensor. Wahana dapat berupa satelit, balon udara, atau pesawat terbang.


8. Apa hasil akhir dari penginderaan jauh?

Jawaban:
Kegiatan penginderaan jauh meliputi beberapa proses yang cukup rumit. Akan tetapi, proses akhir penginderaan jauh akan menghasilkan citra yang tersusun atas banyak pixel (picture element). Citra dihasilkan oleh pantulan gelombang oleh objek di permukaan bumi yang kemudian direkam oleh sensor penginderaan jauh.


9. Apa manfaat Penginderaan Jauh dalam pengembangan potensi daerah?

Jawaban:
Sementara itu, manfaat Penginderaan Jauh (PJ) terkait bidang analisis potensi wilayah adalah sebagai sumber data (citra) yang akan dijadikan bahan analisis kenampakan eksisting dilapangan.


10. Bagaimana peranan penginderaan jauh dalam kajian kesehatan lingkungan?

Jawaban:
Peranan penginderaan jauh dalam kajian kesehatan lingkungan adalah menyediakan informasi penyedia pelayanan kesehatan, mengawasi dan menganalisis penyebaran penyakit, investigasi risiko kesehatan di masyarakat, memonitor status kesehatan, membantu menanggulangi bencana, menyediakan informasi aksesibilitas


11. Siapa yang menciptakan penginderaan jauh?

Jawaban:
Pengindraan jauh dikemukakan oleh Liliesand and Kiefer pada tahun 1979.


12. Mengapa penginderaan jauh semakin banyak digunakan di era maju saat ini?

Jawaban:
Karakteristik obyek yang tidak tampak dapa diwujudkan dalam bentuk citra sehingga dimungkingkan pengenalan obyeknya. Citra dapat dibuat secara cepat meskipun untuk daerah yang sulit dijelajahi secara terrestria


13. Mengapa penginderaan jauh sangat penting untuk analisis jaringan transportasi?

Jawaban:
Penggunaan citra penginderaan jauh sangatlah bermanfaat dalam melakukan analisis jaringan transportasi karena lebih efisien kita hanya membutuhkan data citra kemudia dilakukan digitasi selanjutnya dapat dihitung menggunakan aplikasi GIS untuk melakukan analisisnya dan data lebih cepat didapatkan 


14. Bagaimana cara membedakan sebuah data termasuk data raster atau data vektor?

Jawaban:
Data raster adalah data spasial/keruangan permukaan bumi yang diperoleh dari citra perekaman foto/radar satelit. Data vektor adalah data yang berupa titik, garis dan area yang berbentuk polygon.


15. Apa perbedaan peta dan penginderaan jauh?

Jawaban:
Peta merupakan gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu. Penginderaan jauh merupakan ilmu dan seni untuk memperoleh informasi suatu objek dengan menggunakan alat atau tanpa kontak langsung dengan objek yang dikaji.