Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal Materi Cuaca dan Iklim + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Cuaca dan Iklim

1. Mengapa cuaca dapat berubah ubah setiap waktu?

Jawaban:
Cuaca memiliki sifat berubah-ubah selain karena sifatnya singkat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: pemanasan global. kondisi permukaan laut. perubahan suhu dan rotasi bumi.


2. Mengapa iklim di bumi tidak sama?

Jawaban:
karena, Sumbu rotasi bumi dengan kemiringan sebesar 23,5° saat mengelilingi matahari (revolusi) menyebabkan perbedaan pancaran sinar matahari yang diterima oleh berbagai tempat di bumi. Akibatnya terjadi perbedaan lamanya siang, malam dan pergantian musim.


3. Apa penyakit akibat perubahan cuaca?

Jawaban:
Perubahan suhu udara dan curah hujan di bumi. Ini menyebabkan naiknya temperatur yang memicu munculnya penyakit seperti malaria, kolera, demam berdarah, dan pneumonia.


4. Berapa lama waktu iklim?

Jawaban:
Iklim adalah kondisi atau keadaan rata-rata cuaca pada suatu daerah yang luas. Iklim sendiri ditentukan berdasarkan perhitungan waktu yang biasanya mencapai 11 tahun hingga 30 tahun.


5. Bagaimana cara mengetahui keadaan cuaca?

Jawaban:
berikut 7 cara memprediksi cuaca dengan mudah:
1. Melihat perilaku hewan
2. Rasakan arah angin
3. Amati embun di rumput pada pagi hari
4. Hiruplah nafas yang dalam
5. Mengamati jenis awan
6. Mengamati langit merah
7. Tataplah bulan.


6. Apa ciri-ciri iklim dingin?

Jawaban:
Ciri Kawasan Beriklim Dingin
1. musim panas yang sejuk berlangsung singkat.
2. tanah selalu membeku sepanjang tahun.
3. saat musim dingin tanah tertutupi es dan salju


7. Apa saja manfaat dari cuaca cerah?

Jawaban:
Cuaca cerah bermanfaat untuk melakukan berbagai aktivitas seperti : Melakukan kegiatan olahraga di luar rumah berlari, bersepeda, dan jalan santai. Untuk menjemur pakaian agar cepat kering. mencuci kereta, mencuci mobil.


8. Apa yang menjadi ciri ciri iklim tropis?

Jawaban:
Di bawah ini adalah ciri-ciri dari iklim tropis:
1. Pergantian suhu udara cenderung normal dan tidak terlalu ekstrim.
2. Terletak di antara garis 23,5°LU dan 23,5°LS.
3. Penguapan air laut terjadi cukup tinggi karena terdapat awan di atmosfer.
4. Curah hujan relatif lebih tinggi serta lebih lama di setiap tahunnya. Hal ini ikut mempengaruhi kesuburan tanah di daerah yang beriklim tropis..
5. Curah hujannya lebih tinggi dan lebih lama dibandingkan dengan iklim lainnya yang ada di dunia.
6. Tekanan udaranya rendah dan perubahan pada tekanannya terjadi dengan lambat.
7. Di wilayah iklim tropis yang kering udaranya dapat berbalik cepat, hal ini disebabkan karena radiasi balik bumi yang berlangsung cepat juga.
8. Wilayah tropis yang basah biasanya memiliki tumbuhan hijau dan lebat di hutan.
9. Memiliki amplitudo tahunan yang kecil, yaitu sekitar 1-5 derajat celcius, kecuali pada amplitudo harian yang lebih besar.
10. Suhu udara yang dimiliki iklim tropis sangat tinggi. Saat siang hari bisa mencapai 45 derajat celcius, dan malam hari mencapai 10 derajat celcius.
11. Daerah dengan iklim tropis biasanya selalu mendapat cahaya matahari setiap tahunnya karena letaknya berada di dekat garis khatulistiwa.
12. Suhu udara cenderung tinggi yang disebabkan oleh posisi matahari yang vertikal. Biasanya suhunya berada di angka 20 sampai 30 derajat celcius, untuk beberapa tempat ada juga yang lebih dari 30 derajat celcius.
13. Jika terjadi perubahan yang signifikan pada Iklim tropis, maka iklim global pun dapat terpengaruh.


9. Berapa lama waktu pengamatan cuaca?

Jawaban:
Pengamatan cuaca dilakukan sejak H-10 menit jam pengamatan, unsur-unsur yang diamati meliputi Suhu Udara, titik embun, tekanan udara, jumlah curah hujan, keadaan cuaca, Awan, dan juga jarak pandang terjauh (Visibility). Dalam melakukan pengamatan cuaca, digunakan alat-alat meteorologi.


10. Apa itu alat pengukur cuaca?

Jawaban:
Alat ukur cuaca adalah suatu alat yang hebat yang bisa mengukur tinggi rendahnya suatu cuaca atau iklim dan mengetahui kondisi cuaca, curah hujan serta kecepatan angin untuk di suatu daerah. Alat ini sangat bermanfaat untuk menentukan cuaca di suatu wilayah yang kita huni atau tempati.


11. Apa manfaat dari iklim tropis?

Jawaban:
Keuntungan iklim tropis yang pertama dapat dirasakan di sektor lingkungan. Sadar atau tidak, wilayah yang dilalui iklim tropis mempunyai keanekaragaman hayati. Tak hanya itu, negara beriklim tropis juga memiliki Sumber Daya Alam yang wajib dilestarikan. Hampir segala jenis makhluk hidup berada di negara iklim tropis.


12. Apa nama alat pendeteksi cuaca?

Jawaban:
Weather station merupakan alat pengamat cuaca dengan instrumen dan peralatan pengukuran cuaca untuk mengamati kondisi atmosfer bumi dan memberikan informasi prakiraan cuaca suatu wilayah atau tempat sehingga dapat untuk mempelajari cuaca & iklim suatu wilayah/daerah.


13. Apa saja dampak dari iklim tropis?

Jawaban:
Iklim tropis menyebabkan curah hujan di Indonesia tinggi namun juga mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Oleh sebab itu, tanah di negara beriklim tropis termasuk tanah yang subur dan mendukung pertanian. Daerah yang dilintasi garis khatulistiwa diketahui lebih banyak memiliki keragaman hayati yang lebih banyak.


14. Berapa derajat normal cuaca?

Jawaban:
Suhu ini terbilang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan suhu biasanya, dimana BMKG menetapkan bahwa range suhu udara normal di Indonesia berkisar antara 21,3 derajat celcius hingga 29,7 derajat celcius.


15. Jelaskan unsur unsur iklim apa saja ?

Jawaban:
Iklim merupakan fenomena alam yang digerakkan oleh gabungan beberapa unsur, yaitu radiasi matahari, temperatur, kelembaban, awan, hujan, evaporasi, tekanan udara, dan angin.


16. Apa arti cuaca dingin?

Jawaban:
Cuaca dingin adalah kondisi dimana suatu daerah memiliki kelembapan udara yang cukup tinggi. Selain itu, kondisi angin juga cukup kencang disertai suhu yang rendah.


17. Apakah Indonesia sudah mengalami perubahan iklim?

Jawaban:
Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami ancaman terhadap perubahan iklim. Banjir, kekeringan panjang, tanah longsor, kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia berkaitan dengan terjadinya perubahan iklim di dunia.