Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Materi Antroposfer + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Antroposfer 

1. Apa tujuan dari migrasi?

Jawaban:
Migrasi merupakan perpindahan penduduk dari suatu tempat (negara dan sebagainya) ke tempat (negara dan sebagainya) lain dengan tujuan untuk menetap.


2. Apa dampak dari migrasi?

Jawaban:
Meskipun migrasi dapat bermanfaat bagi migran, namun hal ini tidak selalu bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. Terutama di negara-negara berkembang, migrasi dapat menyebabkan kepadatan penduduk kota, pengangguran dan ketidakseimbangan antara daerah perdesaan dan perkotaan.


3. Apa saja contoh mobilitas vertikal ke bawah?

Jawaban:
Mobilitas vertikal ke bawah terjadinya proses penurunan status atau kedudukan seseorang. - Seseorang pejabat yang melakukan tindak korupsi sehingga harus masuk tahanan. - Seorang prajurit yang harus diberhentikan karena tidak melaksanakan tugasnya.


4. Contoh Mobilitas Vertikal ke Atas (Social Climbing)?

Jawaban:
Naiknya status orang-orang dari status sosial rendah ke status sosial yang lebih tinggi. Misalnya: seorang guru yang naik jabatan menjadi kepala sekolah, seorang karyawan yang naik jabatan menjadi manajer.


5. Apa yang dimaksud dengan mobilitas penduduk horizontal?

Jawaban:
Mobilitas horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama


6. Apa saja contoh contoh mobilitas horizontal?

Jawaban:
Contoh mobilitas sosial horizontal: Adanya Guru Sekolah SMP tertentu dipindahkan menjadi guru di SMP lain. Tukang Ojek Konvensional mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi, menjadi Tukang Ojek Online. Berpindahnya seorang dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya, dengan kedudukan yang sama.


7. Apa ciri ciri utama mobilitas horizontal?

Jawaban:
Ciri utama mobilitas horizontal adalah lapisan sosial yang ditempati tidak mengalami perubahan.


8. Jelaskan apa saja yang menyebabkan kualitas penduduk menurut tingkat pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah?

Jawaban:
Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain jumlah sarana dan prasarana pendidikan yang masih sedikit, tingkat pendapatan penduduk masih rendah, dan kesadaran masyarakat untuk sekolah pun masih rendah.


9. Mengapa tingkat pendidikan menjadi salah satu faktor penentu kualitas penduduk?

Jawaban:
Karena pendidikan adalah hal yang penting untuk memajukan bangsa & negara. Semakin tinggi tingkat pendidikan penduduk, semakin baik pula kualitas penduduk tersebut. Jika kualitas penduduk baik, maka bangsa dan negara dapat maju. Pendidikan juga mempengaruhi sumber daya manusia.


10. Apa yang menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan di Indonesia?

Jawaban:
Beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat kesehatan di Indonesia : Gizi kurang atau rendah Banyaknya penyakit menular. Sarana dan pelayanan kesehatankurang memadai dan tidak merata Kekurangan air bersih.


11. Mengapa Faktor kesehatan sangat mempengaruhi kualitas penduduk?

Jawaban:
Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan utama bagi manusia. Kesehatan memengaruhi kualitas penduduk suatu negara karena kesehatan berpengaruh langsung terhadap kinerja dan produktivitas penduduk.


12. Dan faktor faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesehatan pribadi?

Jawaban:
6 Faktor Utama yang Mempengaruhi Kesehatan Tubuh
1. Udara
2. Air
3. Makanan dan Minuman
4. Keseimbangan Emosi
5. Olahraga Teratur
6. Istirahat Cukup