Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Materi Kajian Dasar Geografi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Kajian Dasar Geografi

1. Bagaimana ciri aglomerasi?

Jawaban:
Salah satu ciri penting di dalam aglomerasi ialah tumbuhnya industri- industri yang menggunakan teknologi lebih maju, berkembangnya spesialisasi proses produksi pada perusahaan-perusahaan tersebut, dan kegiatan ekonomi antar industri yang saling terkait dan saling mendukung.


2. Apa yang dimaksud dengan konsep nilai kegunaan ?

Jawaban:
Nilai kegunaan adalah suatu konsep geografi yg terpusat pada unsurkegunaan atau potensi suatu wilayah bagi manusia dlm bentuk perorangan atau kelompok.Contohnya Daerah tropis bagus untuk menanam sayur dan buah.


3. Apa saja contoh konsep nilai kegunaan?

Jawaban:
Konsep nilai guna mengkaji tentang nilai suatu objek di permukaan bumi dalam kaitannya dengan pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya adalah pantai dengan ombak yang tinggi, seperti pantai di Pulau Nias dan Mentawai, sangat cocok untuk destinasi wisata selancar.


4. Apa yang dimaksud dengan konsep interaksi dan interdependensi?

Jawaban:
Konsep ini berkaitan dengan hubungan timbal balik atau saling ketergantungan antar wilayah. Contohnya hubungan antara desa dan kota. Warga kota membutuhkan makanan dari desa, sedangkan warga desa membutuhkan teknologi dari kota.


5. Apa hubungan antara interaksi dan interdependensi?

Jawaban:
Konsep interaksi dan interdependensi adalah konsep yang mengkaji hubungan timbal balik antar wilayah yang saling mempengaruhi dan saling melengkapi satu sama lain.


6. Apa yang dimaksud dengan konsep esensial geografi diferensiasi area berikan contohnya?

Jawaban:
Konsep ini menekankan pada daerah-daerah yang berada di muka bumi, berbeda antara satu dengan yang lainnya. Setiap wilayah memiliki karakteristik dan keunikannya sendiri yang khas. Contohnya adalah penduduk di daerah pantai.


7. Bagaimana cara membedakan konsep geografi nilai guna dan diferensiasi area?

Jawaban:
⇒ Konsep nilai kegunaan menganalisis peran potensi suatu wilayah bagi kepentingan manusia (baik dari aspek fisik, sosial, atau budaya). Sedangkan diferensiasi area hanya sebatas mengkaji perbedaan kenampakan fisik, sosial, dan budaya antar wilayah saja.


8. Apa perbedaan antara konsep morfologi dengan konsep diferensiasi area?

Jawaban:
Morfologi adalah konsep yang menjelaskan mengenai struktur luar dari batu-batuan yang menyusun bentuk morfologi permukaan bumi. differensiasi adalah konsep yang membandingkan dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah yang lain karena tiap wilayah memiliki khas masing-masing.


9. Apa yang dimaksud dengan konsep keterkaitan ruang?

Jawaban:
Konsep keterkaitan keruangan adalah keterkaitan antar suatu ruang dengan ruang lainnya baik secara geografis maupun sosial.


10. Apa contoh konsep keterkaitan keruangan?

Jawaban:
Contoh dari konsep keterkaitan ruang adalah pertumbuhan ekonomi yang pesat di Kota Makassar menjadikan daerah di sekitarnya, seperti Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, dan kabupaten Takalar juga mengalami perkembangan.


11. Apa itu konsep diferensiasi area dan contohnya ?

Jawaban:
Diferensiasi area menggambarkan keunikan atau karakteristik antara wilayah satu dengan yang lainnya. Contoh konsep ini misalnya masyarakat yang tinggal di pesisir bekerja sebagai nelayan, sedangkan warga pegunungan biasanya bekerja di kebun atau ladang