Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

25 Soal Materi Industri + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Industri


1. Apa sajakah yang menjadi faktor pendukung dalam suatu industri?

Jawaban:
Suatu industri dapat berdiri tidak terlepas dari keberadaan faktor pendukung, diantaranya: faktor fisik, meliputi lahan, bahan mentah atau bahan baku, dan sumber tenaga/ energi, dan faktor sosial yaitu suatu industri tidak terlepas dari teknis ekonomi antara lain: pasar, tenaga kerja, sarana transportasi 


2. Apa saja contoh industri primer?

Jawaban:
Industri primer, adalah industri yang barang-barang produksinya bukan hasil olahan langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu. Contohnya adalah hasil produksi pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan sebagainya.


3. Bagaimana manfaat industri terhadap dunia usaha?

Jawaban: 
Manfaat industri terhadap dunia usaha adalah dapat saling melengkapi antara fungsi-fungsi sosial dan ekonomi serta industri juga dapat membantu perkembangan usaha.


4. Siapa penemu teori lokasi industri?

Jawaban: 
Teori lokasi industri dikemukakan oleh Alfred Weber yang merupakan seorang ahli ekonomi asal Jerman. Alfred Weber mengemukakan teori lokasi yang didasarkan pada hubungan lokasi dengan biaya terendah (least cost location).


5. Apa dasar lokasi didirikan di kawasan industri?

Jawaban:
Menurut teori Weber, pemilihan lokasi industri didasarkan atas prinsip minimisasi biaya. Weber menyatakan bahwa lokasi setiap industri tergantung pada total biaya transportasi dan tenaga kerja, dimana penjumlahan keduanya harus minimum.


6. Mengapa industri negara Jepang maju?

Jawaban:
Faktor pendukung majunya industri Jepang sebagai berikut: Memiliki modal yang besar. Memiliki pemasaran yang luas dari dalam dan luar negeri. Pendapatan perkapitanya tinggi. Tenaga ahli yang terampil Sistem transportasi yang baik dan memadai.


7. Bagaimana peranan kondisi pasar dalam penentuan lokasi industri?

Jawaban:
Lokasi industri yang dekat dengan pasar mengurangi resiko terjadinya barang rusak di perjalanan dan dapat mengurangi biaya transportasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kondisi pasar sangat berperan penting dalam penentuan lokasi industri, lokasi industri lebih baik dekat dengan daerah pemasaran.


8. Apa tujuan teori lokasi industri?

Jawaban:
Teori ini dimaksudkan untuk menentukan suatu lokasi industri dengan mempertimbangkan risiko biaya atau ongkos yang paling minimum.


9. Faktor-faktor apa saja yang dibutuhkan untuk menentukan lokasi industri?

Jawaban:
Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi pabrik seperti lokasi pasar, sumber bahan baku, tenaga kerja, listrik, air, akses transportasi, sikap masyarakat, serta peraturan pemerintah setempat.


10. Sepatu termasuk industri apa?

Jawaban:
Industri footwear Indonesia merupakan industri hilir dari industri perkulitan , karena industri ini melakukan proses pengolahan kulit menjadi sepatu.


11. Apa saja yang mempengaruhi kekuatan dalam persaingan suatu industri?

Jawaban:
Lima kekuatan yang mempengaruhi persaingan dan profitabilitas sebuah industri termasuk: Daya tawar pemasok. Daya tawar pembeli. Ancaman masuknya pendatang baru dari luar atau hambatan masuk.


12. Apa saja yang biasanya menjadi alasan bagi pemilik perusahaan dalam memilih lokasi industri?

Jawaban:
Faktor-faktor Penentuan Lokasi Pabrik:
1. Tersedia tenaga kerja dan tenaga ahli.
2. Tersedia fasilitas.
3. Tersedia transportasi.
4. Tersedia masukan.
5. Tersedia jasa-jasa.
6. Kecocokan tanah dan iklim.
7. Peraturan-peraturan regional.
8. Ruangan untuk perluasan.


13. Mengapa suatu industri berorientasi pada sumber tenaga?

Jawaban:
Industri dapat berorientasi pada tenaga kerja karena industri tersebut biasanya merupakan industri kecil yang proses pengolahan produknya lebih mengandalkan tenaga manusia dari pada mesin. Industri tersebut juga biasanya membutuhkan tenaga kerja yang banyak dengan pemberian upah yang murah.


14. Mengapa industri harus dekat dengan bahan baku?

Jawaban:
Faktor-faktor yang menyebabkan suatu industri didirikan dekat dengan lokasi bahan baku diantaranya: Bahan baku yang digunakan mudah rusak. Biaya angkut bahan baku lebih mahal dibandingkan biaya angkut barang jadi. Volume bahan baku lebih berat dibandingkan barang jadi.


