Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Pengetahuan Dasar Geografi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Pengetahuan Dasar Geografi


1. Siapa yang pertama kali menemukan geografi?

Jawaban:
Istilah geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes (276–104 SM). Geografi menurut Eratosthenes adalah penulisan tentang bentuk muka bumi. Istilah atau kata geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang memiliki arti bumi serta graphien yang memiliki arti tulisan.


2. Apa yang membedakan ilmu geografi dengan ilmu ilmu yang lain?

Jawaban:
Jadi yang membedakan geografi dengan ilmu lainnya adalah ruang. Selain yang membedakan geografi dengan dari asfek formal nya, maksudnya segala macam kajian fenomena geosfer selalu dilihat dari sudut pandang keruangan dan kewilayahan.


3. Kapan ilmu geografi mengalami perkembangan paling pesat?

Jawaban:
Perkembangan keilmuwan geografi semakin pesat pasca terjadinya perang dunia ke-II. Yang semula dikembangkan oleh imuwan Amerika dan Inggris yang dikenal sebagai “Comparative Geography” kemudian berkembang menjadi “Global Geography” dimana objek kajiannya semakin luas yaitu meliputi seluruh dunia.


4. Siapa saja tokoh geografi modern?

Jawaban:
Beberapa tokoh Geografi Modern antara lain: Immanuel Cant, Alexander Van Humbolt, Carl Ritteer, Carles Darwin. Ciri pandangan Geografi akhir abad ke 19 adalah terhadap iklim, tumbuhan, hewan serta terhadap bentang alam.


5. Apa perbedaan studi geografi klasik dan geografi nodern?

Jawaban:
Perbedaan geografi klasik dengan geografi modern: Geografi klasik didasarkan pada penemuan (penjelajahan) wilayah dan pengenalan konsep geografi sedangkan geigrafi modern menekankan pada objek kajian dan mencari solusi terhadap permasalahan fenomena-fenomena alam.


6. Bagaimana konsep dasar geografi dalam kehidupan?

Jawaban:
Contoh konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah mengetahui jarak antar tempat dengan menggunakan konsep jarak, membandingkan karakteristik antar wilayah dengan menggunakan konsep diferensiasi area, mengetahui lokasi suatu objek wisata dengan menggunakan konsep lokasi, dan lain sebagainya.


7. Nilai nilai apa saja yang terkandung dalam ilmu geografi?

Jawaban:
1. nilai teoritik
2. nilai praktis
3. nilai edukatif
4. nilai ketuhanan


8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan letak geografis?

Jawaban:
Letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya dimuka bumi. Letak geografis biasanya di batasi dengan berbagai fitur geografi yang ada di bumi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut.


9. Berapakah letak geografis di Indonesia?

Jawaban:
Letak geografis Indonesia berada di antara Benua Asia dan Australia, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta terletak di antara dua pegunungan yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Sementara berdasarkan batas negara, posisi Indonesia berbatasan dengan berbagai negara, laut, dan samudra.


10. Jelaskan perbedaan antara lintang dan bujur.

Jawaban: 
Lintang adalah jarak utara atau selatan dari garis khatulistiwa, sedangkan bujur adalah jarak timur atau barat dari meridian utama.


11. Apa yang dimaksud dengan iklim tropis?

Jawaban: 
Iklim tropis adalah iklim yang ditandai oleh suhu yang tinggi sepanjang tahun dan curah hujan yang melimpah.


12. Bagaimana proses terbentuknya gunung berapi?

Jawaban: 
Gunung berapi terbentuk melalui proses penumpukan magma di bawah permukaan bumi yang kemudian meletus melalui kerak bumi.


13. Apa pengertian dari erosi?

Jawaban: 
Erosi adalah proses pengikisan tanah atau batuan oleh faktor seperti air, angin, atau gletser.


14. Jelaskan perbedaan antara samudra dan laut.

Jawaban: 
Samudra adalah badan air asin yang lebih besar dibandingkan laut dan biasanya terletak antara benua. Laut lebih kecil dan terletak di antara daratan.


15. Apa yang dimaksud dengan pelapukan kimia?

Jawaban: 
Pelapukan kimia adalah proses perubahan batuan atau tanah karena interaksi dengan zat kimia seperti air hujan atau asam.