Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Materi Hukum Perdata + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Hukum Perdata

1. Saksi perdata minimal berapa?

Jawaban:
Batas minimal alat bukti saksi sekurang-kurangnya dua orang saksi karena kalau satu orang saksi bukan merupakan saksi


2. Hukum perdata apa sanksinya?

Jawaban:
Jadi, dalam ranah hukum perdata, bentuk sanksi hukumnya dapat berupa: Kewajiban untuk melakukan suatu perbuatan tertentu yang diperintahkan oleh hakim; Hilangnya suatu keadaan hukum, yang diikuti dengan terciptanya suatu keadaan hukum baru.


3. Hukum perdata bersifat apa?

Jawaban:
Berbeda dengan hukum pidana, hukum perdata sendiri bersifat privat, yang menitikberatkan dalam mengatur mengenai hubungan antara orang perorangan, dengan kata lain menitikberatkan kepada kepentingan perseorangan.


4. Apakah hukum bisa digugat?

Jawaban:
Berdasarkan uraian dan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa suatu putusan perkara pidana yang telah berkekuatan hukum tetap dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengajukan gugatan perdata berupa perbuatan melawan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 1365 KUH Perdata.


5. Apa isi pasal 1238 KUH Perdata?

Jawaban:
Untuk wamprestasi diatur Pasal 1238 KUHPerdata: “Debitur dinyatakan Ialai dengan surat perintah, atau dengan akta sejenis itu, atau berdasarkan kekuatan dari perikatan sendiri, yaitu bila perikatan ini mengakibatkan debitur harus dianggap Ialai dengan lewatnya waktu yang ditentukan”.


6. Apa dasar berlakunya hukum perdata?

Jawaban:
Adapun dasar hukum berlakunya Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tersebut adalah Pasal 1 Aturan peralihan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang selengkapnya berbunyi “Segala peraturan perundang-undangan yang ada masih tetap berlaku selama belum diadakan yang baru menurut Undang-Undang Dasar ini


7. Pasal 1365 KUH Perdata tentang apa?

Jawaban:
Menurut Pasal 1365 KUHPerdata, setiap orang yang melakukan perbuatan melanggar hukum diwajibkan untuk mengganti kerugian yang timbul dari kesalahannya tersebut.


8. Berapa biaya pengacara untuk kasus perdata?

Jawaban:
Jadi Berapa Tarif Pengacara Perdata Sebenarnya? Untuk memperoleh besaran fee jasa Advokat tersebut, umumnya antara 10% – 20 % persen dari nilai perkara perdata. Walaupun bisa juga dikenakan lebih dari itu, dengan dasar pertimbangan tingkat kerumitan perkara tersebut.


9. Apa itu unsur perdata?

Jawaban:
Unsur-unsur Hukum Perdata
1. Adanya kaidah hukum tertulis yang terdapat dalam perundang-undangan, traktat dan yurisprudensi. 
2. Adanya kaidah hukum tidak tertulis yang timbul, tumbuh dan berkembang dalam praktik kehidupan masyarakat (kebiasaan) 
3. Mengatur hubungan hukum antara subjek hukum yang satu dengan subjek hukum lainnya.


10. Apa isi pasal 1233 KUH Perdata?

Jawaban:
Pasal 1233 Burgerlijk Wetboek (BW) hanya mengatur terkait tentang sumber perikatan, yaitu tiap-tiap perikatan lahir dari persetujuan dan undang-undang


11. Pasal 1234 KUH Perdata tentang apa?

Jawaban:
Pasal 1234 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata perjanjian menyebutkan bahwa: “Tiap-tiap perikatan adalah untuk memberikan sesuatu, untuk berbuat sesuatu, atau untuk tidak berbuat sesuatu”


12. Apakah perdata bisa menghentikan pidana?

Jawaban:
Pasal 30: “Tuntutan pidana tidak dapat dihentikan atau ditunda dengan mengingat adanya gugatan perdata, kecuali dalam hal-hal yang ditentukan dalam Undang-Undang.” Apabila didasari oleh hal tersebut, tentunya perkara pidana yang seharusnya lebih didahulukan daripada perkara perdata