Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal Materi Hukum Telematika + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Hukum Telematika

1. Apa perbedaan cyber law dan cyber crime?

Jawaban:
Cybercrime adalah tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan perantara alat elektronik atau internet. Sedangkan digital Law adalah sebuah aturan atau hukum yang dibuat untuk menangani atau mengatasi cybercrime. 


2. Kasus cyber crime apa yang belum diatur secara detile dalam UU ITE?

Jawaban:
Dari hasil kajian terlihat bahwa masih ada bentuk cyber crime yang belum diatur dalam UU ITE, di antaranya adalah spamming, yang tidak menimbulkan kerugian secara ekonomis namun menimbulkan gangguan dan perasaan tidak menyenangkan pada pihak korban.


3. Ruang Lingkup cyber law ada berapa?

Jawaban:
Ruang lingkup cyber law meliputi hak cipta, hak merek, pencemaran nama baik, penistaan, penghinaan, hacking, transaksi elektronik, pengaturan sumber daya internet, keamanan pribadi, kehati-hatian, kejahatan IT, pembuktian, penyelidikan, pencurian lewat internet, perlindungan konsumen dan pemanfaatan internet


4. UU No 11 Tahun 2008 Tentang apa?

Jawaban:
(1) Setiap Orang berhak menggunakan jasa Penyelenggara Sertifikasi Elektronik untuk pembuatan Tanda Tangan Elektronik. (2) Penyelenggara Sertifikasi Elektronik harus memastikan keterkaitan suatu Tanda Tangan Elektronik dengan pemiliknya.


5. Kejahatan siber apa saja?

Jawaban:
Jenis-jenis Kejahatan Cyber Crime
1. Identity Theft
2. Kejahatan Phishing
2. Kejahatan Carding
3. Serangan Ransomware
4. Penipuan Online
5. SIM Swap
6. Peretasan Situs dan Email
7. Kejahatan Skimming


6. Tindakan seperti apakah yang bisa dianggap sebagai kejahatan komputer?

Jawaban:
Kejahatan yang dilakukan dengan memasuki/menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara tidak sah, tanpa izin atau tanpa sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan komputer yang dimasukinya. Biasanya pelaku kejahatan (hacker) melakukannya dengan maksud sabotase ataupun pencurian informasi penting dan rahasia.


7. Apa hak warga digital?

Jawaban:
Hak asasi digital dipahami sebagai sekumpulan hak-hak masyarakat untuk mengakses, menggunakan, menciptakan, menyebarluaskan kerja digital, serta untuk mengakses dan menggunakan komputer dan perangkat elektronik lainnya, termasuk jaringan komunikasi, khususnya internet.


8. Apa saja kode etik sebagai warga digital?

Jawaban:
Etika kewargaan digital dengan baik dan benar yaitu menggunakan bahasa dan penulisan kata yang baik pada saat mempublikasikan di media sosial agar tidak menyinggung pihak lain, memberikan informasi yang sesuai dengan fakta dan tidak memuat konten yang mengandung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).


9. Apa fungsi digital Law?

Jawaban:
Tujuan dibuat digital law sudah sangat jelas yaitu untuk mengurangi berbagai macam kasus kejahatan di dunia maya. Digital law merupakan salah satu dasar hukum yang akan digunakan untuk menangani berbagai macam kejahatan yang berkaitan dengan sarana elektronik dan komputer


10. Apa isi Pasal 28 ayat 1 UU ITE?

Jawaban:
Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00