Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Hidrosfer + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Hidrosfer


1. Bagaimana proses pembentukan air tanah?

Jawaban:
Air tanah terbentuk berasal dari air hujan dan air permukan , yang meresap (infiltrate) mula-mula ke zona tak jenuh (zone of aeration) dan kemudian meresap makin dalam (percolate) hingga mencapai zona jenuh air dan menjadi air tanah.


2. Mengapa siklus air menjadi tidak lancar?

Jawaban:
Penyebab terganggunya siklus air selanjutnya adalah efek rumah kaca. Efek rumah kaca menyebabkan pemanasan global yang memengaruhi siklus air. Makin besar suhu bumi, maka makin banyak penguapan yang terjadi dan mengganggu keseimbangan siklus air.


3. Apa manfaat dari data hidrologi?

Jawaban:
Data hidrologi tidak hanya diperlukan untuk perencanaan, pengembangan dan pengelolaan sumber daya air dan lingkungan, tetapi juga diperlukan untuk studi tentang proses ilmu dan teknik hidrologi.


4. Apa yang terbentuk setelah air laut menguap?

Jawaban:
Pada dasarnya evaporasi adalah proses penguapan air dari berbagai sumber air yang ada di Bumi seperti laut, sungai ataupun danau yang akan naik ke udara dalam bentuk uap air. Uap air tersebut nantinya akan mengembun dan membentuk awan yang mengandung air laut, proses ini juga disebut sebagai kondensasi


5. Dari mana asal air di daerah pegunungan?

Jawaban:
Biasanya air pegunungan berasal dari air hujan yang turun di atas gunung. Air lalu meresap ke dalam tanah. Pada akhirnya, air muncul lagi ke permukaan tanah melalui sumber air yang kerap ditemui di lereng gunung maupun jurang di sela-sela perbukitan.


6. Mengapa air di permukaan bumi bisa menguap?

Jawaban:
Sungai, danau, dan laut serta tempat lainnya yang mengandung air menguap karena adanya panas sinar matahari. Tahap ini disebut evaporasi. Transpirasi juga merupakan proses penguapan, namun penguapan yang terjadi bukan pada air yang tertampung dalam badan air.


7. Hidrosfer dibagi menjadi berapa?

Jawaban:
Ada beberapa macam permukaan air dalam hidrosfer. Permukaan air tersebut dibagi menjadi dua yakni perairan darat dan perairan laut


8. Apa yg dimaksud dengan evaporasi?

Jawaban:
Evaporasi adalah proses di mana air yang ada di laut, rawa, sungai dan lainnya menguap karena adanya pemanasan dari sinar matahari. Dalam hal ini, air diubah menjadi uap air atau gas, sehingga bisa naik ke atmosfer.


9. Apa perbedaan antara evaporasi dan transpirasi?

Jawaban:
Evapotranspirasi adalah perpaduan dua proses yakni evaporasi dan transpirasi. Evaporasi adalah proses penguapan atau hilangnya air dari tanah dan badan-badan air (abiotik), sedangkan transpirasi adalah proses keluarnya air dari tanaman (boitik) akibat proses respirasi dan fotosistesis


10. Mengapa air hujan jatuh ke bawah?

Jawaban:
Air hujan turunnya ke bawah karena gaya gravitasi Bumi. Akibat gravitasi Bumi ini uap air di udara yang mengembun dan membentuk air akan jatuh ke bumi sebagai hujan.


11. Kemana air di bumi mengalir?

Jawaban:
Air mengalir dari tempat yang tinggi, ke tempat yang lebih rendah. Dari gunung, ke sungai, hingga ke laut.


12. Bagaimana perjalanan air hujan setelah jatuh di permukaan bumi?

Jawaban:
Air hujan yang jatuh ke permukaan bumi tidak seluruhnya langsung menuju ke danau, sungai, dan lautan. Maka dari itu, air yang masuk ke dalam pori-pori tanah dan menjadi air tanah ini disebut fase infiltrasi. Kemudian setelah itu, air akan kembali ke siklus awal hidrologi yaitu evaporasi dan seterusnya.


13. Kenapa air laut tidak meresap ke dalam tanah?

Jawaban:
Batuan di bawah permukaan air (misalnya danau atau lautan) adalah tipe batuan kedap air sehingga air tidak akan bisa merembes masuk.


14. Kapan air bisa menguap?

Jawaban:
Air menguap pada suhu 20 0C dengan tekanan sekitar 2, 300 Pa atau sekitar 0,02 Atm. Yang artinya pada pada suhu biasa banyak molekul uap air, sekitar 2 % molekul uap air di udara


15. Apa rasa dari air hujan?

Jawaban:
Hanya molekul air saja yang terangkat dan berubah menjadi uap air yang naik ke atas dan membentuk awan sebelum kemudian menjadi hujan. Itulah mengapa air hujan tidak asin seperti air laut, tapi tawar


16. Uap air mengandung apa?

Jawaban:
Uap air adalah gas yang terjadi dari proses pemanasan air (H2O). menjadi Uap air terpisahnya Hidrogen (H) dan Oksigen (O) pada ikatan molekul air