15. Jelaskan apa yang dimaksud dengan aglomerasi industri?

Jawaban:
Aglomerasi industri adalah suatu tindakan pemusatan industri di suatu kawasan khusus yang bertujuan untuk pengoptimalan industri berkaitan erat dengan penempatan kawasan industri. Industri sendiri harus ditempatkan di suatu lokasi yang dapat menunjang kegiatannya dengan baik.


16. Apa manfaat dari kawasan industri?

Jawaban:
Kawasan industri di Indonesia dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk menyediakan lapangan pekerjaan, meningkatkan perekonomian dan persaingan pasar. Akselerasi industri ini mampu memberikan kerangka institusi, infrastruktur modern dan layanan yang tidak bisa didapatkan di ranah lainnya di Indonesia.


17. Mengapa masuknya pendatang baru menjadi ancaman pada lingkungan industri?

Jawaban:
Pendatang baru dapat membahayakan perusahaan-perusahaan yang telah ada, karena menghasilkan kapasitas produksi tambahan, dimana kapasitas tambahan ini akan menekan agar biaya bagi pembeli rendah, yang mengakibatkan turunnya penjualan dan laba bagi perusahaan yang ada dalam industri tersebut.


18. Bagaimana menentukan daya tarik laba jangka panjang di dunia industri?

Jawaban:
Ada lima kekuatan yang menentukan daya tarik laba jangka panjang intrinsic dari suatu pasar atau segmen meliputi : pesaing industri, pendatang potensial, substitusi, pembeli dan pemasok.


19. Mengapa pemilik perusahaan lebih senang mendirikan industri di lahan pertanian?

Jawaban:
1. Sebagian besar lahan strategis tersebut merupakan lahan pertanian. 
2) Harga lahan pertanian relatif lebih murah dibandingkan dengan lahan terbangun. 
3) Pembangunan industri memilih akses yang lebih mudah. 
4) Industri dibangun dekat dengan bahan baku lahan pertanian menjadi pilihan yang baik.


20. Seorang pengusaha pasti sudah memikirkan sebelum mendirikan industri apa yang menjadi alasan seorang pengusaha mendirikan industri di pinggir kota?

Jawaban:
Alasan yang sesuai berdasarkan pemilihan lahan di pinggir kota tersebut adalah karena aksesnya mudah. Daerah pinggiran kota akan terhindar dari kemacetan sehingga distribusi barang dan produk akan lebih cepat dan lancar, termasuk pemasokan bahan baku dari daerah lain.


21. Yang termasuk syarat berdirinya industri?

Jawaban:
Syarat-syarat berdirinya suatu industri, antara lain: Tersedia bahan mentah atau bahan baku yang cukup. Tersedia tenaga kerja baik tenaga ahli maupun tenaga di bidang produksi. Tersedia pasar (konsumen) baik di dalam negeri maupun diluar negeri.


22. Faktor faktor apakah yang menyebabkan terjadinya gejala aglomerasi industri?

Jawaban:
Faktor-faktor yang memengaruhi aglomerasi industri adalah:
1. Adanya persamaan lokasi usaha yang berdasarkan pada konsumen tertentu 
2. Adanya wilayah pusat pertumbuhan industri yang disesuaikan dengan tata ruang dan tata wilayah 
3. Adanya kerja sama dan saling membutuhkan dalam menghasilkan suatu produk Terkonsentrasinya 


23. Mengapa industri terkonsentrasi di wilayah tertentu atau tidak merata?

Jawaban:
Industri yang terkonsentrasi secara geografis disebabkan karena skala ekonomi. Sedangkan keanekaragaman industri mendorong eksplorasi dan mencegah stagnasi sehingga berperan dalam penyebaran pengetahuan (knowledge spillover) dan pertumbuhan regional.


24. Jelaskan apa yang dimaksud dengan industri primer sekunder dan tersier?

Jawaban:
Sektor primer menyediakan bahan baku dari sumber daya alam seperti pertanian, perhutanan, pertambangan, dan perikanan. Sektor sekunder menghasilkan produk jadi yang dapat digunakan. Dan sektor tersier adalah sektor yang mencakup industri jasa.


25. Bagaimana cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengurangi dampak negatif kemajuan teknologi dibidang industri yang banyak mendirikan pabrik di perkotaan?

Jawaban:
1. pemilihan lokasi agar berjauhan dengan permukiman penduduk.
2. mencegah terjadinya pencemaran lingkungan misalnya pengelolaan limbah secara bijak.
3. memastikan tidak ada sampah yang terbuang.
4. penghijauan disekitar industri.
5. dan lain-lain