Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Materi Pemanasan Global + Kunci Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Pemanasan Global

23. Apa peranan tumbuhan hijau dalam mengurangi dampak pemanasan global?

Jawaban:
Pohon mempunyai fungsi yang sangat penting dalam upaya meredam kenaikan gas rumah kaca penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. Seperti spons/busa, pohon menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dan makhluk hidup lainnya.


24. Apakah mengurangi konsumsi listrik termasuk upaya mengurangi pemanasan global?

Jawaban:
Benar, saat kita mengurangi konsum ilistrik kita juga melakukan upaya pengurangan pemanasan global.


25. Apa pengaruh pelestarian hutan bagi pemanasan global?

Jawaban:
Pohon-pohon yang ada di hutan menyerap karbon dioksida yang dihasilkan dari makhluk hidup atau gas rumah kaca seperti kendaraan, pabrik, dan lain sebagainya. Karbon dioksida yang ada di udara akan diubah menjadi oksigen. Penyerapan karbon dioksida ini akan mengurangi gas efek rumah kaca.


26. Bagaimana solusi rumah kaca?

Jawaban:
Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi efek rumah kaca antara lain : Efisiensi penggunaan energi listrik, dengan mematikan lampu yang tidak digunakan serta mencabut alat elektronik dari sumber listrik. Mengendalikan jejak karbon dengan mengurangi frekuensi menggunaan kendaraan bermotor pribadi.


27. Bagaimana Proses Pemanasan Global? 

Jawaban:
Pemanasan global diakibatkan karena pancaran atau radiasi matahari. Beberapa gas-gas yang ada di atmosfear bumi bertugas untuk menahan panas tersebut. Atmosfer bumi terdiri dari sekitar 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, dan 1 persen gas lainnya


28. Apakah ada manfaat dari pemanasan global?

Jawaban:
Global warming mampu menyediakan panas berlebih, ini artinya kita bisa memanfaatkannya untuk dikonversi menjadi bentuk energi lain, listrik misalnya. Melimpahnya panas bisa dikonversi menjadi energi. Makin panjang musim panasnya, tentu cadangan energi alternatif yang bisa didapatkan juga semakin banyak.


29. Apakah banjir skala besar merupakan penyebab pemanasan global?

Jawaban:
Banjir dalam skala besar adalah efek dari pemanasan global yang penyebab utamanya adalah naiknya permukaan laut.


30. Sebagai seorang siswa apa yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi pemanasan global?

Jawaban:
Usaha yang dapat dilakukan oleh siswa untuk mengurangi pemanasan global adalah menggunakan kendaraan umum untuk pergi ke sekolah. Matikan aliran listrik sesaat setelah digunakan, membawa bekal makanan dengan tempat makan sendiri agar tidak jajan dengan penggunaan banyak plastik.


31. Apa Hubungan pemanasan global dengan jumlah pohon yang ada di bumi?

Jawaban: 
pohon bisa mengurangi dampak pemanasan global karena pohon bisa menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida maka dengan banyaknya pohon maka tidak akan ada pemanasan global.


32. Jenis pohon apa yang dapat menanggulangi pemanasan global?

Jawaban:
Adapun cara mengatasi pemanasan global salah satunya melakukan penanaman, salah satunya tanaman hias, antara lain pohon ketapang dan pohon tabebuya.


33. Gas apa saja yang dapat memicu terjadinya pemanasan global?

Jawaban:
Pemanasan global terjadi akibat meningkatnya emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4), nitrogen oksida (NOx), chlorofluorocarbon (CFC) dan gas lainnya secara berlebihan di atmosfer.