Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal Materi Analisis Lokasi Industri dan Pertanian + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Analisis Lokasi Industri dan Pertanian

1. Jelaskan Faktor-faktor Pengaruh Penentuan Lokasi Pertanian berdasarkan Drainase!

Jawaban:
Tanah yang memiliki drainase yang bagus adalah tanah yang memiliki kemampuan menyimpan air dengan baik. Setiap tanaman memerlukan air yang baik. Ada tanaman yang membutuhkan sedikit air dan ada tanaman yang membutuhkan banyak air.


2. Jelaskan Syarat-syarat Penentuan Lokasi Industri berdasarkan Transportasi!

Jawaban:
Sarana transportasi sangat penting untuk aliran pemasokan bahan dan distribusi barang. Sistem transportasi yang bagus akan memudahkan keluar-masuk barang sehingga tidak akan menghambat aktivitas industri, baik karena kekurangan pasokan barang atau karena arus distribusi barang tidak lancar.


3. Jelaskan Faktor-faktor Pengaruh Penentuan Lokasi Pertanian berdasarkan Kemiringan Lereng!

Jawaban:
Kemiringan lereng menentukan teknik bercocok tanam dan pengolahan lahan. Jika kemiringan lerengnya miring, maka teknik cocok tanam pada daerah tersebut adalah dengan membuat terasteras. Tujuannya adalah menjaga agar unsur hara tidak hilang.


4. Jelaskan Syarat-syarat Penentuan Lokasi Industri berdasarkan Daerah Pemasaran!

Jawaban:
Daerah pemasaran berfungsi untuk memasarkan barang kepada konsumen. Jika produk yang dihasilkan cepat rusak, maka sebaiknya ditempatkan di daerah pemasaran. Tetapi jika produk yang dihasilkan tahan lama, maka penentuan lokasi industri bisa ditentukan di mana saja. Selain faktor sifat barang, daerah pemasaran ditentukan juga berdasarkan jumlah penduduk. Suatu wilayah yang mempunyai jumlah penduduk banyak sangat baik untuk dijadikan daerah pemasaran.


5. Jelaskan Faktor-faktor Pengaruh Penentuan Lokasi Pertanian berdasarkan Jenis Tanah!

Jawaban:
Jenis tanah sangat berpengaruh terhadap lokasi pertanian karena tidak semua jenis tanah dapat diolah untuk pertanian. Selain itu, jenis tanah juga menentukan jenis tanaman yang akan dibudidayakan


6. Jelaskan Syarat-syarat Penentuan Lokasi Industri berdasarkan Harga Lahan!

Jawaban:
Harga lahan berpengaruh pada penentuan lokasi industri. Harga lahan yang murah tentu saja sangat menarik bagi pengusaha untuk dijadikan lokasi industri.


7. Jelaskan Syarat-syarat Penentuan Lokasi Industri berdasarkan Topografi!

Jawaban:
Topografi berpengaruh terhadap penentuan lokasi industri. Industri akan didirikan pada suatu tempat yang memiliki topografi yang datar. Hal ini dikarenakan biaya transportasi lebih murah jika dibandingkan dengan tempat yang memiliki topografi yang berkelok-kelok