Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Materi Pencemaran Lingkungan + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Pencemaran Lingkungan

1. Dimana pencemaran air terjadi?

Jawaban:
Pencemaran air dapat terjadi pada sumber mata air, sumur, sungai, rawarawa, danau, dan laut. Bahan pencemaran air dapat berasal dari limbah industri, limbah rumah tangga, dan limbah pertanian.


2. Apakah yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan?

Jawaban:
Berdasarkan undang-undang nomor 4 tahun 1982, pengertian polusi adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau adanya perubahan tatanan lingkungan akibat dari kegiatan manusia dan proses alam.


3. Mengapa pencemaran tanah berdampak buruk pada makhluk hidup?

Jawaban:
Tanah sangat mudah mendapatkan perubahan kandungan kimiawi kemudian struktur di dalamnya sekalipun. Perubahan kandungan kimia pada tanah akan mengakibatkan perubahan metabolisme pada organisme yang hidup di dalam tanah. Akibatnya bisa menyebabkan putusnya rantai makanan.


4. Bagaimana dampak buruk pencemaran tanah bagi pertanian?

Jawaban:
Polusi tanah berakibat pada hilangnya lahan subur untuk pertanian, berkurangnya tutupan hutan, dan berkurangnya makanan ternak yang digembalakan. Selain rusaknya tanah, polusi tanah juga menyebabkan hilangnya humus, air tanah menjadi beracun, dan lainnya


5. Apa saja contoh pencemaran suara?

Jawaban:
1. Jenis polusi suara
2. Suara konstruksi.
3. Kendaraan bermotor.
4. Orang banyak.
5. Konser.
6. Pesawat terbang


6. Bagaimana cara pencegahan pencemaran cahaya?

Jawaban:
Cara mencegah polusi cahaya dapat dilakukan dengan menggunakan cahaya hanya saat diperlukan, pastikan cahaya yang digunakan tidak berlebihan. Lalu arahkan lampu hanya pada tempat ruang dituju untuk diterangi dan gunakan jenis lampu yang dianjurkan untuk mencegah polusi cahaya.


7. Penyakit apa saja yang disebabkan oleh lingkungan yang buruk?

Jawaban:
Berikut beberapa dampak polusi udara terhadap kesehatan manusia yang dirangkum dari berbagai sumber.
1. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
2. Asma atau Asthmatic bronchiale
3. Paru-paru basah atau pneumonia
4. Bronchopneumonia
5. Serangan jantung.


8. Mengapa pencemaran lingkungan masih tetap terjadi meskipun sudah ada AMDAL?

Jawaban: 
➡karena manusia tidak disiplin dalam menjaga lingkungan walaupun sudah ada AMDAL (analisis mengenai dampak lingkungan) lingkungan pun masih tercemar.


9. Mengapa dampak perubahan sosial mempengaruhi pencemaran lingkungan alam?

Jawaban:
karena, semakin banyak masyarakat lingkungan semakin tercemar akibat ketidak-pedulian meraka terhadap alam. karena sebagian besar manusia adalah penikmat alam, bukan pecinta alam.


10. Polusi sama pencemaran apakah sama?

Jawaban:
Zat dan bahan berbahaya penyebab polusi disebut dengan pencemar atau polutan sedangkan polusi adalah masuknya polutan ke lingkungan Jadi, pencemar dan polutan adalah hal yang sama.


11. Bagaimana suatu keadaan dikatakan mengalami pencemaran lingkungan?

Jawaban:
Suatu lingkungan hidup dikatakan tercemar apabila telah terjadi perubahan-perubahan dalam tatanan lingkungan itu sehingga tidak sama lagi dengan bentuk asalnya, sebagai akibat dari masuk dan atau dimasukkannya suatu zat atau benda asing ke dalam tatanan lingkungan itu.