Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Materi Gerak Benda + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Gerak Benda

1. Apa yang menyebabkan benda bergerak dapat berubah arah?

Jawaban: 
Benda dapat berubah arahnya ketika gaya yang diberikan lebih besar dan arahnya berlawanan dengan arah gerak benda. Contohnya ketika bola datang. Jika kaki menendang bola dengan kekuatan yang cukup, bola akan menggelinding ke arah sebaliknya.


2. Apa yang membedakan antara GLB dan GLBB?

Jawaban: 
Pada dasarnya, perbedaan antara GLB dan GLBB adalah kecepatannya. Pada GLB, kecepatan benda tetap (tidak berubah). Itu berarti percepatannya nol. Di sisi lain, kecepatan benda di GLBB selalu berubah, tapi dalam keadaan teratur sehingga timbul percepatan.


3. Apa bukti gaya dapat mengubah arah gerak benda?

Jawaban: 
Peristiwa yang membuktikan bahwa gaya dapat mengubah arah gerak benda yaitu membelokkan setang sepeda. Setang sepeda yang semula arahnya lurus kedepan jika dibelokkan maka akan berubah arahnya.


4. Apa Contoh GLBB diperlambat?

Jawaban: 
Contoh gerak lurus berubah beraturan diperlambat adalah:
1. Buah kelapa jatuh bebas dari pohonnya.
2. Kereta api yang meluncur pada rel lurus.
3. Gerak bola ke atas saat dilempar vertikal ke atas.
4. Gerak mobil pada kecepatan tetap.


5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerak lurus beraturan.

Jawaban:
Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang bergerak sepanjang lintasan lurus dengan kecepatan yang konstan. Perpindahan setiap selang waktu tertentu adalah sama besar.
 

6. Jelaskan perbedaan antara kecepatan rata-rata dan kecepatan instan.

Jawaban:
Kecepatan rata-rata adalah rata-rata kecepatan suatu benda selama selang waktu tertentu, sedangkan kecepatan instan adalah kecepatan pada suatu saat tertentu.


7. Apa yang dimaksud dengan percepatan?

Jawaban:
Percepatan adalah perubahan kecepatan suatu benda dalam satuan waktu tertentu. Perubahan bisa berupa peningkatan kecepatan atau penurunan kecepatan.


8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerak lurus berubah beraturan.

Jawaban:
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda yang bergerak sepanjang lintasan lurus dengan perubahan kecepatan yang merata. Perubahan kecepatan setiap selang waktu tertentu adalah konstan.


9. Apa bedanya gerak vertikal ke atas dan gerak vertikal ke bawah?

Jawaban:
Pada gerak vertikal ke atas, kecepatan awal benda adalah nol dan percepatan adalah nilai positif (misalnya akibat gravitasi). Pada gerak vertikal ke bawah, kecepatan awal benda adalah nol dan percepatan adalah nilai negatif (akibat gravitasi).


10.Mengapa dalam ruang hampa udara, benda jatuh bebas memiliki percepatan yang sama, regardless of their masses (tidak peduli massa benda)?

Jawaban:
Karena dalam ruang hampa udara, hambatan udara diabaikan. Akibatnya, semua benda akan jatuh dengan percepatan yang sama akibat gaya gravitasi, tidak peduli massa benda tersebut.


11. Apakah yang dimaksud dengan gerak parabola?

Jawaban:
Gerak parabola adalah gerak benda yang mengikuti lintasan parabola. Ini terjadi ketika benda dilempar dengan sudut tertentu terhadap permukaan horizontal dengan kecepatan awal.


12. Jelaskan konsep momentum dalam fisika.

Jawaban:
Momentum adalah besaran vektor yang didefinisikan sebagai hasil perkalian antara massa suatu benda dan kecepatannya. Rumusnya adalah:
Momentum=Massa×Kecepatan